Topik Seputar Kepulauan Seribu

Eksotisnya Wisata Laut Pulau Pramuka

dermaga pulau pramukaDermaga pulau pramuka

Pulau pramuka adalah nama dari sebuah pulau yang berada di tengah-tengah Kepulauan Seribu.  Pulau ini telah menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan. Pulau Pramuka ini hanya seluas 9 Ha dan dihuni oleh sekitar 1000 orang saja. Namun walaupun termasuk pulau kecil ternyata memiliki fasilitas yang lengkap seperti sekolah dari SD, SMP dan SMA. Selain itu juga tersedia fasilitas rumah sakit dan kantor kelurahan.

Untuk sampai ke pulau ini Anda dapat melalui Pelabuhan Muara Angke menggunakan kapal penumpang yang hanya berangkat pada pukul 7 pagi dan pukul 1 siang. Anda membutuhkan waktu tempuh antara 2,5 sampai 3 jam tergantung kondisi ombak laut saat itu.

Yang menarik dari pulau ini adalah kondisi pulau dan laut yang masih terjaga kelestariannya, dengan air laut bening kehijaun sehingga memanjakan mata untuk memandang sekeliling pulau ini.

Apa yang bisa dinikmati di Pulau Pramuka?

Air laut yang jernih adalah tempat andalan bagi pecinta snorkeling, laut Pulau Pramuka masih memiliki ekosistem bawah laut yang masih lestari.

Menikmati nuansa memancing di pulau bersih dan jernih juga mengasikkan. Anda dapat memancing di dermaga Pulau Pramuka. Bila Anda ingin menikmati sensasi memancing di tengah laut dapat menyewa sebuah kapal memancing dengan biaya Rp. 450 ribu per sekali jalan.

Melihat keunikan Penyu sisik

Penyu adalah salah satu jenis hewan yang langka termasuk jenis penyu sisik. Pulau Pramuka terkenal dengan penangkaran penyu sisiknya, para pengunjung juga dapat menyentuh bayi–bayi penyu sisik di sini.

Penginapan Pulau Pramuka

Berkunjung ke Pulau Pramuka tidak cukup hanya sehari, melainkan butuh beberapa hari agar benar–benar puas menikmati pulau ini. Anda dapat menyewa penginapan dengan tarif antara Rp. 300 – 500 ribu per malam. Atau bila tidak dapat kamar di penginapan, Anda juga dapat menyewa rumah–rumah tempat tinggal warga.

(Photo : sukajalan.net)