Rubrik Desain


Mendekorasi Ruangan Sesuai Hobi Para Remaja

TERUSKAN.COM – Ruangan yang nyaman adalah idaman setiap orang, begitu juga untuk para remaja. Karakter setiap remaja berbeda dengan demikian untuk mendekorasi ruangan bisa sesuai hobi yang dimilikinya. Percaya tidak percaya ruangan sesuai hobi ini akan membuat remaja betah di kamarnya, nuansa yang menjadi hobinya akan lebih kenyamanan bagi remaja itu.

Jadi untuk anda para orangtua yang bingung bagaimana mendekorasi kamar anak-anak, yuk simak tips mendekorasi ruangan sesuai hobi anak remaja. Berikut informasinya, simak ya.

Mendekorasi Ruangan Sesuai Hobi Para Remaja

Tema Ruangan Penyuka Seni Tari

Seni tari merupakan bagian dari keindahan hasil karya manusia yang tak pernah ada batasnya. Seni tari diidentikan dengan gerak tubuh yang gemulai. Anda dapat membuat ruangan dengan tema seni tari jika anak remaja anda menyukai tari.

Menghiasi dinding -dinding ruangan dengan lukisan atau gambar seniman balet berkelas dengan warna lembut yang cantik, biasanya ruang ini dapat menginspirasikan jiwa penari sejati. Atau jika anak remaja anda memang seorang penari, letakkan fotonya dengan pose yang menawan.

Tema Ruangan Scientist

Tema ruangan ini mungkin jarang ditemui, apalagi si remaja bukan tipikal seorang genius, yang tidak bisa lepas dari buku-buku tebalnya. Lalu bagaimanakah cara mendekorasi ruangan dengan tema scientis?

Manfaatkan buku-buku kesayangan si genius untuk ditata dalam rak yang unik. Hal ini akan menambahkan dan memberikan semangat belajar. Selain buku-buku, si genius mungkin juga suka meneliti yang berbau sains. Untuk itu meletakkan alat peraga untai DNA, model molekul, dan peralatan laboratorium juga bisa.

Tokoh yang terkenal akan kepandaiannya adalah Albet Einstein, tempellah karikatur agar terkesan lebih kental nuansa scientistnya. Jangan lupa taruh papan tulis, meja belajar dan komputer merupakan alat yang selalu ada bagi si scientist dalam mengekspresikan kegemarannya.

Tema Ruangan Penyuka Artistik

Remaja penyuka artistik ini erat hubungannya dengan sebuah kanvas lukis, media lukis dapat diletakkan dalam ruangan kamar. Bukan hanya itu meja tulis, tempat tidur dan lemari juga dapat dibuat artistik, caranya mencorat-coret meja tulis, tempat tidur, dan lemari sesuai dengan keinginannya.

Anda harus melibatkan anak remaja anda dalam menata ruangannya, agar seni artistiknya berjalan. Untuk tembok bisa saja dibuat artistik, namun di bagian satu sisi saja. Sisanya anda bisa memberikan sentuhan warna dasar tembok kamar dengan warna cerah agar terlihat bersih.

Tema Ruangan Rockstar (Si Musisi)

Tema ruangan ini lebih banyak ke laki-laki, musik Indonesia sangatlah beragam. Mulai dari jenisnya, penyanyinya, dan lain-lain sehingga menumbuhkan musik rock. Musik ini memang tergolong musik yang keras, agak mirip dengan metal. Namun, peminatnya sangat banyak. Mungkinkah salah satunya dari remaja anda?

Jika iya, coba lihat di kamar remaja anda. Seberapa banyak poster yang tertempel, sudah banyakkah? Pernahkah anda marah, karena poster-poster itu? Wah, anda harus meredakan rasa marah anda kepada remaja kesayangan anda. Karena tema ruangan rockstar atau musisi dapat memberikan manfaat yang baik bagi mood remaja anda.

Mulailah berpikir untuk mendekorasi ruangan atau kamarnya, hiasan poster yang tak jelas mulailah dibuka dan dipasang kembali sehingga terlihat lebih rapi serta sedap dipandang. Di pintu kamar tempelkan piringan CD, bisa divariasikan. Sementara itu kaset dan CD tentang musik dapat juga ditata rapi dalam rak yang sederhana namun bermakna bagi anak remaja anda.


4 Tips Memilih Gorden Yang Baik Di Dalam Rumah

TERUSKAN.COM – Seberapa pentingkah gorden untuk anda sekeluarga? Gorden bukan saja sebagai pelindung rumah, tetapi juga bisa mencirikan interior rumah. Jangan lupakan hiasan sederhana ini di rumah, jika anda ingin tamu yang datang terkesan dan tak jenuh saat berkunjung. Hiasan rumah yang indah akan membuat penghuninya nyaman dan tamu yang datang juga betah berlama-lama tinggal.

Salah satu pendukung ketika menentukan nuansa nyaman di dalam rumah adalah gorden. Salah sedikit dalam memilih gorden maka rumah anda akan kurang sedap dipandang baik dari segi warna, motif, dan bahan gorden yang mempengaruhinya.

Memilih gorden sama dengan memilih baju yang cocok dan ini bukan perkara yang mudah. Ketelitian memilih gorden dapat berefek baik dan buruk bagi suasana rumah. Ada banyak pilihan gorden yang dapat anda pakai namun, harus disesuaikan dengan beberapa hal. Jika anda masih bingung, anda hanya perlu simak tips memilih gorden yang diulas berikut ini.

4 Tips Memilih Gorden Yang Baik Di Dalam Rumah

Membeli Gorden di Toko

Tempat untuk membeli gorden bisa online atau offline tergantung selera, waktu dan budget yang tersedia. Banyak yang mengira gorden yang berkualitas adalah gorden yang mahal, padahal belum tentu.

Pilihlah toko (baik online mapun offline) yang memang sudah terjamin kualitas dan kuantitasnya. Jika anda baru pertama kali membeli gorden, dapat bertanya kepada orang terdekat anda.

Menentukan Bahan Gorden

Bahan untuk gorden di dalam rumah harus yang lentur, untuk itu disarankan menggunakan beberapa bahan yang sering dipakai dalam pembuatan gorden antara lain lamborgini yang memiliki sifat lentur atau bahan yang ringan seperti katun, satin, linen atau poliester.Jika anda menginginkan bahan yang lumayan berat dapat memilih bahan beludru, organza, dan paloma yang lebih berat.

Untuk menentukan kualitas gorden anda perlu meraba bahan dari tangan. Dari rabaan tangan juga ketebalan kain gorden bisa diketahui. Model, ukuran, serta bahan yang digunakan menentukan kualitas dari gorden.

Pemilihan Warna Gorden

Untuk memilih warna gorden, usahakan yang senada dengan warna dinding atau perabot dalam ruangan. Pilihan warna gorden juga bisa disesuaikan dengan desain rumah, misalnya untuk rumah gaya klasik kita bisa memilih model gorden yang agak rumit atau sebaliknya.

Untuk memilih gorden model minimalis, contohnya gorden warna tunggal (polos) dilengkapi smocked ring yang terkesan simpel. Atau bisa juga menggunakan gorden jenis vitrase warna putih dengan model menyerupai kupu-kupu. Intinya pilihan gorden yang tepat bisa kita dapatkan jika ada kesesuaian warna, motif, dan model dengan ruangan tempat gorden akan dipasang.

Pemilihan Model Gorden

Setelah memilih warna yang baik dan cocok, pemilihan model gorden juga jangan dilupakan. Serasikan warna dengan model gorden dari dinding rumah anda.

Model yang dapat anda pilih bisa sesuai tema dinding, atau jika anda menggunakan tema yang abstrak dengan kata lain warna dinding putih polos, anda dapat menciptakan kesan elegan lewat pemilihan gorden dengan warna pastel untuk menghiasi jendela rumah.

**

Setelah anda memilih gorden dengan tepat, jangan lupa untuk merawat gorden agar awet dan tahan lama. Perabotan yang ada di sekitar jendela dan gorden juga wajib anda bersihkan dari debu. Bagaimana? Selamat memilih gorden yaaa.


