Topik Seputar Model Sanggul Pengantin

Beragam Pilihan Gaya Rambut Untuk Pernikahan

TERUSKAN.COM – Pernikahan merupakan kesempatan berharga dimana setiap calon pengantin ingin memperlihatkan tampilan terbaiknya di depan seluruh undangan. Apalagi mengingat bahwa setiap hal yang Anda kenakan dari ujung rambut hingga kaki, akan menjadi bahan perhatian seluruh orang.

Dalam hal ini, salah satu cara terbaik untuk mencapai efek sempurna dalam resepsi pernikahan Anda adalah untuk memilih gaya rambut pernikahan yang unik dan menarik, sehingga setiap orang akan memberi pandangan terkesima pada Anda.

Berikut adalah beberapa gaya rambut untuk pernikahan, yang akan membuat Anda terlihat spektakuler di hari istimewa Anda:

Gaya Rambut Chignon

Gaya Rambut Chignon

Ini adalah salah satu gaya rambut pernikahan yang paling populer, terkesan chic, berkelas, dan daya tarik feminin-nya jelas terlihat. Gaya rambut ini dibuat dengan menjepit rambut di dekat tengkuk, bentuknya sendiri dapat berupa simpul, sanggul, atau hanya dibuat berliku-liku.

Gaya rambut Chignon ini pasti akan membuat pengantin wanita terlihat cantik dan juga dapat menampilkan aura lembut pada wajah. Ada begitu banyak daya tarik yang bisa ditampilkan dengan gaya rambut ini, jadi tidak mengherankan bila gelombang popularitasnya terus naik dan berkembang.

Gaya Rambut Sanggul

Gaya Rambut Sanggul

Banyak orang yang menganggap bahwa gaya rambut sanggul merupakan gaya yang membosankan. Pada kenyataannya, sanggul memang menjadi gaya rambut yang banyak dipilih orang saat menghadiri pernikahan.

Beruntung, saat ini telah ada begitu banyak variasi sanggul yang dapat menjadi pilihan, di samping itu sanggul juga akan membuat wajah Anda menjadi poin penting karena tidak tertutupi oleh satu helaipun rambut.

Salah satu jenis sanggul yang dapat Anda buat adalah dengan memisahkan rambut menjadi beberapa bagian, dan masing-masing dililitkan satu sama lain kemudian disematkan dengan cermat di kepala.

Sanggul memang sederhana, namun tidak akan menghilangkan tampilan elegan Anda,  garis rahang Anda juga akan terlihat lebih tajam. Sebuah sanggul akan memberikan aura keanggunan bagi pengantin wanita.

Gaya Rambut Ikal Bergelombang

Gaya Rambut Ikal Bergelombang

Jika mengikat rambut bukan gaya yang Anda sukai, maka Anda bisa membiarkan rambut Anda terurai. Anda dapat mencoba gaya rambut ikal bergelombang.

Gaya seperti ini akan menambahkan kesan eksotis pada keseluruhan tampilan Anda, dan sangat cocok apabila Anda mengadakan pesta pernikahan di pantai.

Gaya Rambut Kepang Modern

Gaya Rambut Kepang Modern

Sekarang ini banyak dari gaya rambut pernikahan yang menggabungkan anyaman dan kepang untuk memberikan kesan glamor serta elegan bagi para pengantin.

Anda dapat meminta penata rambut Anda untuk membuat gaya rambut kepang dengan memberi sedikit variasi trendi agar rambut Anda terlihat lebih modern dan menarik.

Gaya Rambut Berhias Bunga

Gaya Rambut Berhias Bunga

Bunga dapat menjadi sesuatu yang spesial untuk dijadikan tatanan rambut Anda di hari pernikahan. Anda dapat memilih gaya rambut Chignon atau sanggul, dengan memberikan sedikit hiasan bunga di atasnya. Bunga akan menambahkan lebih banyak keanggunan dan membuat gaya Anda tampak lebih innocent dan suci.

