Topik Seputar Manfaat Berlari

Ini Alasan Mengapa Berlari Penting Untuk Dilakukan

Ini Alasan Mengapa Berlari Penting Untuk DilakukanTERUSKAN.COM – Ketika Anda merasa segalanya terasa melelahkan, stres serta depresi menghadang, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan berlari.

Bukan berlari dari kenyataan, namun dengan melakukan kegiatan berlari secara rutin, ini dapat menjadi sumber yang sempurna untuk menghilangkan stres.

Berlari merupakan kegiatan sederhana yang dapat Anda lakukan setiap saat, sayangnya terkadang orang merasa terlalu sibuk hingga berlari pun enggan untuk dilakukan. Padahal kegiatan ini dapat memberikan Anda begitu banyak manfaat yang berdampak positif pada kesehatan tubuh Anda.

Berlari dapat memberi Anda kesempatan untuk menghirup udara segar di pagi hari, membantu Anda membersihkan pikiran yang terasa kacau, serta menjadikan Anda merasa jauh lebih baik.

Di samping itu, berlari dapat melepaskan endorfin dalam tubuh Anda yang kemudian membuat Anda merasa bahagia. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berlari:

Melepaskan endorfin 

Seperti yang telah disebutkan di atas, berlari mampu merangsang pelepasan endorfin dalam tubuh, yang tidak hanya dapat mengurangi perasaan cemas, serta membuat Anda merasa lebih baik, namun juga akan membantu memperlambat proses penuaan.

Inilah salah satu penyebab mengapa kebanyakan pelari terlihat lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

Memperbaiki suasana hati

Berlari dapat membantu Anda mengurangi kecemasan, stres, serta gejala depresi. Kegiatan ini juga tentunya dapat meningkatkan kualitas tidur Anda yang biasanya terganggu akibat stres.

Berlari secara teratur akan menurunkan kadar stres dalam tubuh Anda dan memperbaiki suasana hati Anda sehingga memberikan rasa kontrol yang lebih besar atas kehidupan Anda.

Menjadikan pikiran lebih damai

Karena sebagian besar orang menjalani keseharian yang sangat sibuk, maka itu membuat Anda memiliki terlalu sedikit waktu untuk berpikir.

Anda bisa mencoba untuk memulai melakukan aktivitas berlari seorang diri untuk berpikir tentang hal-hal penting dan memecahkan beberapa masalah yang sulit. Setelah berlari, Anda akan mendapati bahwa berbagai ide-ide kreatif muncul di kepala Anda.

Membantu meningkatkan kekuatan

Berlari juga dapat memberi Anda waktu untuk meningkatkan kekuatan fisik dan mental Anda. Kekuatan mental yang semakin meningkat akan memudahkan Anda untuk menghilangkan stres.

Ada banyak cara untuk merangkul diri sendiri, dan berlari menjadi salah satu solusi terbaik yang dapat Anda lakukan.

Meningkatkan kesehatan

Tidak hanya kekuatan fisik, berlari juga dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Hal ini mampu membantu mengurangi risiko kanker, diabetes, obesitas serta penyakit Alzheimer.

Di samping itu, berlari juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi depresi.

Membangun rasa percaya diri

Berlari tidak hanya dapat mengurangi stres, tetapi juga membantu untuk membangun rasa percaya diri Anda.

Orang yang percaya diri cenderung memiliki tingkat stres yang rendah, karena mereka memahami bahwa semua masalah bisa diselesaikan dengan cepat dan bahwa tidak ada masalah yang layak membuatnya depresi.

Jadi, berlarilah secara rutin, agar Anda dapat memiliki percaya diri yang tinggi, dan merasa lebih baik tentang diri Anda serta hidup bebas stres.

Meditasi terbaik bagi tubuh

Berlari adalah meditasi yang besar untuk pikiran dan tubuh Anda. Tidak ada hal yang bisa membawa lebih banyak bantuan dan ketenangan selain berlari. Jika Anda merasa stres, pergilah keluar dan berlari.

(photo: http://cdn2.amerikanki.com)

5 Kesalahan dalam Olahraga Lari yang Harus Dihindari

Sudah menjadi hal yang diketahui banyak orang jika olahraga lari sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung kita. Dengan berlari jantung akan terpacu sehingga dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan kita.

Namun patut diketahui bahwa olahraga lari rentan terhadap cedera. Oleh sebab itu, setiap pelari berharap untuk menghindari cedera akibat beberapa salah langkah.