6 Perlengkapan Kamar Mandi yang Sebaiknya Kamu Punya

TERUSKAN.COM – Kamar mandi merupakan bagian yang tidak kalah penting dalam sebuah rumah selain ruang tidur, ruang tamu, teras, ataupun dapur. Sebagian besar kamar mandi tidak hanya dipakai untuk mandi semata, namun juga untuk keperluan lain seperti BAB.

Untuk itu, sebagai pendukung fungsi dan kenyamanan penggguna, maka sebuah kamar mandi terdiri atas beberapa jenis peralatan ataupun perlengkapan tertentu sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya masing-masing. Lalu, apa saja, peralatan kamar mandi yang disarankan ada dalam kamar mandi Anda? Ini dia ulasannya.

Perlengkapan Kamar Mandi yang Sebaiknya Kamu Punya

Bathtub

Bathtub merupakan sebuah bak atau kolam berukuran sekitar 150 cm x 50 cm yang berfungsi sebagai tempat berendam. Orang cenderung menyukai fasilitas ini karena bisa membuat menjadi sarana relaksasi dan menenangkan pikiran. Apalagi banyak jenis bathtub dilengkapi dengan sandaran kepala dari busa.

Sebenarnya bathtub ini merupakan fasilitas mandi yang sering dipakai oleh orang barat namun sekarang sudah mulai berkembang pesat di Indonesia di samping bak mandi, ataupun pancuran. Ada dua jenis bathtub yang sering ditemui, yaitu bathtub yang ditanam atau ditenggelamkan di lantai kamar mandi (seperti bak mandi) dan model standing yang tidak harus ditanam karena biasanya dilengkapi kaki sehingga posisinya stabil.

Kloset

Kloset merupakan tempat pembuangan air seni ataupun kotoran, alasan inilah yang membuat kloset menjadi fasilitas penting dalam sebuah kamar mandi atau toilet.

Ada beberapa jenis kloset yang sering dipakai oleh masyarakat yaitu kloset jongkok dan kloset duduk. Jenis yang paling praktis tentu saja kloset duduk, karena Anda tidak perlu merasakan kaki Anda pegal karena kelamaan berjongkok.

Hanya saja, karena menjadi tempat pembuangan kotoran, maka memiliki resiko lebih besar untuk kotor atau bau. Karena itu, agar kamar mandi Anda tetap harum dan nyaman, maka ada baiknya Anda sering membersihkan kloset ini menggunakan sikat dan cairan pembersih kloset.

Shower

Shower merupakan salah satu alternatif bagi Anda yang memiliki kamar mandi mungil karena ia bisa menjadi pengganti bathtub dan bak mandi tanpa perlu menghabiskan banyak tempat. Hampir sama halnya dengan bathtub, shower ini juga disukai karena bisa sebagai media relaksasi lewat air yang dipancarkan shower yang terasa memijat tubuh Anda.

Namun, ada pula orang yang memilih kedua-duanya, yaitu shower sekaligus bak mandi atau bathtub. Jika Anda ingin berhemat air bersih, maka shower ini bisa membantu Anda mewujudkannya, karena dibandingkan bathtub, shower jauh lebih hemat air.

Sikat Toilet

Salah satu peralatan lain yang harus Anda miliki adalah sikat toilet. Sikat toilet ini berfungsi untuk membersihkan kloset, dinding sampai pada lantai kamar mandi. Jika sikat toilet tidak ada, maka Anda akan merasa kesusahan untuk membersihkan kamar mandi, sehingga kamar mandi menjadi bau dan kotor. Ada banyak sekali jenis sikat yang beredar di pasaran dan Anda bisa memilih jenis sikat yang Anda sukai.

Wastafel

Satu lagi peralatan yang sebaiknya ada dalam kamar mandi Anda adalah wastafel. Wastafel berguna untuk mencuci tangan, membasuh muka, menggosok gigi ataupun mencukur bagi pria. Untuk melengkapi fungsi wastafel, ada baiknya jika Anda menaruh cermin di dinding bagian atasnya dan sabun untuk mencuci tangan atau muka.

Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi jelas harus ada dalam sebuah kamar mandi. Lengkapi kamar mandi Anda dengan perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, sikat dan pasta gigi, lulur, dan perlengkapan kamar mandi lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.

**

Nah, itulah beberapa perlengkapan dan peralatan kamar mandi yang seharusnya Anda miliki. Selain beberapa peralatan dan perlengkapan di atas, masih adalagi beberapa peralatan lain seperti gantungan handuk ataupun pot untuk bunga. Hanya saja, jika Anda tidak pintar merawat dan menjaga peralatan atau perlengkapan kamar mandi itu, maka kamar mandi bisa menjadi kotor, dan peralatannya pun banyak yang rusak.

Untuk itu, Anda perlu merawat segala peralatan dan perlengkapan kamar agar selalu bersih dan tidak cepat rusak. Jika Anda bisa merawatnya dengan baik, maka Anda tidak akan lagi menemukan kloset kotor ataupun bathtub menguning.

Semoga tips ini bermanfaat.


6 Tips Menyulap Kamar Kos Jadi Lebih Menarik dan Menyenangkan

TERUSKAN.COM – Bosan dengan kamar kos yang itu-itu saja? Mau dekorasi, namun bingung karena kamarmu kecil dan uang kamu tidak banyak? Atau kamu sedih karena ibu kos melarang kamarmu diubah?

Nah, di artikel ini kami akan memberitahu caranya supaya kamarmu lebih berwarna. Simak ulasan tentang tips dan cara menyulap kamar kos jadi lebih menarik, yang diulas berikut ini.

6 Tips Menyulap Kamar Kos Jadi Lebih Menarik dan Menyenangkan

1. Berkreasilah dengan dinding kamar

Alternatif untuk berkreasi dengan dinding kamar adalah dengan membuat wallpaper sendiri dari kain puring berwarna atau bermotif.

Jika kamu dilarang mengecat kamar, maka sebaiknya hiasilah dindingmu menggunakan wallpaper dari kain furing. Kain furing ini yaitu tekstil tipis yang biasa digunakan untuk bahan tas. Kamu bisa menempelkannya ke dinding dengan memilih motif-motif menarik.

2. Singkirkan tempat tidur rangka

Kalau kamu anak kost yang menyewa kamar yang tidak mendapatkan kasur, maka hindarilah memilih kasur dengan rangka. Sebaiknya letakkan kasur langsung di atas lantai. Alasilah tempat tidur dengan karpet atau tikar. Letakkanlah sesuai dengan keinginanmu.

3. Percantik meja

Percantiklah meja kamu agar lebih sedap dipandang mata. Kamu bisa menempatkan alat-alat tulismu di dalam satu wadah atraktif yang dapat membuatmu lebih semangat dalam mengerjakan tugas dan lain-lainnya.

4. Buatlah papan impianmu

Papan impian dibuat untuk membuat kamu lebih bersemangat dalam menjalani aktivitasmu di setiap harinya. Dengan melihat tulisan-tulisan yang kamu buat sendiri, maka akan memberikan semangat tersendiri di dalam diri yang membuatmu merasa bergairah setiap harinya dalam memulai aktivitas. Papan impian ini juga akan membuat kamu lebih kreatif dalam menciptakan sesuatu.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Kamu hanya memerlukan alas yang dapat dengan mudah ditempeli dengan kutipan favorit gambar pilihan serta kutipan atau lain sebagainya.

Jika ingin lebih mudah, kamu bisa menggunakan papan styrofoam dan paku gabus warna-warni. Guntinglah gambar idolamu atau kutipan yang membuatmu bersemangat, kemudian rekatkan di papan styrofoam dengan menggunakan paku.

5. Sulap rak bukumu

Bosan dengan rak bukumu yang itu-itu aja? Jika iya, maka sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir. kamu bisa membuat rak bukumu menjadi lebih menarik dengan tempelan stiker atau gantungan yang lucu. Dengan bantuan paku payung maka kamu dapat menghias rak buku sesuai dengan keinginanmu.

