Tentang Anafilaksis

shock anafilaksisShock anafilaksis

Apa itu anafilaksis?

Anafilaksis adalah reaksi alergi yang ekstrim dan parah dan merupakan keadaan darurat medis.

Apa yang bisa menyebabkan anafilaksis?

Penyebab umum termasuk makanan seperti kacang tanah, kacang pohon (misalnya almond, walnut, kacang mete, dan kacang Brazil), wijen, ikan, kerang, produk susu dan telur.

Loading...

Penyebab bukan makanan termasuk sengatan tawon atau lebah, karet alam, penisilin atau obat lain atau injeksi.

Pada beberapa orang, olahraga dapat memicu reaksi yang parah – baik sendiri atau dalam kombinasi dengan faktor-faktor lain seperti makanan atau obat-obatan (misalnya aspirin).

Apa saja gejala dari reaksi alergi yang parah?

  • Generalisasi pembilasan kulit
  • Ruam (gatal-gatal) di bagian manapun dari tubuh
  • Tenggorokan dan mulut bengkak
  • Kesulitan dalam menelan atau berbicara
  • Perubahan denyut jantung
  • Asma parah
  • Sakit perut, mual dan muntah
  • Tiba-tiba merasa lemah (penurunan tekanan darah)
  • Pingsan dan tidak sadarkan diri

Mengapa anafilaksis terjadi?

Setiap reaksi alergi, termasuk bentuk paling ekstrim, shock anafilaksis, terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi tidak tepat dalam menanggapi adanya zat yang keliru dipandang sebagai ancaman.

READ:  Ayo Kenali dan Atasi Alergi Dingin pada Kulit!

Reaksi anafilaksis disebabkan oleh pelepasan zat kimia secara tiba-tiba, termasuk histamin, dari sel-sel dalam darah dan jaringan di mana mereka disimpan.

Pelepasan ini dipicu oleh reaksi antara antibodi alergi (IgE) dan substansi (alergen) yang menyebabkan reaksi anafilaksis. Mekanisme ini sangat sensitif sehingga beberapa menit alergen dapat menyebabkan reaksi.

Bahan kimia yang dilepaskan bertindak atas pembuluh darah menyebabkan pembengkakan di mulut dan bagian mana saja pada kulit. Ada penurunan tekanan darah dan pada penderita asma, efeknya terutama pada paru-paru.

Bagaimana pengobatannya?

Adrenaline auto-injector diresepkan untuk mereka yang diyakini berisiko. Adrenalin (juga dikenal sebagai epinefrin) bertindak cepat untuk menyempitkan pembuluh darah, mengendurkan otot-otot halus di paru-paru untuk meningkatkan pernapasan, merangsang detak jantung dan membantu untuk menghentikan pembengkakan di sekitar wajah dan bibir.

(photo: ehow.com)