Topik Seputar Kekurangan Air dalam Tubuh

Inilah Akibatnya Jika Malas Minum Air Putih

jika tubuh kekurangan air putihMakanan dan minuman sangat penting bagi tubuh sehari – hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh juga asupan air yang sangat penting untuk tubuh.

Manusia masih bisa bertahan hidup beberapa hari jika tidak makan, tetapi hanya sedikit manusia yang dapat bertahan hidup jika tidak minum dalam sehari saja.

Air memiliki banyak fungsi di dalam tubuh seperti menjaga kesegaran tubuh, membantu sistem pencernaan agar lancar, mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui urine dan keringat, mengatur suhu tubuh dan sebagai pelarut.

Jika tubuh kekurangan air, banyak akibat yang akan ditimbulkannya, tidak saja untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan dan perawatan tubuh.

Kebutuhan air tubuh tidak hanya dapat dipenuhi dengan minum air putih saja tetapi juga dari minum teh, kopi, konsumsi semangka dan buah-buahan yang mengandung banyak air,  jus buah dan lain-lain.

Akan tetapi, tetap disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih karena lebih sehat, bebas gula dan bebas bahan kimia yang mungkin saja terkandung di minuman lainnya.

Nah, apa saja akibatnya jika tubuh kita kekurangan cairan? Mari disimak.

1. Mudah lupa dan kurang konsentrasi

Air sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan aktivitas di dalam otak. Kekurangan cairan terutama air putih dapat  menyebabkan cairan di otak menurun.

Hal ini menyebabkan asupan oksigen yang seharusnya masuk ke dalam tubuh akan berkurang dan menyebabkan sel – sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang sebagaimana mestinya.

2. Dapat menyebabkan kematian

Kekurangan air putih terutama dalam waktu yang relative sangat lama dapat menyebabkan tenggorokan kering, suhu tubuh meningkat, kepala terasa sakit dan urin berwarna pekat.

Akibatnya denyut nadi menjadi cepat dan kita akan mengalami gejala halusinasi. Akibat terburuknya yaitu dapat menyebabkan kematian.

3. Kulit menjadi kusam

Jika ingin membuat kulit menjadi cerah cukup memperbanyak minum air putih, kekurangan air putih dapat menyebabkan aliran darah kapiler di kulit tubuh tidak maksimal yang ditandai dengan gejala kulit kusam.

4. Menyebabkan batu ginjal

Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang membahayakan karena terkadang membutuhkan tindakan operasi jika ingin mengeluarkan batu ginjal.

Nah untuk mencegah batu ginjal terbentuk perbanyaklah konsumsi air putih sebab air putih membuat komponen penyebab batu ginjal akan luruh bersama dengan air seni.

5. Infeksi pada kandung kemih

Kurang cairan terutama air di dalam tubuh dapat menyebabkan bakteri sulit untuk dikeluarkan di dalam tubuh.

Salah satu gejala infeksi pada kandung kemih yaitu terasa nyeri saat buang air kecil. Nyeri  di atas tulang kemaluan, dan kadang – kadang muncul darah di air seni.

**

Nah, berbahaya bukan efek samping yang ditimbulkan jika tubuh kekurangan air putih? Karena itu, jangan lupa untuk selalu memenuhi asupan air yang dibutuhkan tubuh. Air putih sebaiknya diminum 1,5 – 2 liter setiap harinya.

Meskipun kebutuhan air tubuh dapat dipenuhi bukan hanya dari air putih, tetapi disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi minuman yang manis karena justru dapat membuat tubuh cepat kekurangan air.

Selamat minum air putih dan dapatkan manfaat kesehatannya.

(Foto : www.ceritamu.com)