Inilah Penyebab Ayam Jantan Berkokok Saat Pagi Hari

mengapa ayam jantan berkokokAyam jantan berkokok saat fajar

Setiap pagi kita selalu mendengar ayam jantan berkokok di atas pohon. Kita juga lebih sering mendengar kokokan ayam jantan di perkampungan dibandingkan di daerah perkotaan. Ayam jantan biasanya  berkokok di waktu yang sama setiap hari, sehingga kita dapat menjadikannya alarm alami.

Mungkin kita sering bertanya–tanya kenapa bisa ayam berkokok setiap harinya? Apa faktor yang membuatnya berkokok? Para peneliti dari Jepang mengklaim menemukan penyebab ayam berkokok saat fajar tiba.

Loading...

Melalui studi tersebut dilakukan pengamatan pada 2 kelompok ayam yang berbeda perlakuannya. Pada kelompok pertama diamati ayam jantan dengan kondisi 12 jam siang hari dan 12 jam cahaya redup. Sedangkan pada kelompok ke 2  diamati pada kondisi terkena cahaya redup secara konsisten selama 24 jam.

Dari hasil penelitian tersebut dilaporkan bahwa pada kelompok yang terkena cahaya 12 jam dan cahaya redup 12 jam berkokok sekitar 2 jam sebelum ada cahaya.  Begitu juga pada kelompok ke 2 yang diberikan pencahayaan redup selama 24 jam , mereka berkokok tepat sebelum fajar.

READ:  Mengatasi Hipotermia Pada Bayi Dengan Kantong Plastik

Para peneliti percaya bahwa perilaku mereka diatur oleh ritme sirkadian yaitu jam internal tubuh sehingga ayam jantan mengetahui secara naluri perkiraan waktu hari itu.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Current Biology.

(Photo : carigold.com)