Topik Seputar Gemar Membaca Sejak Kecil

Manfaat Membaca Untuk Anak

manfaat membaca untuk anakSebagai orang tua, menjadi contoh dan memberikan tanggung jawab langsung pada Anda menjadi salah satu prioritas penting yang harus dilakukan.

Beberapa hal yang Anda lakukan dapat menjadi contoh baik untuk anak Anda, misalnya membaca.

Membiasakan anak membaca sejak dini dapat memberikan banyak manfaat. Anda dapat memberikan beberapa bacaan anak yang dapat dimulai dari buku dogeng atau kisah-kisah kebaikan yang saat dilakukan dapat memberikan kebahagian bagi orang lain.

Nah, berikut akan kami bagikan 5 manfaat membaca untuk anak Anda.

1. Mengembangkan Imajinasi Anak

Membaca dapat membuat anak Anda lebih imajinatif. Selain itu, membaca buku bacaan yang hanya menunjukkan gambar tanpa teks dapat melatih pola imajinasi mereka tanpa harus Anda beritahu.

Jadi, sangat penting untuk membiasakan anak Anda untuk membaca karena secara tidak langsung akan meningkatkan imajinasi dan rasa ingin tahu mereka. Sehingga pada akhirnya akan membuat anak Anda lebih kreatif karena dapat menggunakan imajinasi mereka yang nantinya akan sangat berguan untuk anak Anda saat dewasa.

2. Menambah Wawasan dan Pengetahuan Anak

Membaca buku dapat menambah wawasan dan pengetahuan mereka. Salah satu alasan mengapa penting bagi anak- anak untuk memiliki kebiasaan membaca karena buku berfungsi sebagai peti harta karun pengetahuan.

Anak- anak Anda mengetahui lebih banyak tentang dunia di sekitar mereka dan terbukti sangat informatif. Anak- anak Anda akan terima kasih untuk Anda nantinya karena membantu mereka dalam mengembangkan kebiasaan membaca sejak dini.

3. Mengisi Waktu Luang Anak

Membaca dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan mengisi waktu luang anak Anda, daripada harus mereka habiskan dengan bermain video game atau hal lainnya.

Membaca jauh lebih menyenangkan karena beberapa jenis buku memberikan gambaran ataupun cerita yang lebih menarik dibandingkan memainkan beberapa alat elektronik yang hanya akan memberikan pengaruh buruk. Anda dapat mengajak anak Anda membaca bersama sebuah buku yang menawarkan gambaran menarik.

4. Memperkaya Perbendaharaan Kata Anak

Membaca bukan hanya baik untuk pengetahuan tetapi juga secara langsung memberikan manfaat untuk anak Anda dalam berbicara, memperkaya perbendaharaan kata dan penyusunan struktur kata yang akan diucapkan. Ini akan sangat membantu anak nantinya saat mereka masuk dalam jenjang pendidikan karena secara tidak langsung struktur atau pola pembicaraan mereka sudah terlatih sejak dini.

5. Memupuk Ketertarikan pada Buku

Saat anak Anda memiliki kegemaran membaca buku, maka sepanjang hidup mereka akan tertarik dengan buku baik dalam bentuk pelajaran, novel, komik ataupun majalah. Banyak hal yang akan diketahui buah hati Anda secara tidak langsung.

**

Demikian beberapa manfaat membaca untuk anak Anda. Saat anak Anda membaca, pastikan selalu dalam pengawasan Anda karena hal ini akan membantu dalam mengontrol imajinasi dan menjelaskan imajinasi yang akan mereka ciptakan sendiri.

Anda juga dapat mulai mengoleksi buku buat anak dan membuatkan sebuah perpustakaan kecil di rumah dimana anak Anda dapat mengajak teman-temannya untuk mendengarkan dongeng dari Anda. Dengan demikian, Anda juga membantu anak dalam bersosialisasi dan mengajarkan anak untuk berbagi sejak dini.

Semoga bermanfaat.

(foto: telegraph.co.uk)

Tips agar si Kecil Gemar Membaca

gemar membaca sejak kecilMembaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Namun, sebesar apapun manfaatnya, jika tidak ada kesadaran dalam diri akan pentingnya membaca, tidak akan ada gunanya.