Kesalahan dalam Olahraga Lari

Ingin tahu beberapa kesalahan yang harus anda hindari saat melakukan olahraga lari? Berikut ini kami sajikan hal tersebut dikutip dari livestrong.com:

Menambah Jarak Terlalu Cepat

Menambah jarak berlari terlalu cepat merupakan salah satu penyebab terbesar dari cedera, para ahli mengatakan,”aturan umum adalah untuk meningkatkan jarak tempuh Anda dengan tidak lebih dari 10 persen setiap minggu,” kata Chris Mosier, pelatih di Empire Triathlon Klub di New York. Hal ini memungkinkan pelari untuk perlahan-lahan dan terus membangun kemampuan mereka dari waktu ke waktu.

Jamie Glick, direktur Terapi Fisik Glick dan pelari maraton, menambahkan, “tidak mengikuti aturan ini akan menempatkan Anda pada risiko 10 persen lebih tinggi untuk mengalami cedera.”

Tidak Melakukan Pemanasan Dengan Pergerakan Dinamis

“Pemanasan yang tepat sangat penting untuk tetap bebas cedera,” kata Mosier. Sebelum Anda berjalan, lakukan gerakan-gerakan pemanasan dinamis, peregangan tidak statis.

“Gerakan pemanasan dinamis dapat mencakup depan dan samping paru-paru, lutut tinggi dan tendangan pantat sambil berlari di tempat,” katanya. “Jika Anda tidak punya waktu untuk pemanasan sebelum Anda berlari, perlakukan 1 mil pertama Anda sebagai pemanasan untuk memungkinkan tubuh Anda untuk mengurangi beban latihan Anda.”

Mengenakan Sepatu yang Tidak Sesuai

“Berjalan dengan sepatu yang salah dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak perlu atau bahkan cedera,” kata Jamie Walker, CEO dan salah seorang pendiri SweatGuru. Walker mengatakan bahwa sepatu lari memiliki umur paling banyak antara 300 – 400 mil.

“Jika Anda mulai merasakan perbedaan dalam tapak Anda, ini menunjukkan saat yang tepat untuk mengganti sepatu,” katanya, menambahkan bahwa jika Anda membeli untuk pertama kalinya, pastikan untuk mendapatkan sepatu yang benar dan cocok.

“Cobalah sebelum Anda membelinya dan coba lakukan lari-lari kecil dengan sepatu tersebut lalu bandingkan dengan sepatu lainnya.“

Pola Makan yang Tidak Tepat

“Makan dengan pola diet seimbang akan membantu memastikan Anda dapat memenuhi tujuan berlari dan meraih kebugaran Anda,” kata Lora Mays, seorang, pelatih lari bersertifikat Road Runner Club of America.

Ahli gizi olahraga dan penulis Fitzgerald menambahkan: “Dan jangan menunggu lama untuk makan sesudahnya, Selama 45 menit pertama sampai satu jam setelah berjalan berat, otot-otot dalam keadaan biokimia yang unik yang memungkinkan untuk penyerapan nutrisi lebih efisien secara lebih cepat pula.”

Juga ingat untuk tetap terhidrasi. “Jika Anda akan keluar untuk lari jarak jauh, pertimbangkan untuk membawa botol tangan atau hidrasi pack,” kata SweatGuru Walker.

Tubuh Bagian Atas Terlalu Tegang

“Ketegangan di bahu dan tubuh bagian atas Anda akan membuang energi tubuh dan memperlambat pelari,” kata Mosier  dari Empire Triathlon Club. Dengan begitu, maka seorang pelari harus mencoba rileks dan bersantai. “Jatuhkan bahu dan siku dan jaga agar tetap ditekuk pada 90 derajat.”

Ketika Anda berjalan, kadang-kadang lakukan checklist mental tubuh bagian atas, katanya. Pastikan rahang, bahu dan lengan yang santai, periksa lekukan siku Anda dan cara Anda mengayunkan lengan Anda.

***

Itulah beberapa kesalahan dalam olahraga lari yang harus anda hindari. Jaga selalu kesehatan anda dengan berolahraga.

(foto: physio2fit.net)

Berlari, Olahraga Sehat dengan Segudang Manfaat

manfaat berlariBerlari bukan hanya merupakan sebuah kebutuhan, namun terkadang juga bisa menjadi pilihan gaya hidup yang sehat. Berlari merupakan latihan sederhana yang memiliki manfaat luar biasa.

Ketika Anda berlari, Anda menggunakan setiap bagian tubuh Anda untuk bergerak aktif. Itu sebabnya, banyak manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dengan berlari. Anda juga tentunya dapat menghabiskan kalori dan membakar banyak lemak dalam tubuh.

