Topik Seputar Cara Membakar Kalori

3 Cara Terbaik Membakar Kalori Selagi Tidur

membakar kalori saat tidurKalimat menurunkan berat badan saat sedang tidur mungkin terdengar seperti klaim infomercial yang meragukan.Anda mungkin lebih percaya bahwa mengubah pola makan dan berolahraga akan menurunkan berat bada Anda.

Tapi faktanya adalah tubuh Anda membakar kalori selama tidur, dan jika Anda mengambil langkah yang tepat dapat meningkatkan pembakaran kalori secara signifikan.

Dapatkah Anda meningkatkan metabolisme tidur Anda secukupnya untuk mendapatkan tubuh langsing tanpa perubahan gaya hidup lainnya? Mungkin tidak.

Tapi dengan diet sehat dan olahraga teratur, tips ini mungkin yang Anda butuhkan untuk membantu Anda memenangkan pertempuran melawan perut membuncit, dilansir dari Fitday.com.

1. Tidur Nyenyak

Kedengarannya kontra-intuitif, tetapi Anda benar-benar membakar kalori lebih banyak saat tidur daripada saat berbaring di tempat tidur dalam keadaan terjaga karena otak Anda sangat aktif selama tahap tidur REM (Rapid Eye Movement). Plus, selama tidur REM suhu internal Anda melonjak, yang berarti tubuh Anda bekerja lebih keras untuk menghasilkan panas.

Sebagai bukti, satu studi menemukan bahwa pria Brasil tiga kali lipat lebih banyak kehilangan berat badannya saat tidur delapan jam dibandingkan dengan hanya berbaring terjaga selama 8 jam.

Untuk memastikan tidur REM yang maksimal, jaga jadwal rutin sehingga tubuh Anda melepaskan kalori ketika Anda berbaring di malam hari. Matikan komputer atau televisi satu atau dua jam sebelum tidur dapat mempromosikan relaksasi, seperti halnya dengan memadamkan lampu saat Anda akan tidur.

2 . Membangun Otot Anda

Cara yang paling ampuh untuk membakar lebih banyak kalori di sekitar jam tidur adalah memompa otot Anda dengan melakukan latihan kekuatan fisik. Anda dapat menggunakan mesin berat di gym, atau berolahraga gratis dengan cara melakukan push-up, squat, manuver sepeda dan latihan gerak badan lainnya.

Meskipun mungkin memerlukan waktu untuk membangun cukup otot untuk membuat perbedaan yang signifikan dalam pembakaran kalori dalam semalam, Anda dapat meningkatkan metabolisme dari waktu ke waktu sebanyak 15 persen, menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention).

Latihan ini membantu Anda membakar lebih banyak kalori selama berolahraga, meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar banyak kalori ketika tubuh sedang beristirahat.

3. Matikan Pemanas

Beberapa ilmuwan menghubungkan pemanas rumah dengan obesitas, mengklaim tindakan sederhana mengecilkan termostat dapat menyebabkan beberapa pon mencair dengan mudah dari waktu ke waktu. Itu karena tubuh Anda harus bekerja untuk menciptakan panas ekstra dalam iklim dingin untuk mempertahankan suhu tubuh normal.

Kuncinya adalah proses yang disebut non-shivering thermogenesis, yang peneliti kaitkan dengan lemak coklat. Berbeda dengan lemak putih yang menyusun sebagian dari jaringan adiposa Anda, lemak coklat sangat aktif, membakar kalori sekaligus mengatur suhu internal Anda.

Dr. C. Ronald Kahn, seorang perofesor di Harvard Medical School telah mempelajari lemak coklat, dan mengatakan kepada The New York Times bahwa ia dapat membakar 100 sampai 200 kalori ekstra per hari dalam cuaca dingin. Efeknya paling kuat ketika Anda mengenakan pakaian yang lebih ringan.

Meskipun menggigil sepanjang malam dalam suhu beku tidak disarankan, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari efek termogenik dengan menetapkan suhu rendah atau biarkan pemanas dalam keadaan mati pada malam yang lebih nyaman.

Hindari minum minuman beralkohol sebelum tidur. Ini memperlambat tingkat metabolisme Anda.

**

Jumlah kalori yang terbakar tergantung pada tingkat kegiatan fisik dan non-fisik seseorang. Suatu kegiatan non-fisik seperti tidur masih membutuhkan tubuh untuk membakar lemak dan gula, menggunakan energi dalam prosesnya.

