Topik Seputar Manfaat Resveratrol

Apa itu Resveratrol?

suplemen resveratrolSuplemen resveratrol

Resveratrol adalah senyawa kimia alami yang ditemukan dalam buah anggur, red wine, dan makanan lainnya. Sebagai suplemen, resveratrol telah dipromosikan sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi – termasuk penuaan.

Baca terus artikel berikut untuk tahu manfaat dan efek sampingnya dalam bentuk suplemen, dilansir dari webMD.

Manfaat Resveratrol

Para peneliti telah lama percaya bahwa zat dalam red wine mungkin memiliki manfaat kesehatan. Minum red wine dikaitkan dengan rendahnya resiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Dimulai dari tahun 1990-an, para ahli mulai fokus pada resveratrol, senyawa antioksidan dalam red wine.

Sejak itu, beberapa studi hewan dan laboratorium telah menunjukkan bahwa resveratrol memiliki efek antivirus, anti-inflamasi, dan antikanker yang menjanjikan.

Namun, suplemen resveratrol belum diteliti dengan baik pada orang. Kami tidak benar-benar tahu apa manfaat dan resiko yang mungkin dimiliki. Kami juga tidak tahu apakah resveratrol lebih penting daripada beberapa bahan alami lainnya dalam wine.

Meskipun demikian, resveratrol telah menjadi suplemen yang populer. Orang-orang menggunakannya untuk berbagai kondisi yang berbeda.

Beberapa mengambil suplemen resveratrol untuk mencegah atau mengobati penyakit serius, seperti kanker atau penyakit jantung. Lainnya berharap bahwa ia akan memperlambat proses penuaan. Untuk saat ini, penggunaan ini tidak didukung oleh bukti.

Dosis Resveratrol

Resveratrol adalah pengobatan yang belum terbukti dan tidak ada dosis standar. Beberapa perkiraan dosis berasal dari studi penelitian pendahuluan. Tanyakan kepada dokter untuk meminta nasehat.

Sumber Alami Resveratrol

Resveratrol terbentuk secara alami dalam red wine, kulit anggur merah, jus anggur, kacang, mulberry, dan beberapa ramuan Cina.

Beberapa orang bertanya-tanya apakah mereka harus minum red wine karena kemungkinan manfaat kesehatan dari resveratrol. Namun, sebagian besar ahli dan organisasi seperti American Heart Association masih menyarankan hanya satu minuman beralkohol per hari untuk wanita dan dua untuk pria. Konsumsi alkohol yang berlebihan memiliki resiko kesehatan yang serius.

Efek Samping Resveratrol

Meskipun bukti terbatas, suplemen resveratrol tampaknya cukup aman pada orang. Mereka bisa menyebabkan reaksi pada mereka yang alergi terhadap buah anggur atau wine.

Resiko Resveratrol

Orang yang memiliki kondisi kesehatan seperti gangguan perdarahan tidak harus mengambil resveratrol tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Wanita yang memiliki kondisi sensitif hormon – seperti endometriosis atau kanker payudara, indung telur, atau rahim – harus meminta nasehat medis sebelum menggunakan suplemen resveratrol.

Interaksi Resveratrol

Jika Anda mengambil obat-obatan atau suplemen lain secara teratur, bicarakan dengan dokter sebelum mulai menggunakan suplemen resveratrol.

Mereka bisa berinteraksi dengan obat-obatan seperti pengencer darah, obat tekanan darah, pengobatan kanker, antidepresan MAOI, obat antivirus dan antijamur, obat penghilang rasa sakit NSAID, dan suplemen seperti St John Wort, bawang putih, dan ginkgo.

Mengingat kurangnya bukti tentang keamanannya, suplemen resveratrol tidak dianjurkan untuk anak-anak atau wanita yang sedang hamil atau menyusui.

(foto: articles.latimes.com)