Topik Seputar Manfaat Tanaman Terong

8 Manfaat Dan Kandungan Nutrisi Terung

manfaat terung

TERUSKAN.COM – Terung adalah salah satu sayuran yang tentunya tidak asing lagi di telinga. Sayuran berwarna ungu ini memang kerap dijadikan bahan makanan bagi masyarakat Indonesia karena rasanya yang lezat saat sudah diolah.

Terung adalah tanaman asli Srilanka yang tumbuh subur di negara Indonesia. Terung yang memiliki nama ilmiah Solanum melongena, telah dibuktikan melalui sejumlah penelitian sangat baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

Meskipun bagi sebagian wanita, tanaman ini kerap dihindari untuk dikonsumsi lantaran mampu memicu keputihan. Benarkah demikian? Faktanya, keputihan itu disebabkan oleh mikroorganisme sehingga kecil kemungkinannya disebabkan karena mengonsumsi terung.

Terung kaya akan zat besi, mineral serta kalsium yang dapat memasok nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan, terung kerap kali diolah menjadi makanan yang sangat lezat di sejumlah restoran ternama dengan bumbu masakan yang mampu menggoyang lidah.

Manfaat dan Kandungan Nutrisi Terung

Nah, bagi anda yang ingin tahu apa sih manfaat mengonsumsi terung,  anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini :

1. Terung diakui mengandung nutrisi tertentu seperti kandungan phyto penting yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan mampu menutrisi otak anda. Jika anda ingin mendapatkan nutrisi yang lebih optimal maka sebaiknya jangan membuang kulit terung karena di sanalah banyak nutrisi tersedia.

2. Jika anda memiliki masalah pencernaan, maka terung adalah sayuran yang tepat yang bisa anda konsumsi. Terung adalah solusi tepat karena kaya akan serat yang mampu melindungi saluran pencernaan. Bahkan berdasarkan penelitian dengan mengkonsumsi terung secara rutin mampu mencegah anda mengalami kanker usus besar.

3. Terung mengandung kalori yang rendah sehingga tidak mengandung lemak yang memicu bahaya kesehatan. Selain itu, kadar serat yang tinggi yang terkandung di dalamnya mampu membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

4. Selama bertahun-tahun sayuran terung kerap digunakan untuk mengatasi dan menyembuhkan diabetes. Hal ini lantaran serat yang terkandung di dalamnya serta karbohidrat larut rendah yang membuat terung menjadi salah satu sayuran yang wajib dikonsumsi bagi penderita diabetes.

5. Terung juga memiliki kandungan yang mempunyai peranan dalam merawat jantung. Sebuah studi menunjukkan bahwa terung mampu membantu menurunkan kolesterol. Akan tetapi tentunya anda harus mengolah terung dengan tepat untuk bisa mendapatkan manfaat yang optimal.

Hindarilah menggoreng terung karena malah akan membuat banyak lemak masuk ke dalam tubuh anda. Ada baiknya panggang terung pada 400 derajat.

6.Terung juga mampu mencegah pembekuan darah. Kandungan vitamin K serta bioflavanoid yang ada di dalamnya mampu memperkuat kapiler dalam tubuh.

7. Tingginya kandungan bioflavanoid di dalam terung mampu membantu menjaga kesehatan jantung anda. terung juga dipercaya mampu mengontrol tekanan darah tinggi serta meredakan stress.

8. Kandungan selanjutnya yang terkandung dalam terung yang baik untuk tubuh adalah fitonutrien. Kandungan tersebut mampu menjaga membrane sel sehingga anda akan terhindar dari kerusakan pada saat pesan ditransfer di otak. Hal inilah yang akan membantu memori anda terjaga fungsinya dengan baik.

**

Nah itulah beberapa manfaat yang dihasilkan dengan mengonsumsi terung. Jadi mulai sekarang sepertinya tidak ada salahnya untuk menambahkan terung sebagai salah satu hidangan favorit keluarga.

Mengapa Terong Baik bagi Kesehatan Anda?

manfaat terongApakah terong termasuk dalam menu favorit Anda? Masih rancu apakah ia tergolong buah ataukah sayur?

Bagi Anda yang sudah familiar dengan makanan yang satu ini, mungkin biasa memakannya bersama menu lalapan.

Namun bagi Anda yang tidak menyukainya, ada baiknya Anda menyimak artikel berikut sebagaimana dari Livestrong.com, yang mengungkapkan alasan mengapa terong baik bagi Anda.

Beragam manfaat kesehatan

Terong merupakan sayuran sehat yang serasi dengan hidangan seperti tumis dan lasagna. Selain menjadi tambahan lezat untuk jenis makanan apapun, terong menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Memasukkan terong sebagai bagian dari pola makan sehat dapat memerangi obesitas, beberapa kanker dan diabetes tertentu.

Mengurangi resiko kegemukan

Obesitas merupakan masalah kesehatan serius yang secara signifikan meningkatkan risiko demensia dan penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi sayuran segar seperti terong dapat membantu menjauhkan obesitas, demikian laporan Northwestern University K. Dia.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam edisi bulan Oktober 2004 dari “International Journal of Obesity,” Ditemukan bahwa mereka yang makan sayuran secara teratur memiliki risiko obesitas 24 persen lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang jarang makan sayur.

