Topik Seputar Kebutuhan air setiap hari

Cara Mudah dan Sehat untuk Minum Air

minum air putihKita sering mendengar orang menasehati kita untuk minum banyak air putih setiap hari. Karena air putih disebut sebagai obat mujarab dalam kehidupan, selain itu tubuh kita juga terdiri dari 80 persen air.

Minum banyak air adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tetap sehat. Air mampu mendorong keluar racun dari tubuh, mengurangi radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan dan juga memberi Anda lebih banyak energi.

Ada banyak manfaat kesehatan dari air. Air putih dapat memberikan energi untuk tubuh sehingga Anda terhidrasi dengan baik. Selain itu,air juga mampu mengatur suhu tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah kram otot serta mengatasi masalah pencernaan.

Selain masalah pencernaan, air juga ampuh mengatasi sembelit dan mengatur gerakan usus dalam tubuh.

Air tidak hanya memberikan manfaat kesehatan, namun juga dalam hal kecantikan karena air putih sangat baik untuk kulit dan juga rambut Anda. Nah, setelah mengetahui manfaat kesehatan dari air, Anda tentunya ingin minum air sebanyak mungkin. Tapi, mungkin akan merasa sulit untuk menelan dua liter air setiap hari dengan mudah. Kebanyakan minum, cenderung akan membuat air putih menjadi membosankan, sehingga membuat Anda kesulitan untuk menelannya.

Jadi, untuk membantu Anda berikut adalah beberapa cara mudah, menarik dan sehat untuk minum air putih.

Segelas Air Putih di Pagi Hari

Segera setelah Anda bangun tidur, minumlah segelas air putih. Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan gerakan usus dan juga mengeluarkan racun dari tubuh. Anda bisa meminum jus, susu atau teh Anda setelah beberapa waktu. Minum air setelah bangun meningkatkan kemungkinan terhindar dari penyakit.

Bawa Air Kemanapun Anda Pergi

Pastikan Anda tidak akan pernah keluar rumah tanpa membawa sebotol air. Ketika Anda pergi ke luar ruangan, bawalah sebotol kecil air untuk kenyamanan Anda. Ingatlah selalu bahwa Anda harus minum air untuk kesehatan Anda. Selain menjaga Anda tetap terhidrasi, juga akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Minum Saat Berolahraga

Ketika kita berolahraga, kita cenderung melewati untuk mengkonsumsi air. Namun sebenarnya ini adalah waktu terbaik untuk minum air. Berolahraga membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat yang dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh. Jadi, selingi olahraga Anda dengan istirahat kecil dan minum sedikit air untuk mempercepat latihan Anda dan juga agar tetap terhidrasi.

Campurkan Air Putih

Jika Anda terlalu bosan minum air putih sejak pagi, Anda bisa mencampurkannya dengan beberapa bahan campuran yang lezat seperti lemon atau madu. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan asupan air dengan cara yang sehat.

Cairan lain

Air kelapa misalnya adalah salah satu minuman terbaik yang membuat Anda tetap terhidrasi dan juga menyediakan jumlah air yang diperlukan. Jika Anda bosan minum air putih, minumlah air kelapa sebagai penggantinya. Hal ini juga membantu dalam hal penurunan berat badan.

Minum Air Sebelum Makan

Jika Anda sedang melakukan diet, Anda dapat mengkonsumsi segelas air 10 atau 15 menit sebelum makan. Hal ini selain mencegah retensi air, juga membuat Anda merasa lebih kenyang. Dengan demikian, Anda akan makan lebih sedikit. Ini adalah salah satu cara sehat untuk minum air.

**

Itulah beberapa cara sehat untuk minum lebih banyak air secara teratur. Penuhi kebutuhan air putih Anda untuk hidup sehat yang akan Anda rasakan manfaatnya di kemudian hari.

(foto: feminspire.com)

Cara Mudah dan Alami Menurunkan Berat Badan

minum air untuk turunkan berat badanApakah Anda sedang mencari cara cepat dan mudah untuk menurunkan berat badan? Air dapat membantu meluruhkan berat badan dan membantu Anda terlihat lebih sehat dan lebih kurus.

Menurut Food and Nutrition Board di Institute of Medicine, wanita sehat harus menelan sekitar 11 gelas (91 oz.) air sedangkan laki-laki yang sehat sekitar 15 cangkir (125 oz.) per hari, dari semua makanan dan minuman. Asupan harian air Anda dipengaruhi oleh usia, berat badan, tingkat aktivitas, dan faktor lingkungan seperti ketinggian.