Salah satu manfaat kesehatan dari berlari yaitu mampu menyingkirkan stres. Ketika Anda berlari, paru-paru Anda dipaksa untuk menghirup udara dalam-dalam. Pernapasan tersebut sangat membantu untuk meredakan stres dan depresi.

Selain itu, ada banyak manfaat kesehatan yang berfokus pada otot kaki. Berlari akan mengaktifkan dan mengencangkan seluruh otot dalam tubuh Anda.

Berlari sangat efektif untuk Anda lakukan setiap hari, tentu karena hal ini dapat Anda lakukan tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Anda tidak perlu menjadi anggota sebuah gym untuk berlari dan menjaga tubuh agar tetap fit. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah jalan di atas tanah kosong yang dapat Anda gunakan untuk berlari.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari berlari:

Membantu menurunkan berat badan

Berlari adalah salah satu cara tercepat untuk membakar kalori. Jadi jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, Anda harus berlari secara teratur. Hal ini juga dapat mempercepat tingkat metabolisme tubuh Anda.

Menyehatkan jantung

Berlari merupakan suatu aktivitas yang baik bagi jantung Anda. Ketika Anda berlari, sirkulasi darah Anda mendapatkan dorongan energi. Hal ini membantu untuk mencegah penyakit koroner.

Sehat untuk tulang

Telah terbukti bahwa berlari dapat membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang kaki Anda. Selain itu juga mampu memperkuat tulang dan membuat tubuh Anda menjadi lebih fleksibel.

Meningkatkan imunitas

Ini merupakan suatu fakta yang telah terbukti secara ilmiah, bahwa dengan berlari secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Sehingga mengurangi kemungkinan tubuh terserang penyakit umum seperti alergi, batuk dan pilek.

Mengkoordinasi tubuh bagian atas

Koordinasi tangan dan mata sangat penting bagi tubuh. Dan jika Anda rutin berlari, koordinasi tubuh Anda akan meningkat secara alami.

Meningkatkan energi

Kadang-kadang, lesu merupakan musuh terburuk bagi energi Anda. Jika Anda ingin terus merasa energik dan bersemangat, Anda mungkin harus mencoba untuk berlari.

Mengelola stres

Salah satu manfaat lain dari berlari yaitu dapat menekan stres. Ketika Anda berlari, Anda secara otomatis akan bernapas dalam-dalam, dan hal inilah yang membantu untuk mengurangi tingkat stres Anda.

Kecepatan fungsi otak

Berlari pada dasarnya baik untuk sirkulasi darah Anda. Sebagai hasil dari aktivitas ini, sel-sel otak Anda mendapatkan lebih banyak darah beroksigen. Ini akan membantu Anda berpikir lebih cepat.

Melatih pencernaan

Berlari dapat membuat Anda mencerna makanan dengan sangat mudah. Hal ini juga meningkatkan tingkat metabolisme tubuh Anda. Berlari secara teratur akan membantu Anda menghindari masalah pencernaan kronis.

Mengurangi risiko diabetes

Diabetes pada dasarnya adalah gangguan akibat gaya hidup. Meskipun Anda mungkin cenderung beresiko diabetes akibat genetik, kemungkinan untuk menderita diabetes akan lebih tinggi jika Anda memiliki gaya hidup tidak sehat. Berlari mampu memotong risiko diabetes tipe 2 hingga setengahnya.

Baik untuk sendi Anda

Ketika Anda berlari secara teratur, ligamen dan tendon akan menjadi lebih kuat. Hal ini tentunya dapat menurunkan risiko cedera seperti pergelangan kaki terkilir.

Memperlambat penuaan

Berlari akan membuat Anda berkeringat dan ketika Anda berkeringat, semua racun dari tubuh Anda keluar dari pori-pori kulit. Ini akan membantu Anda terlihat lebih muda dan memiliki kulit yang sempurna.

Mengurangi tingkat kolesterol

Kolesterol mengacu pada lemak yang terakumulasi dalam arteri Anda. Berlari dapat membantu membakar lemak tersebut dan dengan demikian melindungi Anda dari penyakit jantung.

**

Itulah beberapa manfaat luar biasa yang ditawarkan ketika Anda melakukan aktivitas berlari secara rutin. Tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Anda hanya perlu untuk berlari mengelilingi taman rumah atau kompleks tempat tinggal Anda. Dengan begitu, Anda akan memiliki hidup yang lebih sehat.

Selamat berlari.

(foto: womenshealthmag.com)