Khasiat Makan Kuaci Bagi Kesehatan Tubuh

biji kuaciKuaci (biji bunga matahari)

Kuaci adalah salah satu cemilan yang sering dikonsumsi anak–anak dan orang tua. Walaupun kuaci memiliki rasa sedikit asin tetapi banyak yang suka. Mengkonsumsi kuaci butuh kesabaran karena ukurannya yang kecil–kecil dan memiliki kulit sehingga agak repot membukanya.

Kuaci berasal dari biji tanaman bunga matahari yang telah diolah sedemikian rupa.  Tanaman bunga matahari berasal dari Meksiko dan menyebar hingga ke seluruh dunia. Bunga matahari adalah salah satu jenis tanaman hias, namun saat ini selain dijadikan kuaci ternyata biji matahari juga dimanfaatkan untuk dijadikan produk kosmetik. Walaupun biji kuaci ukurannya kecil ternyata memiliki manfaat besar terutama buat kesehatan tubuh.

Loading...

Nah apa saja manfaat kuaci bagi kesehatan?

Biji kuaci mengandung vitamin E yang cukup tinggi, mengonsumsi seperempat gelas kuaci dapat membantu memenuhi 90% kebutuhan vitamin E harian kita. Vitamin E sendiri bermanfaat untuk antioksidan dan mengurangi gejala asma, menyehatkan kulit dari dalam dan menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Mengonsumsi seperempat biji kuaci setiap harinya juga membantu mencegah kita terkena penyakit jantung , sebab biji kuaci membantu tubuh menyingkirkan kolesterol jahat yang menempel pada dinding arteri.

READ:  Minuman Yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Biji kuaci mengandung magnesium yang berfungsi sebagai obat penenang sehingga orang yang mengonsumsi biji kuaci tidak stress dan merasa rileks. Selain itu magnesium juga mencegah pengeroposan tulang.

Biji kuaci mengandung selenium yang dapat mencegah kanker. Selenium berperan sebagai pengontrol terhadap kerusakan sel.

Biji bunga mahatari mengandung folat  (sintesis vitamin B) yang baik untuk seorang ibu hamil. Asam folat berperan pada pertumbuhan dan perkembangan janin ibu hamil . Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat menyebabkan resiko bayi cacat saat lahir.

Nah berbahagialah Anda penggemar biji kuaci . Ternyata biji kuaci bunga matahari memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh kita.

(Photo : handmadediario.blogspot.com)