6. Tempatkan aksesorismu di wadah yang kreatif

Kamu suka minum soda? Kalau iya, jangan langsung buang botolnya. Botolnya dapat kamu jadikan tempat gelang atau jam kamu. Dengan menggunakan botol inilah, maka aksesorismu dapat ditempatkan lebih rapid dan tidak akan berantakan lagi. Simple, kan?

**

Nah, itulah beberapa tips dan cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyulap kamar kosmu menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Cukup mudah, bukan?

Cara ini pun tidak akan memakan banyak waktu. Apalagi kamu juga bisa belajar menjadi lebih kreatif dan menghasilkan kamar yang menarik. Dengan demikian, kamu pun juga betah berlama-lama menghabiskan waktumu di kamar kosmu.

Dengan melakukan beberapa hal seperti di atas, kamu pun akan mendapatkan kamar kos yang cantik. Selamat mencoba!


Tips Desain Kamar Tidur Anak Agar Nyaman

TERUSKAN.COM – Kondisi kamar ikut menentukan apakah anak tidur dengan nyaman atau tidak. Kamar yang bersih, indah dan unik akan membuat kenyamanan tersendiri bagi anak sehingga tidurnyapun lebih nyenyak dan berkualitas.

Sebaliknya, kondisi kamar yang berantakan, desain yang tidak bagus, ataupun warna yang tidak tepat bisa membuat tidurnya terganggu. Padahal, kondisi kamar sangat menentukan kualitas tidur anak, sementara  kualitas tidur menentukan kesehatannya.

Sayangnya, tidak semua orang tua sempat memperhatikan desain atau dekorasi kamar anaknya karena sibuk dengan pekerjaan maupun karena urusan lain. Meski terlihat sederhana, sebaiknya Anda sebagai orangtua mulai memperhatikan desain dan kondisi tempat tidur anak ini.

Tips Desain Kamar Tidur Anak Agar Nyaman

Bagaimana kamar anak termasuk mungil atau sempit? Meski kamar mungil, jika didesain dan diatur dengan baik maka kamar tidurnya akan menjadi sumber kenyaman Anak saat berada didalamnya. Sebaliknya, kamar sebesar apapun jika tidak didesain dan diatur dengan baik justru membuat anak merasa tidak nyaman dan tidurnya terganggu.

Karena itu, besar atau kecilnya kamar tidak begitu menentukan kenyaman anak. Yang menentukan itu adalah bagaimana Anda membuat ‘atmosfer’ dan situasi kamar yang nyaman dan menyenangkan bagi anak.

1.  Pemilihan Warna Yang Tepat

Warna ikut menentukan nyaman atau tidaknya anak berada dikamarnya. Anak ikut berperan dalam menciptakan suasana hati tenang dan menimbulkan kenyamanan saat melihatnya. Anak biasanya suka dengan warna yang cerah dan terang seperti pink, hijau, ungu muda, kuning ataupun biru.

Selain itu, selaraskan antara warna dinding dengan warna tempat tidur ataupun dengan warna meja belajar mereka. Pilihan warna yang tepat tidak hanya membuat anak senang dan nyaman, tetapi juga membuat Anak betah didalam kamarnya untuk belajar.

2. Perlengkapan dan Peralatan Kamar Tidur

Beberapa perlengkapan dan peralatan yang sebaiknya ada dalam kamar anak adalah meja belajar, tempat tidur, kamar mandi, rak-rak buku, rak atau lemari, jam, lampu belajar, dan beberapa perlengkapan lainnya.

Jika kamar berukuran mungil, sebaiknya hindari pemakaian perabot ukuran besar karena akan membuat kamar menjadi sempit. Selain itu, hindari pula pemakaian barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan anak seperti kulkas, dispenser, ataupun barang-barang lainnya.

3. Gambar Kartun atau Hiasan

Sebagian besar anak menyukai gambar kartun dan hiasan. Untuk itu, ada baiknya jika Anda memberi gambar atau hiasan yang menjadi favoritnya di beberapa bagian, seperti dinding, selimut, ataupun kasurnya. Hanya saja, gambar dan kartun tersebut hendaknya disesuaikan dengan jenis kelamin anak.

Jika anak lelaki, maka jangan menaruh banyak gambar barbie karena lelaki biasanya tidak begitu suka dengan barbie, hello kitty ataupun gambar anak perempuan lainnya.

Sementara itu, jangan perbanyak gambar atau kartun bola pada anak perempuan, karena biasanya mereka tidak begitu menyukai bola ataupun robot-robotan. Tapi, kalau mereka yang meminta tentu Anda bisa menurutinya.

Yang perlu diingat yaitu hindari gambar yang mengandung unsur kekerasan, pornografi ataupun unsur yang tidak baik lainnya. Karena ini akan ikut membentuk pola kepribadian dan tingkah lakunya. Begitu juga dengan hiasan, hiasan seperti bintang, bunga, bulan, ataupun pelangi biasanya sangat disukai oleh anak.

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan dalam menyertakan gambar atau hiasan adalah jangan memilih gambar atau hiasan yang berbau horror dan mistis, karena itu akan membuat anak sering bermimpi buruk.

**

Nah, itulah beberapa tips dalam mendesain kamar tidur anak agar tidurnya lelap dan menyenangkan. Agar Anda tidak salah pilih dalam hal memilih warna, ataupun gambar-gambar kartun, maka libatkan anak dalam memilih warna, hiasan atau gambar kartun yang mereka sukai.

Bagaimana? Apa Anda siap mendesain kamar anak yang tadinya tidak begitu diperhatikan? Semoga artikel ini bermanfaat!


5 Tips Memilih Kabinet Dapur

kabinet dapur

TERUSKAN.COM – Melakukan renovasi dapur bukanlah tugas yang mudah. Banyak keputusan harus dibuat dengan mengingat berbagai faktor dan pilihan yang tak ada habisnya. Dari bahan yang tepat untuk lantai hingga model keran yang tepat, semuanya haruslah tampak sempurna.

Dapur yang sempurna tidak hanya menawarkan fungsi optimal tetapi juga daya tarik visual yang besar, dan lemari atau kabinet dapur merupakan salah satu aspek utama. Kabinet dapur sudah lama digunakan sebagai tempat penyimpanan peralatan makan ataupun bahn makanan. Bentuk dan modelnya yang indah, menambah tampilan visual untuk dapur Anda.

Untuk memilih kabinet atau lemari dapur tidak sama dengan memilih peralatan makan. Karena itu, berikut adalah lima tips yang perlu diingat ketika memilih kabinet dapur.

1. Sesuaikan Dengan Dapur Rumah Anda

Hal ini mungkin sudah sangat jelas menjadi salah satu kesalahan yang sering dilakukan pemilik rumah saat memilih kabinet dapur. Hanya karena Anda menyukai desain dan warna tertentu tidak berarti bahwa kabinet tersebut akan terlihat pas dan cocok diletakkan di dapur Anda.

Pastikan kabinet yang Anda pilih bisa menyatu dengan tampilan dan suasana dapur serta tidak membuatnya terlihat aneh.

Cara terbaik sebelum memilih kabinet yaitu melakukan sedikit renovasi dapur. Dengan cara ini Anda akan lebih mampu mengembangkan tampilan kohesif tanpa mengorbankan selera Anda untuk kabinet yang Anda inginkan. Anda bisa mengubah warna dinding atau lantai untuk memadukannya dengan warna kabinet.

2. Pemilihan Pintu Kabinet

Kabinet dengan pintu kaca mungkin terlihat cantik saat di majalah, namun tidak saat diletakkan di dapur dengan latar belakang botol masakan atau piring. Memilih kabinet dengan kaca buram atau material lain untuk menyembunyikan peralatan dan persediaan makanan Anda lebih baik.

3. Model

Sesuaikan model dari kabinet dengan suasana dapur Anda. Jika dapur Anda bergaya minimalis, memilih kabinet berbahan minimalis tentunya harus Anda lakukan. Jangan membuat dapur Anda terlihat buruk dengan menggunakan model kabinet yang terlalu menonjol.