Dengan hanya minum dua cangkir air sebelum Anda sarapan, makan siang dan makan malam, Anda bisa menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Seperti dilansir dari Medical Daily, dalam studi terbaru yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, peneliti meninjau 11 studi sebelumnya untuk meneliti hubungan antara konsumsi air dan berat badan. Dari 11 studi yang dievaluasi, tiga diantaranya menunjukkan bahwa peningkatan asupan air di antara pelaku diet terkait penurunan berat badan yang lebih besar.

Brenda Davy, profesor di Virginia Tech percaya bahwa minum air sebelum makan memberikan kontribusi terhadap penurunan berat badan yang signifikan. Air dapat menekan rasa lapar dengan membuat tubuh merasa kenyang sehingga mengurangi asupan kalori individu.

Perbanyak konsumsi air dalam makanan Anda dengan mengikuti cara cepat-mudah dan efektif dalam biaya untuk menurunkan berat badan.

Minum air setiap 2 jam

Memberikan ruang untuk konsumsi air sepanjang hari akan memastikan bahwa tubuh Anda terisi dan menghilangkan kelebihan berat air. Jika Anda hanya mengkonsumsi air ketika Anda haus maka tubuh Anda akan kehabisan cairan yang diperlukan dan mempertahankan berat air.

Menurut Riverside Health System, patokan berapa banyak air yang Anda butuhkan didasarkan pada warna urin Anda. Warna urin kuning gelap merupakan indikasi yang kuat bahwa Anda perlu lebih banyak cairan dalam tubuh Anda.

Untuk sehat, urin berwarna terang, penting untuk minum segelas air ketika Anda bangun di pagi hari dan kemudian setiap dua jam. Bahkan setelah Anda buang air, minum segelas air sehingga tubuh Anda terisi kembali.

Tambahkan rasa pada air Anda

Air dikenal tak memiliki rasa dan oleh karena itu memiliki popularitas rendah dalam memuaskan selera. Namun, ada alternatif yang sehat untuk menambahkan beberapa rasa yang baik.

Wilhelm menyarankan untuk menghindari gula palsu yang populer sebagai pemanis berkalori nol. “Senyawa ini memicu bagian otak yang merespon gula sehingga kita melihat dengan jelas dalam penelitian bahwa orang yang mengkonsumsi produk ini tidak menurunkan berat badan, dan pada kenyataannya, cenderung menambah berat badan,” katanya.

Wilhelm menggunakan kekuatan elektrolit effervescent yang rasanya seperti limun raspberry. Mineral yang ditemukan dalam air berasa ini dapat membangun kepadatan tulang dan secara keseluruhan meningkatkan rasa air biasa.

“Jika seseorang mencoba untuk mengurangi asupan sodanya, air mineral yang secara alami memiliki rasa ini akan menjadi pengganti yang baik,” katanya.

Pilih es teh hijau

Teh hijau dikenal kaya akan antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan metabolisme sekaligus memenuhi asupan air Anda.

Saat Anda membuat teh, jangan menambah pemanis apapun karena dapat mengganggu kesehatan Anda secara keseluruhan dan tujuan penurunan berat badan tidak akan tercapai.

Sparkling Water

Sparkling, juga dikenal sebagai air berkarbonasi, merupakan alternatif untuk air putih bagi mereka yang ingin memuaskan hasrat soda mereka tanpa mengkonsumsi minuman berkarbonasi tinggi gula.

Jika Anda berada pada diet rendah natrium dan ingin mencoba air mineral, penting untuk memperhatikan kandungan natrium dalam minuman Anda, terutama jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan.

Minum air mineral dapat memperburuk kondisi irritable bowel syndrome (IBS) karena pelepasan CO2 yang sering dapat menyebabkan kembung dan gas. Jika Anda menderita IBS, yang terbaik adalah tetap mengkonsumsi air biasa.

Menghasilkan rasa dalam air

Tambahkan buah dan sayuran pada air Anda untuk menambahkan banyak rasa. Hal ini penting untuk membiarkan air dan buah-buahan dididihkan selama jangka waktu tertentu sebelum Anda mengkonsumsi air.

Wilhelm percaya alternatif terbaik untuk air berasa adalah irisan buah atau sayuran segar.

“Makan” air Anda

Buah-buahan yang mengandung persentase air yang tinggi harus dikonsumsi untuk meningkatkan asupan air.

Semangka terdiri dari 92 persen air dan sekitar 6 persen gula, menurut University of Kentucky College of Agriculture. Buah-buahan lain yang memiliki asupan air yang tinggi meliputi stroberi, jeruk, dan melon.

Air dalam sup

Selain mengkonsumsi buah-buahan, sup panas dan dingin dapat membantu meningkatkan konsumsi air Anda.

