Topik Seputar Cumi-cumi Raksasa

Wah, Cumi-cumi Raksasa Ditemukan di Samudra Pasifik

cumi raksasaCumi Raksasa

Anda pecinta cumi? Cumi-cumi, salah satu makanan laut memang nikmat rasanya, selain itu juga cumi-cumi mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Nah bagaimana rasanya jika mengkonsumsi cumi-cumi sepanjang 3 meter?

3 Orang kru film Jepang berhasil menemukan seekor cumi besar sepanjang 3 meter berenang di utara Samudra Pasifik. Mereka berhasil merekam gerak-gerik cumi raksasa tersebut. Mereka menghabiskan waktu hingga 400 jam untuk menemukan hewan laut raksasa tersebut. Pada kedalaman yang lebih dalam lagi, mereka menemukan cumi raksasa lainnya yang lebih besar lagi.  Setelah mereka menemukannya lalu perjalanannya direkam hingga sejauh 900 meter, cumi raksasa tersebut kemudian menghilang ke jurang laut.

Architeuthis atau cumi raksasa awalnya hanya sebuah mitos yang berkembang di kalangan pelaut. Namun beberapa penemuan cumi raksasa membuktikan bahwa Architeuthis ini benar adanya. Dan akhirnya, untuk pertama kalinya, cumi raksasa tertangkap melalui gambar sedang berenang di laut.

Architeuthis biasanya ditemukan di laut pada kedalaman 200 sampai 300 meter, dan dapat tumbuh dengan panjang sampai 17 meter bila diukur bersama tentakelnya. Tentakel ini berguna untuk menangkap mangsanya, dan bila sudah terjerat akan sulit bagi mangsanya untuk melepaskan diri.

(photo: AFP)