4. Kualitas Bahan

Setelah pemilihan model, Anda perlu fokus pada kualitas dari bahan yang digunakan. Kayu solid adalah pilihan yang paling populer untuk kabinet.

Anda dapat memilih jenis kayu seperti maple, cherry, pecan, birch atau yang lebih eksotis seperti mahoni, kenari atau kayu zebra. Untuk kabinet berbahan logam dan High Pressure Laminate juga cukup populer. Pastikan Anda menggunakan kabinet dengan bahan yang berkualitas tinggi.

5. Warna

Untuk pemilihan warna kabinet juga sebaiknya disesuaikan dengan banyaknya penggunaan warna pada dapur Anda. Hindari menggunakan warna kabinet dengan warna berbeda dari perabotan yang ada pada dapur Anda. Warna netal seperti hitam, putih, abu-abu, warna kayu dan krem menjadi warna yang banyak dipilih.

**

Memilih kabinet dapur tidak begitu sulit jika Anda tahu persis apa yang Anda cari dan apa yang paling cocok berdasarkan keadaan dari dapur Anda. Jika Anda menyewa kontraktor, maka pastikan Anda tetap memeriksa untuk memastikan visi dan persyaratan terpenuhi dengan baik.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Memilih Lampu LED Yang Tepat Untuk Ruangan

lampu led

TERUSKAN.COM – Anda mungkin sering melihat lampu yang ada di hotel berbintang dengan cahaya redup namun mewah. Yah, lampu jenis itu disebut dengan lampu LED (Light Emitting Diode).

Lampu LED dulunya jenis lampu yang digunakan di komputer atau handphone. Namun dengan perkembangan dan penelitian yang dilakukan, lampu LED sudah banyak ditemukan di rumah besar dan mewah untuk digunakan sebagai pengganti lampu biasa. Kualitas cahaya dari lampu LED memang berbeda dibandingkan dengan lampu ada umumnya.

Ada banyak manfaat besar memasang lampu LED disamping menggunakan lampu biasa. Lampu LED lebih memiliki banyak manfaat dan keuntungan seperti cahaya yang lebih baik dan lebih mengurangi biaya energi.

Terlebih lagi, dengan kemajuan, teknologi, beberapa jenis lampu LED terbaru memberikan kehangatan dengan bonus pencahayaan untuk rumah Anda.

Nah, jika Anda tertarik menggunakan lampu LED, berikut kami bagikan pada Anda beberapa tips memilih lampu LED yang tepat untuk ruangan, yang dilansir dari ledified.com.

1. Watt

Jika Anda terbiasa membeli lampu standar, Anda pasti akan melihat jumlah watt untuk menentukan kecerahan. Namun, LED sedikit berbeda. Lampu LED hanya membutuhkan jumlah watt lebih sedikit daripada lampu pijar biasa.

Sebagai contoh, sebuah lampu LED dengan kecerahan yang sama setara dengan 60-watt bohlam standar hanya akan perlu 8 – 12 watt. Ketika mengukur kecerahan LED, Anda harus selalu memeriksa jumlah lumens bukan watt

2. Menentukan Warna

Lampu LED saat ini sudah menyediakan berbagai macam warna, yang paling populer adalah cool white dan warm. Warna-warna ini memiliki aplikasi yang berbeda untuk daerah yang berbeda di setiap ruang di rumah.

Warna cool white biasanya digunakan di dapur dan kamar mandi sedangkan warm sering digunakan dalam kamar tidur dan area lounge.

Untuk beberapa jenis lampu LED tertentu, bukan hanya cahaya yang diberikan tetapi memberikan kehangatan dari cahaya kekuningan yang dipancarkan sekitar 60-70 derajat untuk kedua jenis lampu LED ini.

Suhu warna cahaya diukur dalam kelvin, sehingga semakin tinggi angkanya, semakin terang cahaya lampu. Tidak hanya warna cool white atau warm, LED juga terdiri dari beberapa warna merah, putih, hijau, biru, kuning, dan sebagainya.

3. Dimmable Light

Dimmable light adalah, fitur modern dari LED untuk setiap rumah dan sempurna untuk diletakkan pada ruang makan, kamar tidur atau ruang lainnya.

4. Gunakan Jasa Profesional

Apapun pilihan Anda, penting untuk menyewa seorang profesional yang akan membantu memberikan solusi LED yang sempurna untuk rumah Anda.

**

Selain pencahayaan yang tidak terlalu terang, lampu LED juga membuat tampilan rumah Anda lebih mewah dan cantik. Lampu LED bahkan sering dijadikan sebagai aksesoris untuk mempercantik tampilan rumah Anda.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Tips dan Ide Desain Kamar Mandi Mungil

kamar mandi mungil

TERUSKAN.COM – Banyak orang beralasan bahwa ia tidak suka dengan kamar mandinya karena kecil sehingga membuatnya tidak nyaman dan tidak leluasa.

Sebenarnya ini tidak akan terjadi jika Anda mau mensiasati bagaimana kamar mandi mungil atau kecil itu berubah menjadi cantik dan indah sehingga Anda menjadi nyaman untuk berada di dalamnya apakah untuk mandi, luluran, dan kepentingan lainnya.

Pada dasarnya, ukuran kamar mandi tidak terlalu menentukan apakah Anda akan nyaman berada di dalamnya atau tidak. Kamar mandi ukuran kecil tidak mesti membuat Anda tidak nyaman dan sebaliknya, ukuran kamar mandi yang besar juga belum tentu bisa membuat Anda nyaman.

Jadi, intinya adalah tergantung bagaimana cara mendesain kamar mandi mungil agar jadi lebih nyaman.

Sesuaikan Ukuran Bathtub atau Bak Mandi

Hal pertama yang penting Anda perhatikan adalah sesuaikan ukuran bathtub atupun bak mandi dengan ukuran kamar mandi Anda. Jika ukuran kamar mandi Anda minimalis, maka alangkah baiknya jika Anda menggunakan bathtub atau bak mandi ukuran kecil.

Biasanya bak mandi dan bathub ini dijual dengan berbagai ukuran sehingga Anda bisa leluasa mencocokkannya dengan ukuran kamar mandi Anda. Poin ini tidak terlalu menjadi persoalan jika Anda memakai shower.

Atur Segala Sesuatu dengan Rapi

Kamar mandi yang sempit akan semakin sempit jika Anda tidak bisa mengatur segala perlengkapan dengan rapi. Letakkan segala sesuatunya dengan rapi dan kurangi pemakaian ‘atribut’ yang tidak begitu penting karena bisa menambah sempitnya kamar mandi Anda.

Cukup dengan gantungan handuk, cermin, tempat sabun, gosok gigi atau sejenisnya maka sudah bisa membuat kamar mandi mungil Anda menjadi lebih luas.

Jika Anda ingin bunga atau tanaman, maka Anda juga bisa meletakkan tanaman dengan pot kecil ditempel di dinding ataupun diletakkan dipojok kamar mandi.

Berikan Warna Terbaik

Pemilihan warna dinding kamar mandi juga berpengaruh nyaman atau tidaknya Anda didalam kamar mandi mungil. Ada baiknya jika Anda menggunakan warna yang cerah seperti krem, coklat muda, putih atau hijau agar kamar mandi terlihat lebih luas dan mata Andapun dimanjakan dengan warna-warna menarik tersebut.

Anda juga bisa menyesuaikan pilihan warna dinding dengan warna bak mandi atau bathtub agar terlihat lebih indah. Jika perlu, hindari paduan warna yang kontras atau berlawanan.

Perhatikan Kebersihan

Salah satu faktor kenyamanan adalah bagaimana kebersihan kamar mandi tersebut. Sebesar apapun kamar mandi Anda, tetap saja akan membuat Anda merasa tidak nyaman jika kondisinya kotor. Sebaliknya, kamar mandi yang mungil bisa menjadi tempat yang cantik dan nyaman jika Anda bisa menjaga kebersihannya setiap hari.

