Efek Radiasi Handphone Pada Tubuh dan Cara Menguranginya

Radiasi ponselRadiasi ponsel pada orang yang menggunakannya terlalu dekat

Handpone atau biasa disebut ponsel sudah menjadi kebutuhan primer. Mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa semua memiliki handphone.  Bahkan ada beberapa orang yang memiliki lebih dari 1 buah handphone.

Kita sudah sering kali mendengarkan istilah radiasi ponsel, namun kita  sama sekali tidak takut dan tetap menggunakan untuk berkomunikasi. Benarkah radiasi ponsel membahayakan?

Loading...

Efek Radiasi Ponsel

Dilansir dari Health Me Up (17/03), ternyata radiasi dari ponsel bisa menyebabkan 2 efek pada tubuh, yaitu:

1. Efek thermal

Efek ini berkaitan dengan panas yang dihasilkan ponsel kepada tubuh kita. Efek panas tersebut berasal dari gelombang elektromagnetik. Hal ini dapat kita rasakan ketika kita menggunakan telepon biasanya kulit akan merasakan panas.

Walaupun tingkat panas yang dihasilkan telepon genggam tidak seperti panasnya matahari tetapi tetap diwaspadai terhadap mata Anda, sebab mata tidak terbiasa dengan suhu yang panas.

2. Efek non-thermal

Hasil penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of the American Medical Association mengatakan bahwa paparan sinyal radio yang terlalu sering mengenai otak dapat menyebabkan peningkatan metabolisme  glukosa.

READ:  Asal Mula Istilah Bedah Caesar

Efek non – thermal dapat menyebabkan kanker, penyumbatan aliran darah ke otak, kelainan tidur dan efek kognitif.

Cara Mengurangi Efek Radiasi Ponsel

Sebagai kebutuhan primer, tentu tidak mudah untuk meninggalkan pemakaian handphone. Untuk itu, disarankan agar Anda sebaiknya mengurangi efek radiasi ponsel pada tubuh dan kesehatan, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Jauhkan dari tubuh

Ketika menggunakan handphone sebaiknya jangan meletakkannya terlalu dekat dengan tubuh atau kepala. Bila sedang menelepon sebaiknya gunakan alat bantu headset agar handphone tidak langsung menempel pada kulit.

2. Hindari sinyal lemah

Hindari pemakaian handphone ketika sedang mengalami sinyal lemah sebab sinyal lemah pada handphone dapat  menyebabkan radiasi frekuensi meningkat. Sebaiknya gunakan saat sinyal telah stabil.

3. Ganti tempat

Saat sedang menggunakan handphone sebaiknya Anda mengganti dan memindah-mindahkan handphone Anda misalkan dari telinga kanan ke telinga kiri. Hal ini bertujuan untuk mengurangi paparan radiasi gelombang elektromagnetik dan panas dari handphone Anda.

Selamat mencoba. Mulai saat ini mari kita belajar menggunakan handphone secara sehat.

READ:  Tips Meminimalkan Risiko Kanker Akibat Penggunaan Ponsel  

(Photo : mampirbro-ponsel.blogspot.com)