Manfaat Buah Paprika Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat buah paprikaBuah paprika

Bertahun-tahun sudah kita mengenal yang namanya paprika. Sayuran ini sangat banyak diincar pedagang asing sebagai rempah-rempah untuk masakan. Paprikan sangat banyak ditemui di pasar-pasar Indonesia. Kondisi iklim dan tanah membuat paprika baik untuk dibudidayakan.

Tahukah Anda bahwa sayuran paprika yang biasa dimasak di restoran-restoran ini ternyata menyimpan begitu banyak manfaat. Sangat sayang bila dilewatkan. Selain rasanya lezat, paprika juga terkenal dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

Loading...

Hanya saja, anak-anak sekarang banyak yang tidak menyukai paprika karena bentuknya yang seperti lombok (cabe). Selain cara memasaknya yang kurang inovatif, paprika  pun jarang dikonsumsi sebagai salah satu pemenuhan 4 makanan sehat.

Seperti apa nilai positif dari paprika sebagai penunjang kesehatan dan penyedia gizi, berikut manfaat paprika bagi kesehatan tubuh.

1. Faktanya, Paprika memiliki zat anti bakteri. Bukan hanya itu, buah ini juga dapat menambah tingkat sirkulasi darah, menambah produksi air liur dalam mulut, membantu penormalan tekanan darah, dan meningkatkan asam lambung.

2. Dibandingkan dengan buah tomat, kadar vitamin C dalam buah paprika jauh lebih tinggi. Sangat baik untuk kekebalan tubuh.

READ:  5 Cek Kesehatan Diri Yang Harus Dilakukan Setiap Wanita

3. Di dalam buah paprika, ada kandungan pigmen merah serta kuning. Zat carotenoid juga ada, manfaatnya tentu sangat baik bagi kesehatan.

4. Zat antioksidan dan fotokimia yang dikenal berperan dalam sistem imunitas ternyata ada juga terkandung dalam buah ini.

5. Paprika memiliki kandungan yang secara umum bisa mengobati masalah sirkulasi  darah, kelelahan dan depresi. Juga memberikan rangsangan dalam penyuplai energi secara berkala.

6. Selain vitamin C, ada juga vitamin E, vitamin K yang bagus untuk kesehatan pembuluh darah vena, serta vitamin A.

7. Mineral sangat penting untuk kesehatan, Anda bisa menemukannya dalam dalam paprika dalam hal memberihkan darah dan menjaga kesehatan jantung. Kandungan lainnya juga seperti kalium, magnesium, zat besi dan kalsium.

8. Rasa pedas dari paprika tidak hanya asal pedas saja. Justu punya manfaat sebagai anti inflamasi, antioksidan, dan mengurangi resiko kanker. Hal ini diakibatkan oleh karena kandungan zat capsaicin di dalamnya.

(photo: photomakers.org)