Untuk kebersihan udara, Anda juga bisa membuat fentilasi agar udara bisa bebas keluar masuk. Jika perlu, Anda juga bisa menaruh pewangi kamar mandi agar Anda lebih nyaman didalamnya.

Pintu Transparan

Pintu transparan berguna untuk membuat ruang kamar mandi mungil terasa lebih besar karena mata Anda tidak dibatasi hanya didalam kamar mandi, tapi Anda juga bisa melihat ruangan diluar kamar mandi.

Selain itu, dengan memilih pintu yang terbuat dari kaca, maka cahaya dari luar ruangan bisa masuk dengan mudah sehingga kamar mandi terkesan lebih luas.

**

Nah, itulah beberapa kiat dalam menjadikan kamar mandi mungil menjadi cantik, indah dan membuat Anda merasa nyaman didalamnya. Poin-poin tersebut tidak hanya membawa kenyamanan bagi Anda, tetapi juga ikut mengambil Andil pada kebersihan dan kesehatan Anda dan keluarga.

Jika kamar mandi Anda bersih dan nyaman, maka kesehatan Andapun tidak akan terganggu karena kuman-kuman ataupun bakteri juga tidak bersarang di sana.

Semoga artikel ini bermanfaat.


Tips Dekorasi Ruang Keluarga Minimalis

Ruang Keluarga Minimalis

TERUSKAN.COM – Dekorasi ruang keluarga sangat penting untuk menciptakan kenyamanan para penghuninya. Apalagi, di tempat inilah seluruh anggota keluarga biasa berkumpul. Di dalam rumah bergaya minimalis, biasanya ditemukan kesulitan untuk menyelaraskan fungsi ruangan dengan minimalisme tersebut, sehingga ruang keluarga menjadi tidak tertata apik. Ruang keluarga perlu dibuat lebih chic dan nyaman.

Berikut ini tips mendekorasi ruang keluarga minimalis yang chic dan trendi.

Tentukan fungsi dan peran ruang keluarga

Misalnya ruang keluarga berukuran maksimal 4m X 4m, apa yang akan dilakukan di ruangan tersebut? Untuk apa saja ruangan ini dimanfaatkan?

Pertanyaan ini harus dijawab, sebelum kita mendekorasi ruang keluarga. Dengan tujuan dan fungsi yang jelas, kita tahu apa saja yang akan diletakkan di ruang keluarga.

Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan memegang peranan penting dalam nuansa interior rumah. Jika ruang keluarga tidak mencapat cahaya cukup banyak, sebaiknya pilih furnitur dan warna yang bisa membuat ruangan tampak lebih terang.

Pencahayaan dalam ruangan yang mendapat sedikit sinar matahari perlu disiasati dengan pemilihan lampu. Bila perlu, gunakan spot lamp untuk mengekspos sudut tertentu dalam ruangan, misalnya lukisan atau wall art lainnya.

Pemilihan warna dinding

Warna dinding disesuaikan dengan jumlah sinar matahari yang masuk. Saat memilih cat dinding di toko, perhatikan perbedaan warnanya saat terkena sinar matahari, saat mendapat cahaya lampu, dan saat mendapat sedikit cahaya.

Untuk rumah minimalis dengan ruang keluarga yang mungil, sebaiknya pilih warna-warna cerah nan lembut, misalnya warna putih dan warna-warna pastel.

Penentuan tema ruangan

Agar tampil lebih menarik, ruang keluarga harus memiliki tema. Tema minimalis yang chic misalnya: navy, industrial, colorful, vintage, mid-century, natural, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa mengambil inspirasi dari interior khas negara tertentu yang saat ini sedang booming, misalnya Jepang, Skandinavia, Inggris, Meksiko, atau Maroko.

Pemilihan furnitur

Pemilihan furnitur disesuaikan dengan tema ruangan, ukuran ruang keluarga, serta kebutuhan. Untuk mengurangi kesan sempit, sofa bisa digantikan dengan penggunaan karpet. Kesan lapang bisa diperoleh dengan membuat furnitur yang built-in, tetapi harganya lebih mahal.

Tata letak

Tata letak ditentukan berdasarkan aktivitas yang akan dilakukan, lalu lalang penghuni rumah, letak jendela dan pintu, serta akses cahaya dan udara. Sebaiknya, buatlah sketsa tata letak terlebih dahulu sebelum meletakkan semua perabotan ruang keluarga.

Fungsi ganda

Untuk menghemat pemakaian ruang, akan lebih baik jika Anda bisa memilih perabotan yang multifungsi. Barang-barang berukuran kecil sebaiknya diletakkan di tempat yang tidak terlihat mencolok tapi mudah dijangkau, misalnya kolong sofa, bawah meja, dan lemari di bawah tangga.

Aksesoris ruangan

Aksesoris inilah yang menunjang keindahan ruangan Anda. Letakkan wall art di dinding, misalnya kumpulan foto berpigura, lukisan, atau sekadar koleksi gambar anak-anak Anda.

Cerahkan ruangan dengan bantal sofa. Bantal sofa atau lazim disebut cushion juga bisa diletakkan di atas karpet atau di atas kursi. Aksesoris bisa juga berupa furnitur pokok yang memiliki keindahan, misalnya meja, kursi, lampu, korden, ataupun almari.

**

Yang harus selalu diingat dalam mendekorasi ruang keluarga adalah kerapian dan kebersihan. Jaga selalu ruangan ini agar tetap bersih dan rapi, maka ruang keluarga akan menjadi lebih nyaman. Selamat mencoba!


Membuat Pagar Hidup Agar Rumah Nampak Asri

membuat pagar hidup

TERUSKAN.COM – Kebutuhan akan tempat tinggal saat ini semakin meningkat, seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin padat. Proyek pembangunan perumahan menjamur di mana-mana demi memenuhi keinginan masyarakat untuk dapat memiliki rumah sendiri.

Para investor pun berlomba-lomba membuat kompleks perumahan walau seringkali mengabaikan beberapa hal penting seperti penghijauan dan ruang terbuka.

Lahan seolah-olah dihabiskan untuk pondasi bangunan dan jalan aspal, sehingga resapan air berkurang dan udara menjadi semakin panas karena kekurangan oksigen serta adanya pantulan sinar matahari oleh elemen-elemen keras di permukaan bumi seperti aspal, semen dan besi. Belum lagi masalah banjir yang selalu menghantui masyarakat perkotaan.

Salah satu cara untuk mengurangi dampak-dampak negatif tersebut adalah dengan melakukan penghijauan. Selain diperlukannya taman yang sekaligus berfungsi sebagai fasilitas umum, di samping adanya boulevard yang penuh pepohonan agar jalan pada perumahan menjadi teduh dan sejuk, sebaiknya di setiap rumah juga menanam tumbuh-tumbuhan di pekarangannya.

Beberapa pengembang perumahan modern mengacu pada model perumahan tropis di mana tidak ada pagar di depan bangunan rumah. Namun sebagian besar pembeli tetap membuat pagar dengan alasan keamanan.

Sebenarnya hal ini bisa dimanfaatkan bagi pembeli rumah yang mau berpartisipasi dalam menghijaukan lingkungan. Misalnya dengan membuat taman dan pagar hidup.

membuat pagar hidup

Apa itu pagar hidup?

Pagar hidup adalah pagar yang berupa tumbuh-tumbuhan yang ditanam secara rapi menyerupai pagar di sekitar rumah. Biasanya tanaman pagar merupakan tanaman perdu atau semak, yaitu tanaman yang tingginya kurang dari 6 meter, bahkan sebagian besar tanaman perdu hanya tumbuh kurang dari 2 meter.

Kiat Membuat Pagar Hidup

Ada beberapa kiat untuk membuat pagar hidup di perumahan agar memiliki banyak manfaat, di antaranya sebagai berikut:

1. Menentukan model pagar

Pagar hidup bisa berupa tanaman perdu yang ditanam sangat rapat. Di dalam perumahan biasanya tanaman tidak terlalu tinggi, sedangkan di tepi jalan raya umumnya menggunakan tanaman yang lebih tinggi. Tinggi-rendah tanaman juga bisa mencerminkan karakter pemilik rumah.

