Topik Seputar Kejuaraan Balap Mobil

4 Kejuaraan Balap Mobil Legendaris

balapmobilBalap mobil  hadir pertama kali pada tahun 1895, dan kini menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia.

Balap mobil merupakan salah satu cabang olahraga tontonan yang paling diminati dan yang paling dikomersialisasi.

Saat ini ada banyak kejuaraan balap mobil yang bermunculan, namun tahukah kita, bahwa balap mobil juga mempunyai beberapa kejuaraan yang bersifat legendaris. Kejuaraan apa sajakah itu?

Berikut kami berbagi 4 kejuaraan balap mobil legendaris.

4. New York-Paris Race, 1908

New York-Paris Race 1908 adalah sebuah kompetisi mobil yang menempuh perjalanan dari New York ke Paris.

Balapan yang satu ini bisa dibilang sebagai balapan dengan tantangan yang cukup besar dan berat, mengingat teknologi mobil dan infrastruktur jalan pada saat itu dalam keadaan kurang baik.

Pada saat itu hanya tiga dari enam pembalap yang menyelesaikan balap. Pemenangnya adalah tim Amerika Serikat, mengendarai Thomas Flyer 1907. Jarak  perjalanannya adalah 150 mil (240 km) dari kapal Nome melintasi Selat Bering ke East Cape, Siberia.

3. Race Peking-Paris, 1907

Perlombaan balap mobil ini sangat menakjubkan, sebab perlombaan ini melintasi dua benua dengan jarak lima belas ribu kilometer.

Perlombaan ini merupakan titik balik dalam kisah balap mobil dan membuktikan kepada dunia bahwa kendaraan mobil telah siap menjadi alat transportasi baru yang bisa diandalkan.

Race Peking-Paris tahun 1907 bukan hanya sekedar sebuah perlombaan, namun sebuah petualangan mengemudi terbesar sepanjang masa.

2. Vanderbilt Cup, 1904

Vanderbilt Cup adalah peristiwa perlombaan internasional, terbuka untuk semua negara di seluruh dunia. pada tahun 1904,William Kissam Vanderbilt Jr, seorang Amerika mendirikan Piala Vanderbilt.

Piala Vanderbilt ini menjadi trofi definitif pertama dalam sejarah balap mobil Amerika. Balapan diadakan di Long Island dengan menampilkan mobil-mobil seperti Locomobile dan Lozier.

Ajang Piala Vanderbilt telah bergeser dari Long Island ke Wisconsin pada tahun 1912, Santa Monica,  kemudian San Francisco sampai 1916.

1. Gordon Bennett Races, 1900

Gordon Bennet Races adalah Seri balap internasional pertama dalam sejarah. Perlombaan balap mobil ini adalah inisiatif dari jutawan Gordon James Bennett Jr, pemilik New York Herald.

Pada tahun 1899, Gordon Bennett menawarkan trofi ke Automobile Club de France, untuk menyelenggarakan ajang balap mobil antar klub di berbagai negara Eropa. Perlombaan pertama diselenggarakan pada tahun 1900 yang diadakan dari Paris ke Lyon.

Perlombaan tersebut dimenangkan oleh Prancis Fernand Charron yang mengendarai Panhard-Levassor.