Berapa banyak kalori yang terbakar saat tidur tergantung pada beberapa faktor. Berat badan, usia, jenis kelamin, metabolisme dan lingkungan mempengaruhi tingkat pembakaran kalori saat tidur.

6 Cara Membakar Lemak Lebih Cepat

tips bakar lemak

Tips kebugaran berikut dapat membantu meningkatkan tubuh Anda untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Tambahkan ke dalam rutinitas sehari-hari Anda, dilansir dari health.com.

1. Naikkan dengan interval

Ketika Anda berlatih dalam interval, Anda menambahkan semburan intensitas tinggi ke latihan Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menemukan bahwa, setelah latihan interval, sejumlah lemak dibakar dalam satu jam terus menerus, bersepeda dengan kecepatan sedang meningkatkan sebesar 36%.

Semburan latihan intensitas tinggi membakar lemak lebih banyak dibanding latihan dengan kecepatan terus-menerus. Untuk mengubah tubuh Anda, Anda harus mengejutkan tubuh Anda.

2. Bagi dan taklukkan!

Siapa bilang Anda tidak punya waktu untuk latihan? Membagi latihan menjadi dua sesi selama 20 menit sepanjang hari bahkan bisa lebih efektif daripada menghabiskan satu jam di gym karena metabolisme Anda meningkat selama 1-2 jam setelah latihan.

3. Temukan kedamaian batin Anda

Stres dapat menjadi kontributor besar untuk lemak perut. Satu studi dari University of California terkait kortisol, hormon stres meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak di sekitar perut Anda, terhadap tekanan lingkungan dan emosional.

Cara terbaik untuk melawan kortisol adalah menurunkan stres dalam hidup Anda. Cari kegiatan yang Anda nikmati yang turunkan tingkat stres Anda. Beberapa kegiatan yang terbukti mengurangi stres adalah yoga, atau berjalan-jalan dengan teman baik.

4. Hentikan rutinitas monoton, Lebih sporty

Tantang tubuh Anda dengan mencoba olahraga atau kelas latihan baru. Bahkan jika Anda seorang pelari khusus, aktivitas baru pasti akan menggerakkan otot Anda dengan cara baru dan “mengejutkan” tubuh Anda untuk bekerja lebih keras.

5. Angkat berat

Sekali seminggu, berlatihlah dengan beban yang lebih berat dari biasanya. Ketika Anda mengangkat beban lebih berat, Anda menantang otot-otot Anda, dan hasilnya adalah massa otot yang ramping dan kuat. Sementara kardio dapat membakar lebih banyak kalori selama latihan, massa otot akan membakar lebih banyak kalori selama 24 jam setelah latihan.

Plus, angkat besi membakar jaringan lemak hampir secara eksklusif, sedangkan cardio membakar lemak dan beberapa otot, menurut penelitian University of Alabama. Lifting akan membantu mengurangi lemak dan membantu Anda memberikan elastisitas yang sehat pada otot.

6. Tidur

Ingat kortisol? Kurang tidur meningkatkan hormon stres. Kurang tidur juga meningkatkan kadar insulin, dan membuatnya lebih sulit untuk memproses karbohidrat sepanjang hari, menurut penelitian dari University of Chicago.

Tidur adalah waktu Anda untuk mengisi ulang baterai yang menjalankan metabolisme. Dapatkan setidaknya 6 jam pada malam hari untuk memulai pagi yang segar.

(foto: womensfitness.co.uk)

Tips dan Latihan Untuk Mengurangi Ukuran Paha dan Bokong

reverse lungeReverse lunge, salah satu latihan untuk paha dan bokong

Bokong dan paha memiliki otot yang dikenal dengan nama glutes. Jika Anda ingin mengurangi ukuran bokong dan paha, Anda perlu latihan yang berfokus pada otot ini, dengan kunci latihan yang sementara namun dapat membakar kalori yang ada di seluruh tubuh Anda.

Otot dapat membantu meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Latihan terbaik adalah latihan yang dilakukan selama tiga kali seminggu dan diulang sebanyak 12 sampai 15 kali atau 3 sampai 4 set.

1. Jogging atau Berlari.

Bisa dilakukan di atas treadmill ataupun di jogging track. Dengan berlari atau jogging berarti Anda melakukan latihan kardiovaskular yang mampu membakar lemak dibagian paha dan bokong.