Untuk tetap menjaga keamanan rumah, bisa saja pagar hidup dikombinasikan dengan pagar permanen seperti pagar besi, kayu atau tembok. Tanaman yang digunakan bisa berupa tanaman rambat atau tanaman perdu yang diberi tempat khusus pada pagar permanen.

2. Menentukan fungsi tanaman

Selain difungsikan sebagai tanaman hias, pagar hidup juga bermanfaat untuk meredam kebisingan serta menyaring debu yang berasal dari jalanan di depan rumah. Tanaman juga memproduksi okigen yang menjadikan udara lebih bersih dan segar.

Fungsi yang tidak kalah penting pada tanaman adalah sebagai penyimpan air dan untuk mencegah banjir. Tentunya ini berlaku pada tanaman yang ditanam langsung di tanah, bukan di dalam pot atau di atas pagar permanen.

3. Menentukan jenis tanaman

Beberapa jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai pagar hidup sebaiknya memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Tahan segala cuaca (mawar, lantana, teh-tehan, bougenvil, soka)
  • Bersifat tahunan (keji beling, soka, puring, teh-tehan)
  • Tidak mudah meranggas/menggugurkan daunnya
  • Tidak disukai hewan herbivora seperti kambing (tanaman beraroma mint, rempah-rempahan, tanaman berdaun tajam, tanaman sejenis bambu)
  • Bukan tanaman produktif dan mudah dirawat (keji beling, beluntas, mangkok-mangkokan)
  • Ukuran proporsional (tanaman perdu/semak, pohon palem, cemara, berbagai jenis bambu, kaktus dan tanaman air)

**

Jika Anda tinggal di perumahan yang padat dan bising, tidak ada salahnya Anda mencoba membuat pagar hidup untuk menyegarkan suasana di lingkungan rumah Anda. Semoga bermanfaat.


Tips Dekorasi Ruang Keluarga Chic Minimalis

dekorasi ruang keluarga

TERUSKAN.COM – Ruang keluarga adalah zona berkumpulnya semua anggota penghuni rumah, tempat kita biasa berbagi cerita, bercanda, dan bahkan makan bersama. Karenanya, mendekorasi ruang keluarga harus dibuat senyaman mungkin.

Yang sering terjadi di rumah kita adalah, ruang keluarga menjadi seperti gudang, tempat menaruh berbagai barang. Selain itu, kita sering kesulitan saat mendekorasi. Sudah mencontoh seperti yang ada di majalah interior, tapi kok hasilnya aneh.

Salah satu gaya interior rumah yang tetap menjadi idola adalah gaya minimalis. Gaya minimalis sangat cocok untuk masyarakat Indonesia. Dengan harga properti yang semakin mahal, rumah minimalis laris manis diserbu pembeli. Gaya minimalis memiliki ciri khas bentuk yang simple tapi tetap stylish.

Tetapi, belakangan gaya minimalis mulai menimbulkan kejenuhan karena kesannya terlalu dingin dan kaku. Untuk itu, gaya rumah minimalis perlu dibuat lebih chic dan nyaman, khususnya di ruang keluarga.

Berikut ini tips mendekorasi ruang keluarga minimalis yang chic dan trendi.

Tentukan fungsi dan peran ruang keluarga

Misalnya ruang keluarga berukuran maksimal 4m X 4m, apa yang akan dilakukan di ruangan tersebut? Untuk apa saja ruangan ini dimanfaatkan?

Pertanyaan ini harus dijawab, sebelum kita mendekorasi ruang keluarga. Dengan tujuan dan fungsi yang jelas, kita tahu apa saja yang akan diletakkan di ruang keluarga.

Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan memegang peranan penting dalam nuansa interior rumah. Jika ruang keluarga tidak mencapat cahaya cukup banyak, sebaiknya pilih furnitur dan warna yang bisa membuat ruangan tampak lebih terang.

Pencahayaan dalam ruangan yang mendapat sedikit sinar matahari perlu disiasati dengan pemilihan lampu. Bila perlu, gunakan spot lamp untuk mengekspos point tertentu dalam ruangan, misalnya lukisan atau wall art lainnya.

Pemilihan warna dinding

Warna dinding disesuaikan dengan jumlah sinar matahari yang masuk. Saat memilih cat dinding di toko, perhatikan perbedaan warnanya saat terkena sinar matahari, saat mendapat cahaya lampu, dan saat mendapat sedikit cahaya.

Untuk rumah minimalis dengan ruang keluarga yang mungil, sebaiknya pilih warna-warna cerah nan lembut, misalnya warna putih dan warna-warna pastel.

Penentuan tema ruangan

Agar tampil lebih menarik, ruang keluarga harus memiliki tema. Tema minimalis yang chic misalnya: navy, industrial, colorful, vintage, mid-century, natural, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa mengambil inspirasi dari interior khas negara tertentu yang saat ini sedang booming, misalnya Jepang, Skandinavia, Inggris, Meksiko, atau Maroko.

Pemilihan furnitur

Pemilihan furnitur disesuaikan dengan tema ruangan, ukuran ruang keluarga, serta kebutuhan. Untuk mengurangi kesan sempit, sofa bisa digantikan dengan penggunaan karpet. Kesan lapang bisa diperoleh dengan membuat furnitur yang built-in, tetapi harganya lebih mahal.

Tata letak

Tata letak ditentukan berdasarkan aktivitas yang akan dilakukan, lalu lalang penghuni rumah, letak jendela dan pintu, serta akses cahaya dan udara. Sebaiknya, buatlah sketsa tata letak terlebih dahulu sebelum meletakkan semua perabotan ruang keluarga.

Fungsi 2 in 1

Untuk menghemat pemakaian ruang, akan lebih baik jika Anda bisa memilih perabotan yang multifungsi. Barang-barang berukuran kecil sebaiknya diletakkan di tempat yang tidak terlihat mencolok tapi mudah dijangkau, misalnya kolong sofa, bawah meja, dan lemari di bawah tangga.

Aksesoris ruangan

Aksesoris inilah yang menunjang keindahan ruangan Anda. Letakkan wall art di dinding, misalnya kumpulan foto berpigura, lukisan, atau sekadar koleksi gambar anak-anak Anda. Cerahkan ruangan dengan bantal sofa.

Bantal sofa atau lazim disebut cushion juga bisa diletakkan di atas karpet atau di atas kursi. Aksesoris bisa juga berupa furnitur pokok yang memiliki keindahan, misalnya meja, kursi, lampu, korden, ataupun almari.

**

Yang harus selalu diingat dalam mendekorasi ruang keluarga adalah kerapian dan kebersihan. Jaga selalu ruangan ini agar tetap bersih dan rapi, maka ruang keluarga akan menjadi lebih nyaman. Selamat mencoba!


5 Tips Memanfaatkan Pencahayaan Dalam Ruangan Kecil

manfaat lampu ruang sempit

TERUSKAN.COM – Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika Anda akan memasang lampu pada kamar, salah satunya pencahayaan. Untuk ruangan yang lebih besar, Anda dapat menggunakan banyak lampu pada langit-langit dengan ditambah lampu hias yang akan mempercantik dekorasi rumah Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan ketinggian dari langit-langit yang tentu akan berpengaruh terhadap pencahayaan ruangan.

Tujuan dasar dari penggunaan lampu yang kita ketahui yaitu sebagai sumber penerang sehingga tidak membuat ruangan terlihat gelap dan suram. Sebenarnya ada beberapa jenis pencahayaan, tidak hanya bersumber dari lampu yang terpasang di langit-langit saja.

Beberapa jenis pencahayaan lain tersebut dapat Anda simak pada artikel di bawah ini, juga tips bagaimana memanfaatkan pencahayaan agar ruangan sempit tampak lebih besar. Simak ya.

1. Cahaya alami

Ini merupakan salah satu ide terbaik untuk pencahayaan dalam ruangan kecil yang akan membuat ruangan Anda terlihat lebih besar. Anda dapat merancang kamar dengan banyak jendela besar.

