Topik Seputar Karotenoid

Karotenoid Pada Buah dan Sayur Mampu Meningkatkan Optimisme

Buah dan SayurManfaat Buah dan Sayur

Semua orang tahu bahwa jika seseorang mengkonsumsi secara rutin buah-buahan dan sayur-sayuran, maka akan meningkatkan kesehatan tubuh.

Sebuah studi yang telah di lakukan oleh para Ilmuwan di Harvard School of Public Health telah menemukan alasan lain mengenai asupan gizi ini. Seseorang yang mengkonsumsi buah yang kaya antioksidan dan sayuran secara teratur memiliki optimisme tinggi tentang masa depan.

Karotenoid

Dalam sebuah penelitian, dilakukan penilaian konsentrasi darah dari sembilan jenis antioksidan.

Karotenoid adalah salah satu jenis antioksidan berwarna orange yang mampu mempengaruhi 1000 partisipan Pria dan Wanita, berusia antara 25-74 tahun. Selama penilaian, peserta menyelesaikan kuesioner mengenai sikap mereka tentang kehidupan.

Karotenoid merupakan pigmen organik yang berada dalam kloroplas, dimana kandungan ini mampu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Karotenoid dapat ditemukan pada wortel, pepaya, labu, ubi jalar, serta sayuran hijau seperti bayam.

Para ilmuwan menemukan peserta yang paling optimis memiliki 13% peningkatan konsentrasi karotenoid dalam darah, dibandingkan dengan mereka yang kurang optimis.

Korelasi mengkonsumsi buah dan sayuran

Selain itu, para ilmuwan juga menemukan bahwa partisipan yang mengkonsumsi kurang dari tiga porsi buah dan sayuran per hari bersikap kurang optimis dibandingkan mereka yang mengkonsumsi lebih dari tiga porsi buah dan sayuran.

“Individu dengan optimisme yang lebih besar cenderung memiliki konsentrasi karotenoid seperti beta-karoten yang tinggi”, kata peneliti utama studi tersebut, Julia Boehm. “Ini adalah studi pertama yang menunjukkan hubungan antara optimisme dan tingkat  konsentrasi karotenoid dalam kesehatan tubuh”, ujarnya menambahkan.

Serangkaian studi ditulis oleh Profesor Sarah Stewart-Brown di University of Warwick, menunjukkan bahwa orang yang menderita depresi, kecemasan, dan masalah mental lainnya, setelah mengkonsumsi sebagian besar buah dan sayuran, cenderung lebih puas dengan kehidupan mereka.

“Dalam setiap studi yang telah dilakukan, kita dapat melihat ada korelasi mengkonsumsi buah dan sayuran pada kesehatan, khususnya kesehatan mental seseorang”, kata Stewart-Brown.

**

Oleh karena itu, mengkonsumsi buah dan sayuran amat penting dalam tubuh. Terlebih lagi, setiap porsi tambahan buah dan sayuran mampu meningkatkan sikap optimisme dalam diri kita.

(Photo: thescienceofeating.com)