Pada kenyataannya, jika Anda adalah tipe orang yang tidak menyukai hal-hal rewel dan rumit, gaya rambut berhias bunga ini dapat menjadi pilihan terbaik.

Anda hanya perlu memetik setangkai bunga dan kemudian menyelipkannya ke dalam rambut Anda untuk mendapatkan kesegaran dan keharuman alami di hari istimewa Anda. Karena sebagian besar perempuan biasanya memakai gaun dalam nuansa yang berwarna putih atau krem, maka sebaiknya Anda memilih bunga dengan rona yang sama.

Apabila Anda menjadikan bunga sebagai hiasan pada rambut tetapi tidak ingin terlalu rumit, Anda selalu dapat memilih untuk mengenakan aksesori floral yang aman seperti ikat kepala atau bando dengan bunga di setiap sisinya.

Gaya Rambut Pengantin Berhias Bunga

**

Perlu Anda ingat bahwa gaya rambut adalah salah satu bagian yang terpenting bagi setiap calon pengantian. Gaya rambut dapat memberi pengaruh yang besar, sehingga Anda harus berhati-hati saat memilih jenis gaya rambut yang Anda inginkan.

Selain itu, gaya rambut pernikahan Anda tidak harus berbenturan dengan pakaian yang Anda kenakan, namun harus disesuaikan dengan riasan wajah Anda.

Happy wedding!

Mencontek Gaya Sanggul Modern Pengantin Barat

Tidak semua sanggul pengantin harus terlalu berkesan formal dan berat, beberapa orang malah ingin menikmati hari bersejarah mereka dengan tatanan rambut dan sanggul yang bisa membuat mereka nyaman dalam menikmati hari pernikahannya. Sekarang sudah mulai surut musimnya menggunakan konde sanggul palsu yang berkesan kaku dan lebih memilih sanggul yang dibuat dengan memaksimalkan penggunaan rambut asli saja.

Berikut beberapa sanggul modern yang bisa dicontek untuk hari istimewa Anda menjadi pengantin.

1. Curly Updo

sanggul curly updo

Model sanggul ini sepertinya terkesan bukan sepenuhnya sanggul, dengan tetap menonjolkan keindahan rambut ikal keriting Anda, tatanan ini sangat bergaya victoria kuno nan elegan. Cukup dengan mengikat ekor kuda rambut keriting atau ikal Anda, gulung dan hias dengan asesoris rambut, dan bagian yang masih tergerai cukup beri volume dengan curling iron  agar berkesan glamor. Semprotkan sedikit hairspray agar tatanannya tidak berubah dan beri hiasan mahkota sederhana di atasnya, sanggul model ini akan memberi kesan santai namun elegan pada pengantin.

2. Updo Klasik

Model sanggul updo klasikGaya Yunani nan klasik ini sangat cocok dengan gaun pengantin Anda yang kembang dan anggun. Gaya dan model tatanan sanggul ini memberi kesan vintage meskipun Anda tidak memiliki rambut panjang dan tebal, namun gaya sanggul pengantin seperti ini sangat cocok bagiAnda dengan rambut bobcut. Anda tetap akan terlihat wow di depan para tamu undangan, cukup ditambah detail bandana lilit atau aksesoris lainnya yang akan membuat Anda tampil lebih chic.

3. Model Sanggul Pramugari

Model Sanggul Pramugari

Model sanggul pengantin jenis ini memang terdengat terlalu sederhana, namun jika Anda bisa menambahkan detail yang tepat seperti asesoris rambut dan cepolan rambut yang rapi maka kesan elegan dan mewah akan terpancar dari model cepol pramugari ini. Anda bisa juga memainkan detail kepang jalin sebelum mencepol rambut, seperti pada gambar. Cukup menambahkan bandana, jepit bunga atau asesoris yang lebih bling-bling, maka sanggul pengantin Anda tetap menjadi nomor satu.