Jika Anda tak suka jogging, cari alternatif latihan lain yang tetap membuat paha maupun bokong Anda bergerak. Lakukan selama 45 sampai dengan 60 menit dan 3 kali seminggu.

2. Squat.

Berdirilah tegak dan buka kaki Anda selebar dengan bahu lalu letakkan tangan di belakang kepala. Luruskan punggung lalu turunkan tubuh dengan menekuk lutut, berdiri lagi, tekuk lutut lagi. Lakukan dengan perlahan dan hitung. Ulangi hingga beberapa set.

3. Squat Jongkok.

Posisikan kaki sejajar dengan bahu tapi putar ujung jari kaki hingga 45 derajat ke samping lalu ambil posisi jongkok. Lakukan penekanan pada paha dan bokong dan melompat ke udara hingga kembali keposisi semula.

Lakukan hingga beberapa set. Ingat, jaga keseimbangan lengan ketika melakukan squat jongkok.

4. Reverse Lunges.

Ambil posisi tegak lalu berdiri dan buka kaki selebar pinggul. Mundurkan kaki kiri lalu turunkan tubuh hingga lutut menekuk dan berhenti ketika paha kanan telah sejajar atau memiliki jarak 1 inchi dengan lantai. Kembali ke posisi siap semula. Lakukan hal yang sama pada kaki kanan.

Lakukan latihan ini dengan posisi yang benar, mata menatap ke depan dan kalau perlu gunakan dumbbell atau barbel dengan berat 1 – 2 kilo untuk menambah beban lengan. Ulangi hingga beberapa set.

5. Sliding.

Ambil kain dan tempatkan pada lantai yang licin (biasanya lantai yang terbuat dari kayu atau Anda juga bisa menggunakan kayu maupun papan yang diberi roda kecil di bawahnya) lalu letakkan kaki kiri Anda di atas kain atau papan, tangan di depan dada (seperti posisi jongkok yang akan melakukan push up ).

Bawa kain maupun papan beroda ke belakang tubuh hingga Anda merasakan tekanan pada paha dan bokong. Ulangi beberapa kali dan lakukan hal yang sama pada kaki sebelah kanan.

5 Cara Menyenangkan Untuk Membakar Kalori Tubuh

hula hoop Hula hoop, salah satu cara menyenangkan mebakar kalori tubuh

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke tempat fitness tapi ingin tetap melakukan kegiatan atau aktivitas yang bisa membakar kalori dan lemak, berikut akan kami uraikan beberapa kegiatan yang bisa Anda coba.

1. Bersepatu Roda.

Pergerakan samping-ke-samping antara paha dan bokong bisa membantu Anda untuk membakar 425 kalori bila dilakukan selama 30 menit.

2. Jogging.

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ramping dan kencang, Anda bisa jogging atau berlari dengan cara mengayunkan atot kaki, pantat dan pinggul. Jika Anda melakukan hal ini selama 30 menit, berarti Anda berhasil membakar sebanyak 374 kalori. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ayunkan tangan anda dekat dengan dada, jangan membungkuk dan lari ke arah tanjakan.

3. Lompat Tali.

Dengan melakukan lompat tali selama 30 menit itu berarti Anda membakar kalori sebanyak 340 kalori! Lakukan dengan benar. Pegang ujung tali lalu rapatkan lengan dengan tubuh dan lompat tali dengan cara memutar pergelangan tangan Anda. Lakukan lompatan dengan kaki yang sedikit dibuka serta tubuh yang tegak. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan lompatan dengan pelan lalu cepat dan kembali ke pelan. Lakukan dengan dua kaki lalu kemudian satu kaki dan kemudian kembali menggunakan dua kaki.

4. Hula Hoop.

Masuk ke dalam lingkaran hula hoop lalu pegang sejajar dengan perut lalu putar pinggul Anda sampai hula hoop juga ikut terputar. Dengan melakukan hula hoop selama 30 menit berarti Anda membakar kalori sebanyak 300 kalori.

5. Menari.

Dengarkan musik kesenangan Anda lalu menarilah! Tidak ada aturan untuk menari. Bergeraklah sesuka hati Anda. Tips: Pilihlah lagu dengan irama yang cepat agar lebih bersemangat. Lagu yang saya sarankan? Just Dance – Lady Gaga.

Nah, sambil melakukan aktifitas yang menyenangkan tersebut, Anda akan mendaparkan bonus, kalori tubuh akan terbakar!