Ini akan menghasilkan wujud ilusi pada mata, di mana Anda akan menghubungkan ruang dari luar yang tidak membatasi ruang Anda. Anda juga dapat menggunakan langit-langit untuk tujuan tersebut.

2. Lampu Berdiri (Floor Lamp)

Anda dapat menggunakan jenis lampu ini pada kamar yang berukuran kecil, terutama di daerah kurang cahaya. Anda dapat meletakkannya pada sudut dinding yang digunakan untuk menyorot daerah-daerah tertentu dari ruangan.

Meski tidak memiliki cahaya yang terang seperti lampu pada umumnya, lampu jenis ini cukup membuat ruangan pada rumah Anda terlihat lebih besar.

manfaat lampu ruang sempit

3. Lampu Meja

Sama halnya dnegan lampu berdiri, lampu meja juga tidak memberikan cukup banyak pencahayaan untuk ruangan Anda. Namun tidak dapat dihindarkan, lampu jenis ini tentunya memiliki daya tarik tersendiri.

Gunakan meja yang berukuran lebih tinggi untuk memberikan tampilan ruang yang lebih elegan. Ini adalah salah satu ide pencahayaan untuk ruangan kecil. yang bisa Anda coba.

4. Memilih Warna

Gaya, warna, dan desain lampu juga penting. Kehadiran lampu perlu terasa di ruangan. Jangan takut untuk memadukan dan mencocokkan dengan warna cat dasar atau netral. Ini akan membantu ruangan rumah terlihat lebih besar.

5. Ukuran, Gaya dan Penempatan

Anda perlu memperhatikan ukuran lampu, sebaiknya tidak lebih besar dari furnitur yang ada dalam ruangan rumah Anda. Untuk gaya lampu, sebaiknya sesuai dengan dekorasi rumah Anda.

Sedangkan untuk penempatan lampu, tempatkan pada bagian yang kurang cahaya atau sudut ruangan yang akan memantulkan cahaya ke seluruh ruangan di rumah Anda.

**

Demikian beberapa tips pencahayaan yang dapat Anda terapkan untuk membuat ruang di rumah Anda terlihat lebih besar dan luas. Anda tidak harus menempatkan banyak lampu pada langit-langit rumah. Cukup dengan penempatan yang tepat akan membuat ruangan rumah Anda terlihat lebih luas.

Semoga bermanfaat.


7 Catatan Penting dalam Merenovasi Kamar Mandi

Renovasi Kamar Mandi

TERUSKAN.COM – Banyak orang yang mengabaikan rancangan dan kondisi kamar mandi di dalam rumahnya, karena dianggap kurang penting, jarang dipakai dan sulit dibersihkan karena selalu basah dan banyak kuman.

Padahal faktanya adalah sebaliknya, kamar mandi merupakan ruangan yang sangat penting, yang harus selalu terjaga kebersihannya karena berkaitan erat dengan kesehatan sang penghuni rumah.

Di samping itu, faktor keamanan dan kenyamanan juga perlu diperhatikan, mengingat tingkat kelembabannya yang tinggi serta adanya risiko penggunaan alat-alat yang memakai listrik.

Dengan demikian, merenovasi kamar mandi tidaklah mudah. Harus ada catatan-catatan penting yang perlu diingat dalam merenovasi kamar mandi agar siapapun yang memakainya, penghuni rumah maupun tamu yang berkunjung, terbebas dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penularan penyakit, terjatuh akibat lantai licin, atau terkena setrum karena instalasi listrik atau perlengkapan yang kurang baik.

1. Permukaan lantai

Gunakan keramik yang memiliki tekstur tidak rata, supaya lantai tidak licin ketika basah.

Banyak rumah mewah yang menggunakan keramik halus pada lantai di kamar mandinya, demi menunjukkan kemahalan harga dan menginginkan desain kamar mandi yang elegan. Padahal justru lantai seperti ini sangat berbahaya karena adanya risiko terpeleset.

Selain itu, lantai juga sebaiknya dibuat dengan kemiringan hingga 2% atau sekitar 10 derajat ke arah drainase (pembuangan air) untuk mencegah terjadinya air menggenang. Genangan air bisa menyebabkan tumbuhnya lumut dan membuat lantai menjadi licin walaupun sudah bertekstur kasar.

Kamar Mandi

2. Dinding tahan lembab

Umumnya dinding kamar mandi juga dipasang keramik berlapis (glaze) agar tembok tidak lembab dan berlumut. Jika sekiranya tidak perlu memasang keramik hingga plafond, cukup lapis dinding dengan keramik setinggi orang (1,5 – 2 meter) dan disambung dengan cat tahan air, anti jamur dan lumut.

Mengenai warna adalah selera, bisa disesuaikan dengan lantai atau perlengkapan kamar mandi seperti kloset, cermin atau bathtub.

3. Sirkulasi udara dan pencahayaan

Ventilasi udara sangat penting untuk menjaga agar keadaan udara dalam kamar mandi tidak lembab dan pengap.

Gunakan jendela berbelok atau exhaust fan agar air dalam kamar mandi cepat kering. Bisa dibantu juga dengan pencahayaan alami melalui glass block untuk memasukkan sinar matahari.

Sedangkan pencahayaan buatan sebaiknya dipasang tepat di atas bathtub dan di atas shower, dengan menggunakan lampu halogen yang mengeluarkan panas untuk mempercepat pengeringan. Bisa juga menambahkan indirect lamp di atas cermin agar tidak silau.

4. Instalasi kelistrikan

Selain lampu, beberapa kamar mandi dilengkapi dengan alat listrik lain seperti AC, pemanas air, hair dryer, dan pencukur jenggot.

Demi keamanan, letakkan saklar di luar atau di dalam bersama stop kontak yang berpenutup untuk mencegah terkena cipratan air.

5. Instalasi pemipaan (plumbing)

Pemipaan sangat tergantung pada rancangan serta posisi perlengkapan yang akan digunakan seperti wastafel, kloset, bathtub, shower dan kran air.

Arah saluran air sebaiknya lurus dan tidak berbelok untuk mencegah terjadinya penyumbatan dan air mengalir lebih lancar. Begitu pula letak lubang drainase dan pembuangan kotoran pada kloset diusahakan lurus ke arah saluran pembuangan.

Kamar Mandi

6. Perlengkapan dan aksesoris

Saat ini sudah banyak dibuat perlengkapan kamar mandi yang hemat air, seperti kran dan kloset. Selain selalu dijaga kebersihannya, perlengkapan dan aksesoris kamar mandi juga diusahakan yang tahan karat dan tidak mudah rusak.

7. Arah bukaan pintu

Untuk menyiasati kamar mandi yang sempit, bukaan pintu sebaiknya diarahkan ke luar atau menggunakan pintu geser, sehingga saat membuka pintu tidak terganggu oleh bak mandi atau WC yang posisinya tidak bisa diubah.

**

Jika Anda tergolong orang yang menikmati aktivitas di kamar mandi, serta selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan, tidak ada salahnya Anda mencoba merenovasi kamar mandi Anda.

Selamat berenovasi!

 


Tips Memilih Dekorasi Pernikahan Yang Unik

dekorasi pernikahan

TERUSKAN.COM – Diharapkan hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, terkesan mendalam dan tak terlupakan. Itulah pernikahan yang didambakan setiap orang.

Ada yang menginginkan pesta pernikahan yang mewah, meriah dan mahal, tetapi ada pula yang beranggapan bahwa kesederhanaan dan kebersahajaan lebih baik karena yang paling penting bukanlah kemeriahan acara melainkan kesakralan ikrar yang diucapkan serta doa kerabat dan teman sejawat yang mengiringi awal kehidupan baru sang pengantin.

Sesederhana atau semeriah apapun, acara pernikahan layak untuk dibuat istimewa. Segala sesuatu harus dipersiapkan secara matang agar pada hari pelaksanaan tidak ada atau sedikit sekali mengalami kendala.