Membaca belum menjadi tradisi yang harus dijalani, jadi wajar saja bila orang-orang menganggap bahwa budaya membaca itu tidak penting. Maka dari itu, sebaiknya tanamkan minat membaca pada anak Anda sedini mungkin.

Anak-anak yang menikmati buku dan membaca sejak usia muda diyakini akan mampu menemukan kesuksesan karir skolastik dan masa depan yang lebih mudah.

Berikut adalah delapan ide cerdas untuk membantu Anda mendorong anak agar bisa menikmati buku dan kegiatan membaca:

1. Membacakan buku pada anak setiap hari

Anda bisa mulai membacakan buku pada anak Anda sejak bayi, pendengaran mengembangkan keakraban dengan bahasa, meningkatkan kosa kata dan memperluas pengetahuan anak Anda tentang dunia.

Luangkan waktu Anda 20 hingga 30 menit setiap hari untuk membaca dengan suara keras kepada anak Anda sebelum tidur. Hal ini selain dapat menjadi “quality time” Anda bersama anak, juga mampu merangsang imajinasi mereka saat tertidur.

Selain itu hal ini akan membangun kepercayaan diri dan keterampilan dalam berbicara dari teks dan mengolah bakat besar untuk kehidupan masa depan.

2. Mendiskusikan buku dengan anak

Sangat penting untuk mendiskusikan kembali tentang buku yang telah Anda baca atau buku yang telah dibaca anak di sekolah.

Pastikan apakah anak Anda paham akan cerita yang dibacanya dalam buku, mungkin saja anak Anda punya beberapa hal yang ingin ditanyakan pada Anda. Berdiskusi tentang buku dapat menambah wawasan anak akan hal-hal baru yang belum diketahuinya.

3. Membeli buku favorit anak

Menambah koleksi anak dengan bacaan favorit mereka menjadi salah satu cara untuk membangkitkan minat baca anak. Cari tahu buku seperti apa yang menarik perhatian anak.

Sesering mungkin ajak anak Anda mengunjungi toko buku, karena akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Buku bisa menjadi hadiah berharga bagi anak Anda.

4. Menciptakan ruang baca yang nyaman untuk anak

Berikan kesempatan pada anak Anda untuk membaca tanpa adanya gangguan televisi atau suara bising lainnya di rumah.

Sediakan ruang baca di tempat yang tenang dengan pencahayaan yang baik. Ini bisa menjadi bentuk dukungan Anda kepada anak untuk meningkatkan minat baca mereka.

5. Membeli kamus dan menggunakannya secara teratur bersama anak

Ketika anak Anda merasa bingung dan kurang paham tentang suatu hal, cobalah untuk memintanya membuka kamus dan mencari tahu sendiri. Di dalam sebuah kamus terdapat makna yang berbeda, diskusikanlah dengan anak Anda.

Ini adalah cara yang fantastis untuk meningkatkan kosa kata anak dan memberikan kepercayaan diri di masa depan.

6. Mengenalkan buku tentang berbagai topik

Cobalah untuk memperkenalkan buku dengan topik yang berbeda kepada anak. Untuk anak perempuan, buku masak bisa menjadi sangat menyenangkan, selain menambah minat membaca, keterampilan memasaknya juga dapat dikembangkan secara paralel.

Untuk anak pria, cobalah memperkenalkan buku tentang olahraga yang dapat dibaca bersama-sama. Membaca buku bisa menjadi hal favorit anak, tidak selalu harus menjadi tempat untuk melarikan diri.

7. Kunjungi perpustakaan setempat

Perpustakaan umum adalah sumber daya paling indah dan paling lengkap. Anda bisa menemukan berbagai macam buku dengan topik yang berbeda.

Daftarkan diri untuk mendapatkan kartu perpustakaan, bebaskan anak untuk meminjam buku favorit mereka dan mengembalikannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Biarkan anak Anda mencari buku dengan subjek atau pengarang favorit mereka.

Cobalah untuk mengajak anak Anda mengunjungi perpustakaan setempat satu atau dua kali seminggu.

8. Kunjungi situs web penulis favorit dan ilustrator

Saat ini dunia sudah semakin canggih. Ada banyak penulis yang memiliki situs web dengan informasi tentang buku-buku dan biografi singkat mereka.

Perkenalkan hal ini kepada anak Anda, karena bisa memperluas pengetahuan dan pengalaman mereka tentang buku digital.

(foto: sheknows.com)