7 Tips Memilih dan Membeli Power Bank Untuk Gadget

tips memilih power bankPower bank

Smartphone atau ponsel pintar sudah semakin menjamur di era digital seperti saat ini. Pertumbuhan perangkat pintar tersebut terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Masing – masing produsen terus bersaing dalam menawarkan produknya mulai dari fitur – fitur yang lengkap, model, spesifikasi maupun dari segi harga. Semakin banyak dan lengkap fitur sebuah gadget maka semakin canggih pula alat tersebut.

Namun, makin banyak aplikasi sebuah perangkat pintar, maka makin banyak pula konsumsi baterai yang digunakan. Kelemahan gadget pada umumnya yakni terlalu boros dalam penggunaan baterai. Hal ini menjadi kendala bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi atau buat para traveler yang terus menerus berada di luar ruangan. Kita tidak selamanya terus – menerus berada dekat dengan colokan listrik dalam ruangan.

Nah, jika Anda berada di luar ruangan yang tidak memiliki arus ralistrik dan harus mengisi daya baterai gadget, apa yang harus dilakukan? Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan power bank.

Power bank adalah alat pengisi daya listrik sekaligus pengisi baterai. Alat ini portable alias bisa dibawa kemana – mana. Kapasitas penyimpanan baterai di power bank beragam. Semakin besar daya yang bisa disimpan maka semakin mahal pula harganya.

Dibutuhkan ketelitian memilih power bank untuk gadget anda. Karena jangan sampai power bank yang dibeli tidak sesuai dengan gadget yang dimiliki sehingga perangkat Anda menjadi rusak. Untuk menghindari hal tersebut, simaklah tips memilih power bank berikut ini.

Kenali gadget

Langkah pertama sebelum membeli power bank, terlebih dahulu ketahui berapa kapasitas baterai gadget Anda. Jangan sampai power bank yang dibeli tidak bisa dipakai karena daya gadget Anda lebih tinggi dari kapasitas daya power bank.

Beli sesuai kebutuhan

Setelah mengetahui pasti berapa daya baterai smartphone, belilah power bank yang sesuai dengan kebutuhan kerja. Misalnya jika gadget Anda menggunakan baterai dengan daya 1400 mAh, maka untuk bisa mengisi baterai secara penuh membutuhkan power bank dengan daya minimal 1400 mAh atau dua kali lipat yakni dengan daya minimal 2800 mAh. Jika sangat sering bepergian, Anda sebaiknya membeli power bank yang memiliki daya sangat tinggi seperti 5600 mAh yang bisa mengisi ulang sampai 4 kali.

Komponen baterai

Perhatikan kualitas sel baterai yang di tanam di power bank. Caranya cukup mudah. Anda tinggal memperhatikan merk sel baterai yang digunakan. Kenali merk dan tipe power bank yang berkualitas dengan melakukan banyak review produk atau bertanya kepada rekan yang sudah berpengalaman.

Fitur

Pastikan power bank yang Anda beli memiliki fitur safe protection agar gadget lebih awet dan aman. Fitur safe protection termasuk proteksi atas over charge, proteksi jika terjadi korslet, proteksi atas panas/temperatur, proteksi terhadap kelebihan voltage.

Aksesoris

Kelengkapan aksesoris meliputi kabel A/C, kabel konektor, lampu indikator dan kelengkapan lain yang menunjang kinerja power bank. Sebaiknya anda menggunakan kabel konektor asli bawaan dari gadget karena ada beberapa kabel konektor yang berkualitas kurang baik dan menimbulkan terjadinya arus pendek.

Harga

Ada harga ada mutu. Semakin mahal harga sebuah power bank maka semakin bagus pula kualitasnya. Apakah Anda akan membiarkan gadget Anda rusak hanya karena tergoda untuk membeli power bank dengan harga murah? Tentu saja tidak kan.

 (photo: diytrade.com)


Topik Terkait: , , , ,

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>