(photo: blog.gaiam.com )

Inilah 6 Bahan Makanan Yang Bisa Membantu Membakar Kalori

cabe membakar kaloriCabai, salah satu makanan yang membantu membakar kalori

Makanan memiliki efek termogenik yang bisa membantu tubuh untuk membakar kalori ketika mengunyah atau mencernanya, selain itu mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik juga mampu membuat tubuh bermetabolisme dengan baik.

Nah, berikut kami berikan beberapa jenis bahan makanan yang akan membantu membakar kalori Anda:

1. Biji- Bijian.

Tubuh akan membakar kalori sebanyak 2 kali lipat untuk mencerna atau menghancurkan makanan tersebut (misalnya, makanan yang kaya akan serat, oatmeal yang terbuat dari gandum utuh dan beras merah) dibandingkan dengan makanan olahan.

2. Daging Tanpa Lemak.

Protein memiliki efek termogenik yang tinggi. Anda akan membakar sekitar 30% kalori dari makanan ketika dicerna. Misalnya, dada ayam memilik 300 kalori, jadi Anda akan membakar 90 kalori untuk mencernanya dengan baik.

3. Produk Susu Rendah Lemak.

Produk–produk yang mengandung susu sudah pasti memiliki kandungan kalsium serta vitamin D. Ini akan membantu tubuh dalam membangun massa otot yang berguna untuk mempertahankan metabolisme tubuh yang kuat.

4. Teh Hijau.

Mengkonsumsi 4 cangkir teh hijau dalam satu hari terbukti membantu menurunkan berat badan sampai dengan 6 kilogram selama 8 minggu (dengan pola makan normal, sehat dan teratur). Menurut American Journal of Clinical Nutrition, kandungan EGCG dalam minuman teh hijau mempercepat metabolisme tubuh.

5. Lentil.

Salah satu keluarga kacang yang hampir mirip dengan kacang hijau ini selain enak dijadikan bubur dan dimasak dengan berbagai cara lainnya, ternyata kacang lentil inipun bisa menjadi salah satu makanan yang mampu memenuhi 35% kebutuhan zat besi Anda. Ketika tubuh kekurangan nutrisi, maka proses metabolisme tubuh akan menjadi lebih lambat sehingga tubuh tidak akan bekerja secara efisien untuk membakar lemak, seperti kata Tammy Lakatos Shames RD yang menulis buku The Secret to Skiny.

6. Cabai.

Kandungan capsaicin dalam cabai ternyata mampu membuat tubuh terasa panas, yang juga bisa membantu membakar kalori.

(photo: wellsphere.com)

Aktifitas Apa Saja Yang Dapat Membakar Kalori?

Lari, membakar kaloriBerlari 

1. Bersepeda Santai

Bersepeda adalah cara yang bagus untuk membangun kekuatan tubuh bagian bawah, termasuk paha belakang, paha depan dan bokong. Dan, itu juga dapat meningkatkan mood Anda.

Menurut sebuah studi tahun 2008 di British Journal of Sports Medicine, bersepeda selama 20 menit juga dapat membantu mengurangi kecemasan. Seseorang yang mengendarai sepeda selama satu jam rata-rata bisa memkar kalori sekitar 236 sampai 281 kalori.

2. Bermain Tangkap Bola

Berkegiatan di taman bersama keluarga maupun teman dengan bermain tangkap bola ternyata bisa membakar sebanyak 472 sampai 583 kalori loh!

3. Membersihkan Halaman

Ketika Anda sedang membersihkan halaman Anda pasti akan membungkuk, jongkok lalu berdiri dan itu pasti akan terjadi berulang-ulang.

Kegiatan tersebut akan membakar sebanyak 236 sampai 281 kalori perjam. Jadi, selain mendapatkan halaman yang bersih, Anda juga berolahraga disaat yang bersamaan.

4. Berkuda

Berkuda membantu mengencangkan otot bagian bawah, yaitu betis, paha dan kaki. Seseorang yang berkuda selama kurang lebih sejam akan membakar 384 sampai 457 kalori.

5. Berlari

Berlari di luar rumah merupakan cara yang baik untuk membakar kalori. Berkeliling kompleks sambil berlari akan meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan tekanan darah.

Seseorang yang berlari selama kurang lebih satu jam akan membakar sekitar 472 sampai 563 kalori.

(foto: sheknows.com)