5 Kebiasaan Unik Orang Korea

Mie Ramen KoreaMie Ramen dari Korea

Dengan menyebarnya hallyu ke negara – negara di dunia termasuk Indonesia, membuat kita semakin mengenal sedikit demi sedikit budaya dari negeri ginseng ini.

Budaya atau kebiasaan sehari – hari orang Korea bisa dilihat secara jelas dalam drama korea. Adegan dalam drama tersebut bukan dibuat – buat namun merefleksikan kebiasaan orang korea sehari – hari.

Loading...

Apa saja kebiasaan mereka sehari – hari?

1. Makan mie dalam panci

Ramen adalah makanan yang paling terkenal dan disukai oleh semua kalangan di korea. Orang korea memilliki cara unik untuk memakan ramen.

Mereka umumnya memakan mie langsung dari panci ramen khusus yang berwarna kuning. Panci tersebut cepat membuat ramen menjadi dingin.

Ramen yang tidak dimakan langsung dari pancinya akan beda rasanya. Menyantap ramen selagi panas adalah salah satu cara menikmati ramen ala korea.

Saat menghirup kuah mie, mereka tidak segan – segan mengeluarkan bunyi “slurp”dan menghela napas setelahnya di depan orang lain. Ini dilakukan untuk menunjukkan kalau mereka sangat menikmati mie tersebut. Ramen biasanya disajikan dengan kimchi.

READ:  7 Makhluk Supernatural dalam Mitologi Korea

2. Berbicara dengan nada keras

Orang Korea terkenal dengan temperamen yang keras. Mereka tidak segan – segan meneriaki bawahannya jika mereka melakukan kesalahan. Jika mereka marah, tak jarang mereka memukul kepala orang itu dengan keras.

Hal ini lumrah di Korea karena kebiaasaan ini sering dilakukan oleh seorang ibu untuk memarahi anaknya yang nakal. Saat memanggil orang dengan kesal, mereka biasanya tidak memanggil namanya tapi meneriakkan kata “yaaa” dengan nada kencang.

3. Minum soju

Minum – minuman keras sudah menjadi tradisi di Korea. Minum – minuman beralkohol diperbolehkan bagi orang Korea yang berumur di atas 20 tahun. Minum soju biasanya dilakukan secara bersama – sama untuk memperikat persahabatan dan kekeluargaan.

4. Memakai alas kaki

Orang Korea selalu menggunakan alas kaki dimana pun dan kapan pun, bahkan dalam rumah. Memperlihatkan kaki di depan orang lain adalah tindakan kurang sopan. Itulah sebabnya hampir setiap rumah di Korea selalu menyediakan sandal rumah yang banyak untuk tamu maupun orang di rumah.

READ:  Ingin Melanjutkan Studi di Korea? 12 Hal Yang Perlu Anda Tahu!

5. Pergi ke sauna

Tempat yang paling suka dikunjungi oleh orang Korea adalah sauna. Di sauna, mereka bisa mandi, bersauna bahkan menginap di sana. Saat berada di sauna, mereka memiliki kebiasaan unik dengan meletakkan handuk di kepala dan membentuk handuk tersebut menjadi sebuah topi dengan dua gulungan di sebelah kiri dan kanan.

Selain itu, mereka memakan telur rebus untuk menambah energi baru. Uniknya saat memakan telur rebus mereka sering memecahkan telur dengan menggunakan kepala mereka.

Orang Korea biasanya ke sauna bersama dengan teman – temannya atau saudara. Saat berada di sauna orang Korea harus mengganti pakaiannya dengan pakaian sauna biasanya kaos dengan celana pendek.

(photo: klimg.com)