(foto: q8rashaqa.com)

5 Cairan Berbahaya Bila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Cairan adalah salah satu elemen yang sangat diperlukan oleh tubuh. Setiap aktifitas selalu membuat tubuh akan mengeluarkan cairan sebagai hasil pengolahan dalam tubuh. Layaknya mesin yang membutuhkan bahan bakar, tubuh pun harus tetap diisi dengan cairan-cairan yang bermanfaat sesuai dengan kebutuhan. Namun, apa jadinya bila cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh kita melebihi batas normal dari biasanya?

Berikut kami rangkumkan 5 cairan di sekitar kita yang bisa berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan.

Cairan 1 – Air Putih

minum air
(photo: infrastructurene.ws )

Mungkin ada yang bertanya mengapa jenis cairan ini yang selalu ada di sekitar kita, bisa dikategorikan sebagai salah satu cairan berbahaya. Sebenarnya air dalam kehidupan sehari-hari tidaklah berbahaya, kecuali bila dikonsumsi secara berlebihan. Para pakar kesehatan biasanya mengajurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari, ya itu memang benar. Namun kadangkala ada juga sebagian orang yang ingin cepat merasakan hasilnya. Maka ia mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya hingga perut menjadi kembung.

Air putih seperti obat juga, memiliki takaran dalam pemakaiannya. Terlalu sedikit mengakibatkan kekurangan cairan dalam tubuh, sedangkan berlebihan juga menimbulkan efek yang lain.

Salah satu efek dari kelebihan mengkonsumsi air putih adalah bertambah beratnya kerja ginjal. Setiap cairan yang masuk ke dalam tubuh akan disaring/difilter oleh ginjal. Beban ginjal akan semakin bertambah terutama pada bagian glomerulus.

Di sisi lain, ada juga yang dikenal sebagai Hiponatraemia, situasi di mana tingkat natrium (kadar garam) dalam darah menurun. Kelebihan air yang masuk ke dalam tubuh akan menambah volume darah sehingga jantung dan sistem peredaran darah menjadi bertambah bebannya.

Cairan 2 – Susu

susu
(photo: penandspoon.com)

Mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa susu bisa berbahaya. Sebenarnya susu baik untuk dikonsumsi, asalkan ada batasannya atau takarannya. Tahukah Anda, bahwa mengkonsumsi susu setiap hari atau bahkan berlebihan mengkonsumsi susu tidak sepenuhnya membantu melawan osteoporosis. Malah bisa menimbulkan efek yang lain.

Dr. Hiromi Shinya, Md dalam bukunya, The Miracle of Enzyme, mengatakan bahwa mengkonsumsi susu terlalu banyak sebenarnya bisa menyebabkan osteoporosis. Protein yang terdapat dalam susu akan menggumpal membentuk kasein dalam lambung dengan kisaran 80% sehingga sulit untuk dicerna, dan ada juga beberapa pendapat lainnya.

Banyak persepsi yang sudah terbangun bahwa kalsium dalam susu lebih mudah terserap daripada kalsium dalam makanan seperti ikan-ikan kecil dan lain-lain, akan tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar.

9 – 10 Mg adalah kadar kalsium rata-rata untuk darah manusia. Kelebihan mengkonsumsi susu, berefek pada peningkatan konsentrasi kalsium dalam darah. Mungkin menurut Anda itu wajar karena kalsium telah terserap. Tapi tahukah Anda bahwa hal itu memiliki sisi buruk. Secara otomatis, tubuh akan mengembalikan keadaan abnormal akibat kelebihan kalsium menjadi normal dengan cara membuang kalsium lewat urine. Berhubungan pulalah dengan ginjal nantinya.

Cairan 3 – Minuman Bersoda

minuman-bersoda-berbahaya-bagi-tubuh
(photo: uniqpost.com)

Minuman bersoda banyak kita temui di mana-mana sekarang ini, mulai dari supermarket hingga warung kecil juga tersedia. Rasanya pun beragam. Tak bisa dipungkiri bahwa banyak di antara kita merupakan penikmat minuman soda.

Saat berkumpul, makan, atau ada acara, minuman soda pasti selalu ada. Namun tahukah Anda bahwa berlebihan mengkonsumsi minuman soda, bisa berakibat pada: bertambahnya berat badan tak terkontrol atau yang biasa dikenal dengan nama obesitas, resiko terkena penyakit jantung 40% lebih tinggi, penyakit diabetes juga menanti di depan Anda, dan beberapa gangguan kesehatan lainnya yang meliputi gangguan orang-organ vital dalam tubuh.

Cairan 4 – Minuman Energi

minuman energi
(photo: articles.timesofindia.indiatimes.com)

Anda pernah minum minuman energi? Bagaimana rasanya? Saat manusia mencapai titik lelah, tegukan pertama dari minuman energi adalah yang paling nikmat. Pengaruh iklan memberikan stimulus ke dalam pikiran kita bahwa setelah minum minuman energi, tenaga akan pulih kembali dan menjadi lebih segar. Padahal sebenarnya tidak. Minuman energi yang telah dikonsumsi, akan memaksa jantung untuk bekerja tidak seperti biasanya.