4. Kombinasi sanggul dan Half Hair Do

Kombinasi sanggul dan Half Hair DoBagi Anda yang ingin menampilkan rambut panjang asli Anda nan indah, Anda bisa saja mengkombinasikan sasakan rambut dan cepol mini di atas setengah rambut Anda yang tergerai, yang dibuat ekor kuda, tergerai menyamping di satu sisi bahu Anda. Kesan pengantin nan elegan tetap menyertai Anda dengan model sanggul seperti ini.

5. Model sanggul French Twist

Model sanggul French Twist

Adalah pilihan rata-rata para pengantin di Eropa terutama Perancis karena menonjolkan kesan glamor dan elegan. Cukup dengan menyasak sedikit rambut bagian atas dan sisa rambut cukup dipuntir atau ditwist  agar terlihat rapi dan menggulung menyerupai sanggul. Model ini sangat classy dan tidak jarang selebriti Hollywood pun sering memilih model sanggul pengantin seperti ini.

6. Ala wanita tempo dulu

Model sanggul Ala wanita tempo dulu

Model sanggul ini sebenarnya cukup sederhana, dengan membuat cepol sederhana di belakang kepala, namun lebih detail di bagian depan, poni yangmenyamping di buat bergelombang manis dan memberi kesan romantis.

Cara Menyanggul Rambut Pengantin Dengan Gaya Messy Braid Updo

Jika Anda menginginkan penampilan yang simple, chic dan tetap cantik di hari pernikahan, Anda dapat mencoba gaya rambut ini.

Gaya rambut messy braid updo memang bukan gaya rambut yang tertata rapi. Tapi bila Anda merupakan calon pengantin yang ingin tampil beda dan merasa tidak cocok dengan gaya sanggul klasik, gaya rambut ini layak dicoba. Membuat Anda terlihat sedikit berantakan tetapi sangat seksi. Model ini cocok untuk calon pengantin yang memiliki rambut panjang sebahu, karena rambut akan dikepang dan dijalin di atas tengkuk.

Gaya rambut sanggul messy raid updo
Gaya rambut sanggul messy braid updo (photo: glambistro.com)

Ini dia cara menyanggul rambut pengantin dengan gaya messy braid updo.

1. Pastikan rambut Anda dalam keadaan kering. Tambahkan tekstur ke rambut Anda dengan menggunakan mousse atau gel semprot. Ini akan memberikan volume pada rambut Anda, terlebih jika rambut Anda termasuk jenis rambut yang tipis dan halus. Anda juga boleh menggunakan curling iron untuk menambahkan sedikit gelombang pada rambut.

2. Buatlah kepang kecil. Ambil sebagian rambut di depan salah satu telinga, mulailah mengepang dan berhenti ketika panjang kepang sekitar 2/3 dari panjang rambut Anda. Ikat dengan karet. Lakukan juga pada sisi telinga lainnya.

3. Untuk rambut yang tersisa di tengkuk, bagi menjadi dua bagian. Mulai mengepang salah satu bagian rambut dan berhenti ketika panjang kepang mencapai 2/3 panjang rambut. Jangan lupa untuk mengepang satu bagian sebelahnya.

4. Tarik perlahan kepang Anda belakang, semprotkan sedikit hair spray untuk merapikan rambut yang keluar dari jalinan/kepang. Kepang sebelah kiri dijepit di atas tengkuk menggunakan jepit rambut, rapikan. Lakukan hal yang sama dengan kepang sebelah kanan. Sekarang dua kepang belakang Anda sudah terjalin dan menyatu di atas tengkuk.

5. Untuk kepang samping telinga. Tarik ke belakang dan silangkan ke sisi lain kepala. Rapikan dengan jepit rambut. Lakukan hal yang sama untuk kepang samping telinga lainnya. Satukan tepat di atas kepang belakang yang sudah Anda tata sebelumnya.

6. Semprotkan hairspray untuk merapikan rambut dan tarik lembut beberapa helai rambut untuk memberikan nuansa seksi kusut.

