Topik Seputar Danau Singkarak

Rekomendasi Tujuan Wisata Danau di Indonesia

Bagi para pecinta alam (nature), yang mengalami kejenuhan rutinitas akut, atau yang bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, pasti tak akan melewatkan danau sebagai destinasi wisata Anda. Terbayang suasana sejuk dan menyegarkan, hamparan air yang jernih, serta pemandangan yang memesona dengan hamparan pegunungan yang hijau.

Sebenarnya ada banyak pilihan danau yang bisa jadi tujuan wisata. Namun, tentu Anda tidak ingin berakhir kecewa, lantaran Anda tidak menemukan apa yang diharapkan. Karena memang tidak dipungkiri, masih banyak  danau yang belum begitu baik pengelolaannya. Oleh karena itulah, saat ini ada tiga danau Indonesia yang sangat potensial untuk dipromosikan sebagai tujuan wisata.

Tiga danau ini telah banyak bekerja sama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam menyelenggarakan event-event nasional maupun internasional, dan selalu diadakan festifal yang mampu menyedot ribuan pengunjung.

Tiga danau yang terbaik dan direkomendasikan adalah:

1. Danau Toba, Sumatera Utara

danau toba
Danau toba (photo: tobaexplorer.wordpress.com)

Terbentuknya Danau Toba sekitar 73.000-75.000 yang lalu diakibatkan oleh letusan gunung api super yaitu Gunung Toba. Ketika letusan dahsyat ini terjadi, diperkirakan muntahan bahan vulkanik mencapai 2.800 km kubik. Peradaban dunia ikut terpengaruh karena letusan Gunung Toba, ditandai dengan perubahan cuaca bumi dan dimulainya zaman es.

Tahun berlalu, dan kini Danau Toba telah menjadi salah satu tujuan wisata alam yang paling menakjubkan di Indonesia. Danau ini kemudian diakui sebagai danau yang paling luas di Asia dan danau terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. Dengan kedalaman 450 meter membuat Danau Toba juga diakui sebagai danau terdalam di dunia.

Banyak kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke Danau Toba. Dimulai dari Parapat, fasilitas yang ditawarkan adalah bermain ski air, kano, motor boat, memancing dan berenang. Untuk Anda yang malas berbasah-basahan, tersedia fasilitas bermain golf. Jika melanjutkan perjalanan ke bukit Sungai Naborsahon, Anda dapat menikmati keindahan bunga-bungaan yang mekar sepanjang tahun seperti bougenvil, pointetties, dan honey suckle.

Pengunjung Danau Toba kebanyakan menikmati liburannya dengan berenang di air danau yang menyegarkan dan menyewa perahu layar berkeliling danau. Dengan iklim yang sejuk dan pemandangan danau yang mempesona, menjadikan Danau Toba sebagai tempat ideal untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama orang yang Anda sayangi.

2. Danau Singkarak, Sumatera Barat

Danau Singkarak
Danau Singkarak (photo: tempatwisataa.blogspot.com )

Danau Singkarak di Sumatera Barat terletak pada ketinggian 362,5 m dari permukaan laut, memiliki luas 107,8 km² dan menjadikan danau ini sebagai danau terluas ke-dua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Pesona utama yang ditawarkan Danau Singkarak adalah bentang keindahan alam, udaranya yang sejuk serta air yang jernih.

Keistimewaan lain adalah spesies ikan khas yang hanya hidup di danau ini dan disebut dengan Ikan Bilih (Mystacoleuseus Padangensis) oleh masyarakat sekitar. Ikan Bilih tidak dapat dibudidayakan dimanapun di luar habitat aslinya. Anda boleh mencoba di kolam ikan, di akuarium atau bahkan di jala terapung Danau Singkarak.

Bila Anda ingin menikmati keindahan danau dan kejernihan airnya, tersedia perahu wisata dan perahu tradisional untuk menyusuri Danau Singkarak dan ditawarkan dengan harga relatif murah.

Jika berkunjung pada waktu yang tepat, Anda dapat menyaksikan lomba perahu tradisional yang diadakan pada momen tertentu baik untuk tingkat daerah dan tingkat nasional. Even ini kemudian menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung, menikmati keindahan Danau Singkarak sambil menyaksikan lomba perahu tradisional.

3. Danau Sentani, Papua

danau sentani
Danau sentani (photo: barabine.blogspot.com )

Danau Sentani merupakan salah satu obyek wisata terbaik yang ditawarkan Kab. Jayapura. Danau Sentani adalah danau terbesar di Papua dengan luas hingga 96,3 km2. Danau ini dikelilingi oleh jajaran bukit cagar alam pegunungan Cycloops. Jika musim penghujan tiba, danau ini akan berubah menjadi sebuah waduk raksasa dan menampung lebih dari 13 aliran anak sungai. Danau Sentani memiliki fungsi vital sebagai sumber air bagi kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar danau.

Keistimewaan Danau Sentani selain memiliki keindahan alam yang luar biasa adalah, juga berfungsi sebagai habitat endemik dari beberapa biota akuatik langka dan tidak dapat ditemukan di tempat lainnya. Sekitar 100 km dari danau, Anda dapat menemukan monumen memorial perang dunia II yang bernilai sejarah yaitu kekalahan pihak Jepang atas sekutu.

Pada umumnya, rumah penduduk di sekitar danau berada di tepian pesisir dengan posisi berhadapan langsung dengan danau. Ada sekitar 20 desa di sekitar Danau Sentani, sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Masyarakat setempat sudah tidak asing lagi dengan kunjungan wisatawan, dengan sangat ramah mereka akan menyambut Anda. Untuk menelusuri danau, Anda dapat menggunakan perahu nelayan, menikmati keindahan danau dengan lanskap perbukitan dan daratan kering bagaikan sabana.

Berinteraksilah dengan penduduk desa dan kenali budaya mereka secara lebih dekat. Anda dapat berkunjung ke Desa Taturi di pesisir danau atau ke Pulau Asei yang terletak di tengah danau Sentani. Layaknya Suku Asmat, suku-suku di sini juga terkenal dalam hal ukiran tradisionalnya. Pakaian tradisionalnya agak berbeda corak dan warnanya dengan suku lain yang ada di Papua. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas masyarakat setempat yang umumnya didominasi oleh ikan air tawar dari kerambah mereka.

Nah, selamat berlibur 🙂