Secara ilmiah, manfaat terapi dari minuman energi belum terbukti, sedangkan di lain sisi, kenikmatan dari minuman energi membawa bahaya besar. Mengkonsumsi minuman energi secara berlebihan memicu detak jantung dan berdebar kencang, kejang, stroke atau bahkan dapat mengakibatkan kejadian meninggal secara mendadak.

Kandungan utama yang terdapat dalam minuman energi adalah air, gula atau kafein. Kandungan lain yang kemudian ditambahkan secara bervariasi berupa taurine, ginseng, ginkobiloba, guarana, vitamin, teh hijau, zat pewarna, zat perasa dll. Di Indonesia, minuman energi merek lokal dapat kita temui dengan mudah seperti: Enerjos, Xtra Joss, Fit-Up, Hemaviton Jreng dan Kuku Bima Ener-G.

Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penyebab utama bagi kesehatan adalah kandungan kafein yang berlebihan dalam minuman energi. Belum lagi bila kafein ini dikombinasikan dengan berbagai kandungan bahan lain dalam minuman energi.

Perbandingan minuman energi dengan minuman jenis cola terdapat pada kadar kafeinnya di mana minuman energi mengandung kafein 14x lebih banyak. Ditambah lagi, efek Farmakologi dalam minuman seperti ini ada yang belum diketahui hingga saat ini.

Cairan 5 – Teh Dan Kopi

kopi dan teh
(photo: blog.fooducate.com)

Lagi-lagi minuman keseharian ini yang masuk dalam 5 cairan yang berbahaya bila dikonsumsi berlebih. Kopi, minuman yang paling erat dengan kaum adam ini ternyata juga memiliki efek negatif bila dikonsumsi secara berlebihan. Padahal kita tahu bahwa resiko kanker, diabetes, jantung, dan ancaman penyakit parkinson serta sirosis bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi kopi, tentu dengan syarat dikonsumsi sewajarnya.

Akan berbahaya bila Anda mengkonsumsinya berlebihan seperti 4 gelas per harinya. Berhati-hatilah karena stroke siap-siap muncul secara perlahan. Masih ada efek lain yang bisa ditimbulkan, yaitu insomnia, sakit kepala, cepat marah, mudah gugup, dan merasa tegang. Dan untuk kaum hawa, apalagi yang sedang hamil, denyut jantung berlebihan karena konsumsi kopi yang berlebihan bisa mengganggu janin, khususnya bagian plasenta dan sirkulasi janin.

Hampir sama dengan kopi, teh juga memiliki kandungan kafein. Apalagi pada teh hijau yang memiliki kandungan lebih tinggi. Kandungan Tanin dalam minuman ini bisa berakibat pada perubahan warna gigi terutama pada lapisan terluar gigi.

Penuhi Kebutuhan Air Tubuh Sebelum Dehidrasi

minum airPenuhi kebutuhan air tubuh 

Dari masa kecil, masa kehamilan hingga masa tua, minum air selalu ditekankan dan menjadi hal yang penting karena terkadang mereka tidak sadar dan tidak mengenali sinyal tubuh yang haus.

Terlebih lagi, Ibu hamil dan Ibu menyusui perlu minum air tambahan karena mereka mencukupi kebutuhan air untuk dua orang.

Menurut penelitian, 75 – 90 % dari populasi kita mengalami dehidrasi. Dehidrasi sebenarnya adalah nomor satu pemicu kelelahan siang hari.

Dehidrasi dapat membuat down, susah berkonsentrasi, migrain, lemas, pandangan berkunang-kunang, dan kesulitan fokus pada komputer. Pada saat Anda merasa haus, tubuh sudah mengalami sedikit dehidrasi.

Direkomendasikan untuk minum air sebanyak 8 gelas atau 2 L air setiap harinya. Seorang dosen La Trobe University di Melbourne, Australia berpendapat, bila merasa haus minumlah apa saja, tidak harus air putih.

Untuk memenuhi kebutuhan air bagi tubuh sebanyak 2- 3 L tersebut, tidak mesti dengan air putih. Bisa diperoleh dari buah-buahan, sayuran, jus, atau bahkan dari kopi dan teh.

Tubuh memerlukan air tambahan di musim panas dan musim dingin. Dalam bulan-bulan musim panas, tubuh kita akan kehilangan lebih banyak air dari keringat ekstra sedangkan di musim dingin, tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu tubuh. Jadi pastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan air tubuh, jangan sampai dehidrasi.

(foto: healthytrimcoach.com)