Nah, bagaimana? Mudah kan? Anda dapat berkreasi dengan kepang yang lebih besar atau lebih kecil atau bahkan lebih banyak. Kami rangkumkan gambar gaya sanggul messy braid updo dari berbagai sumber, semoga menginspirasi. Selamat mencoba.

sanggul messy updo

sanggul messy braid updo

sanggul 2013 messy braid updo

Cara Menyanggul Rambut Pengantin Dengan Gaya Sanggul Rendah

Gaya sanggul simple dan klasikModel sanggul simple dan klasik

Memilih gaya rambut yang sempurna merupakan salah satu bagian penting dari perencanaan pernikahan. Tujuannya, tentu saja adalah tampil cantik dan elegan di hari pernikahan. Sanggul rendah adalah salah satu model sanggul klasik yang sesuai dengan setiap pengantin dengan media rambut panjang. Anda pun dapat melakukannya sendiri, menyanggul rambut dengan gaya rambut sanggul pengantin rendah dan merasa seperti seorang putri. Nah bagaimana caranya?

Kami berbagi cara menyanggul rambut dengan gaya sanggul rendah, yang dikutip dari ehow.com. Simak yuk.

1. Oleskan sedikit styling cream pada rambut basah Anda kemudian detangle dengan sisir bergigi lebar. Sisir rambut ke arah belakang hingga halus dan siap untuk dibentuk.

2. Ikat rambut Anda dengan model ekor kuda rendah kemudian amankan dengan karet gelang. Pastikan sisi kiri kanan dan depan benar-benar mulus, tidak ada rambut yang terurai.

3. Pisahkan kurang lebih 2 inci dari rambut ekor kuda, kemudian tahan di tangan Anda. Lilitkan rambut yang telah dipisah ke sekitar kuncir dan pegang ujungnya.

4. Ujung lilitan rambut kemudian dijepit dengan jepitan rambut agar tidak terurai kembali. Sebaiknya gunakan jepit rambut yang berbaur dengan warna rambut.

5. Ulangi kembali langkah 3 dan 4 dengan memisahkan lagi 2 inci dari rambut. Lakukan hingga Anda selesai dengan kuncir ekor kuda secara keseluruhan.

6. Perkuat dengan jepit rambut agar seluruh gulungan tidak terurai dan tetap rapi. Semprotkan hair spray ke sanggul yang sudah jadi.

7. Sebagai aksesoris pemanis, Anda dapat menggunakan bunga hidup seperti anggrek atau melati. Atau dapat juga menggunakan permata dan aksesoris lainnya. Gunakan penjepit agar aksesoris tidak jatuh.

Nah, sekarang sanggul Anda sudah selesai, dan Anda siap tampil cantik di hari pernikahan.

Inspirasi Gaya Rambut Model Sanggul Untuk Pengantin

Gaya rambut memiliki peranan penting di hari pernikahan, sama pentingnya dengan makeup ataupun gaun pengantin Anda. Beberapa calon pengantin modern memutuskan untuk mengenakan gaya rambut berbeda di hari pernikahan mereka.

Entah pendek atau dibiarkan panjang terurai karena gaya rambut sanggul dianggap sudah ketinggalan jaman dan hanya cocok digunakan dengan busana pengantin adat saja.

Padahal jika dicermati, gaya rambut sanggul juga cocok digunakan dengan gaun pengantin modern. Tinggal menyesuaikan dengan bentuk wajah saja dan kemudian hiasi dengan bunga, jepit rambut ataupun permata.

Kami rangkumkan dari berbagai sumber gaya rambut model sanggul untuk pengantin, silahkan memilih referensi untuk hari pernikahan Anda. Enjoy 🙂

Sanggul Pengantin Sanggul Untuk Pengantin (foto: geomaza.com)

gaya sanggul pernikahan(foto: sleekhairstyles.com)

gaya sanggul klasik (foto: yourbridalstop.com)

Gaya rambut pengantin(foto: cdn.stylisheve.com)

sanggul modern 2012(foto: youthgossip.com)

wedding hair styles 2012(foto: howtohairstyles.info)

wedding hair styles(foto: howtohairstyles.info)

Wedding-Hairstyles-2013(foto: exploringhairstyles.com)

Sanggun simple pengantin(foto: weddingelation.com)