Kandungan antioksidan

Antioksidan adalah senyawa unik yang ditemukan dalam makanan nabati seperti terong. Tugas mereka dalam tubuh adalah untuk melindungi sel-sel Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan yang ditimbulkan radikal bebas dapat memulai proses yang mengarah kepada kanker. Terong mengandung antioksidan yang dikenal sebagai nasunin.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Agustus 2000 “Toxicology,”  Yasuko Noda dari University of California, Berkeley, menemukan bahwa nasunin merupakan  antioksidan yang  kuat melindungi sel-sel otak dari kerusakan radikal bebas dalam tabung reaksi. Amatlah bermanfaat untuk memakan terong dengan kulitnya, karena di sanalah nasunin berada.

Kandungan vitamin dan mineral

Terong mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting. Terong kaya akan jejak mineral mangan, enzim yang meningkatkan tiamin dan asam folat vitamin B, demikian USDA NutrientDatabase mengungkapkan. Karena kulit terong mengandung banyak vitamin dan mineral, pemasakan yang sadar kesehatan mesti membiarkan kulitnya saat mempersiapkan terong.

Manfaat bagi kesehatan jantung

Terong kaya dalam serat makanan yang sehat bagi jantung. Secangkir porsi tunggal terong mengandung 3 gram serat, demikian laporan USDA. Diet sehat yang memasukkan makanan kaya serat seperti terong mengurangi kolesterol dan resiko penyakit jantung, demikian American Heart Association menyatakan. Untuk menjaga terong menjadi pilihan sehat bagi jantung, gunakan jumlah yang terbatas dari minyak dan garam saat memasaknya.

***

Demikian alasan mengapa terong baik bagi kesehatan. Bagaimana Anda biasa memasaknya? Untuk inspirasi bagi yang lain, silahkan Anda bagikan di kolom komentar ya 🙂

(foto: Esteban Cavrico – Flickr.com)

Manfaat Mengkonsumsi Terong Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat terong

Sayuran berwarna ungu dan hijau ini merupakan salah satu sayuran paling sehat yang harus Anda masukkan dalam daftar diet. Meskipun terong mungkin tidak terlihat selezat sayuran yang lain, namun terong bukan hanya mengandung banyak mineral dan nutrisi, tapi juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Intiplah beberapa manfaat terong bagi kesehatan berikut ini:

Mengandung Banyak Serat

Serat merupakan komponen penting dalam makanan yang membantu meningkatkan metabolisme dan memperlancar buang air besar. Terong mengandung paling tidak 2 gram serat, jadi sangat baik untuk dicampurkan ke dalam menu masakan Anda setiap hari.

Melembabkan Kulit

Apakah Anda tahu bahwa beberapa elemen yang terkandung dalam terong dapat memperbaiki kulit? Terong membantu Anda menjaga kelembaban kulit dari dalam.

Jadi, jika Anda memiliki masalah kulit kering, mengkonsumsi terong adalah salah satu solusi terbaik yang dapat Anda lakukan karena sangat bermanfaat untuk kulit.

Meningkatkan Metabolisme

Terong adalah satu dari banyak makanan sehat yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Serat dalam terong sangat baik bagi pencernaan tubuh.

Selain itu terong juga mampu meningkatkan metabolisme menjadi lebih baik sehingga akan lebih banyak kalori yang dibakar dalam proses ini. Jika Anda memiliki timbunan lemak berlebih, konsumsilah terong sesering mungkin.

Memerangi Sel Kanker

Terong mengandung nasunin di dalamnya, suatu antioksidan pengikat radikal bebas yang dapat melindungi membran sel dari kerusakan. Nasunin ini sangat baik untuk memerangi sel-sel kanker dalam tubuh manusia.

Jika Anda memasukkan terong ke dalam menu sehari-hari maka tubuh Anda akan lebih kebal terhadap ancaman kanker. Terong sangat baik untuk melawan kanker usus besar.

Makanan Untuk Otak

Fitonutrien yang ditemukan dalam terong ternyata sangat bermanfaat bagi otak. Nutrisi nabati ini berfungsi melindungi membran sel dari segala bentuk kerusakan.

Terong sangat menguntungkan bagi otak karena mampu memberikan perlindungan dari radikal bebas. Buatlah otak Anda menjadi lebih aktif dengan mengkonsumsi terong.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ekstrak terong dapat mengurangi kolesterol yang terdapat dalam tubuh Anda. Menyebabkan dinding pembuluh darah yang tegang akan menjadi lebih lentur, sehingga mengakibatkan aliran darah yang lebih baik.

Faktor inilah yang membuat terong menjadi salah satu makanan paling sehat bagi jantung Anda.

Mencegah Diabetes

Serat tinggi dan kandungan karbohidrat rendah menjadikan terong sebagai makanan yang sangat baik untuk semua penderita diabetes.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa jika Anda mengkonsumsi terong secara teratur maka akan ada pengurangan kemungkinan timbulnya kadar gula darah tinggi dalam tubuh Anda.

**

Demikianlah manfaat terong untuk kesehatan tubuh.  Setiap orang pasti mendambakan tubuh yang sehat dan prima karena kesehatan adalah harta yang paling mahal. Maka dari itu jagalah kesehatan Anda dengan mengkonsumsi terong dan sayur-sayuran lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Sayangi dan rawatlah kesehatan Anda, kalau bukan Anda yang merawat, siapa lagi?

(foto: plantnames.unimelb.edu.au)