Biasanya persiapan acara pernikahan meliputi penentuan tema secara keseluruhan, apakah acara pernikahan bernuansa tradisional yang menekankan pada adat-istiadat, modern, atau perpaduan antara keduanya, penunjukan panitia atau wedding organizer yang terdiri dari tim dekorasi, penata rias, catering, fotografer dan MC (pembawa acara), sampai dengan perencanaan rangkaian acara.

Salah satu unsur yang paling penting dalam acara pernikahan adalah dekorasi. Secara umum, dekorasi mampu menggambarkan garis besar acara yang dapat ditangkap langsung oleh para tamu, karena dekorasi biasanya sangat berkaitan dengan tata rias, penataan catering, fotografi dan videografi serta rangkaian acara.

Untuk mendapatkan kesan unforgetable pada acara pernikahan, maka dalam membuat dekorasi pernikahan harus berani tampil beda, special dan terintegrasi dengan keseluruhan unsur pendukung acara.

dekorasi pernikahan

Di antara sekian banyak ide cemerlang dalam mempersiapkan dekorasi acara pernikahan, ada beberapa tips berikut yang perlu Anda ikuti:

> Tentukan tema atau nuansa pernikahan

Apakah calon pengantin mengusung tema tradisional atau modern, bernuansa keagamaan atau warna kesukaan kedua mempelai. Hal ini sebaiknya harus ada kesepakatan antara kedua calon mempelai.

Kadangkala resepsi pernikahan diadakan sebanyak dua kali yaitu di tempat mempelai wanita dan di tempat mempelai pria. Kedua tempat tersebut menggunakan nuansa yang berbeda. Cara seperti ini sah-sah saja selama tidak ada konflik.

Untuk tampil beda, bisa saja memadukan dua tema, misalnya dekorasi tradisional khusus pada pelaminan saja, sementara di tempat catering dan panggung musik menggunakan dekorasi modern. Hal ini dilakukan karena pelaminan sebagai eye catcher atau pusat perhatian. Atau bisa juga menggunakan satu warna sampai ke setiap detail, misalnya nuansa full white.

> Hadirkan background yang unik dan spesifik

Jika pada umumnya background pada dekorasi pernikahan hanya berupa kain atau tirai berwarna ditambah dengan bunga-bunga, maka untuk tampil beda Anda bisa membuat semacam galeri, misalnya dengan memasang foto-foto prewedding.

 Sayang kan, apabila file foto-foto prewedding tidak digunakan semuanya, melainkan hanya 2 – 6 foto yang dipajang di pintu masuk ruang acara pernikahan?

dekorasi pernikahan

Atau Anda bisa menggantinya dengan siluet-siluet, atau semacam komik berupa alur cerita sejarah sang pengantin sejak perkenalan hingga akhirnya menikah. Jika kedua mempelai memiliki hobi yang sama, misalnya sama-sama menyukai kartun, bisa saja Anda memasang gambar-gambar tokoh kartun sebagai background. 

Pada ruang yang sempit, bisa juga Anda letakkan cermin-cermin berbingkai sehingga ruangan tampak lebih luas. Dengan penggunaan background yang unik, para tamu undangan tidak hanya menikmati hidangan tetapi juga menikmati background yang ditampilkan.

> Perhatikan pencahayaan

Seunik apapun dekorasinya, akan sia-sia apabila tidak didukung oleh pencahayaan yang baik. Usahakan agar pengambilan gambar (foto atau video) bisa dilakukan dengan baik dari arah mana pun.

**

Semoga tips dekorasi pernikahan ini bermanfaat bagi Anda yang ingin tampil beda dalam melewati unforgettable moment.


Renovasi Ruangan Kantor Efektif, Efisien dan Elegan

renovasi kantor

TERUSKAN.COM – Bagi sebagian orang, kantor bukan hanya sebagai tempat kerja, melainkan sebuah tempat untuk mencurahkan segenap kemampuan diri agar dapat bekerja maksimal.

Orang-orang yang kadang disebut workoholic  atau gila kerja, menghabiskan hampir seluruh waktunya di ruang kerja. Bahkan ada beberapa pekerja kantor yang menganggap kantor sebagaimana rumahnya sendiri.

Menurut mereka, kantor tidak hanya tempat untuk mencari nafkah atau mendapat penghasilan, tetapi juga sebagai pelampiasan hobi dan bakat, memperoleh lebih banyak pengalaman dan teman sejawat. Sementara itu, rumah hanya dijadikan tempat beristirahat dan berkumpul bersama keluarga pada malam hari selepas kerja atau di akhir pekan (weekend).

Oleh karena itu, suasana kantor biasanya dibuat senyaman mungkin supaya para pekerjanya merasa betah.

Terlebih lagi, kantor digunakan bukan hanya untuk diri sendiri atau beberapa orang seprofesi yang terlibat dalam pekerjaan yang sama, melainkan juga sebagai tempat untuk menerima klien atau kolega dari luar kantor, sehingga lalu lintas dalam kantor sebaiknya dibuat relatif tidak menyulitkan serta pemandangan interiornya diusahakan terlihat menarik dan elegan.

Untuk dapat merenovasi ruangan kantor agar menjadi lebih efektif, efisien dan elegan, ada baiknya Anda pertimbangkan hal-hal berikut ini sebagai masukan bagi jasa desain interior yang Anda gunakan.

renovasi kantor

1. Permudah arus sirkulasi dengan lay-out yang tepat

Kantor merupakan tempat hilir mudik para karyawan. Sesekali terjadi interaksi antara karyawan dengan atasan, dengan klien dan kolega dari kantor lain. Jangan lupa juga kehadiran office boy yang dibutuhkan untuk menjaga kebersihan kantor dan membantu melayani konsumsi ringan para pegawai.

Mengingat banyaknya orang yang berlalu-lalang di dalam kantor, sebaiknya diperhatikan arus sirkulasi yang baik untuk meminimalisir kemungkinan bertabrakan antar orang, misalnya di antara dua partisi atau perpindahan dari satu ruang ke ruangan lainnya.

Usahakan untuk tidak membuat arus sirkulasi yang berbelok-belok. Selain menyulitkan, berisiko terjadinya tabrakan antar karyawan, ruangan juga terlihat sempit dan tidak efektif. Cara ini juga bisa memudahkan peletakan pendingin ruangan (air conditioner).

2. Efisiensi interior ruangan

Gunakan perabotan yang memudahkan dalam penyimpanan berkas, peletakan perangkat komputer, printer, dan telepon. Ada beberapa perabot yang bisa dibuat multifungsi, misalnya rak buku atau lemari penyimpanan sekaligus sebagai partisi ruangan.

Tinggi partisi disesuaikan agar memudahkan controlling dan komunikasi antar karyawan. Jika ingin membuat ruangan lebih privasi dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi, partisi bisa disambung dengan kaca sedikit lebih tinggi.

Buat saluran kabel yang tersembunyi di sudut lantai atau salah satu dinding sisi ruangan dengan ditutup elemen tertentu, sehingga tidak ada kabel yang mengganggu di lantai atau terlihat di atas. Percabangan saluran jangan terlalu panjang dan berbelok-belok.

renovasi kantor

3. Penampilan yang cantik dan elegan

Ruangan kantor tidak harus dipenuhi dengan meja, kursi dan lemari berbentuk kotak-kotak yang menyebabkan suasana menjadi kaku dan monoton.

Untuk dapat memiliki daya tarik dan kenyamanan, Anda bisa juga mendesain perangkat kantor dan elemen interior lainnya yang unik tetapi tetap efisien, seperti bentuk lengkung pada meja dan kursi.

Penambahan berupa penghias dinding yang cantik seperti lukisan, foto dengan bingkai unik, bunga dan wallpaper penuh warna juga bisa membuat pemandangan lebih menarik dan tidak membosankan.

Pencahayaan dalam kantor sangat penting. Jika Anda tidak diuntungkan dengan posisi ruangan yang dekat jendela sehingga kurang mendapat sinar matahari, bisa diatasi dengan cat ruangan yang berwarna terang dan peletakan lampu yang tepat.

**

Selamat bekerja penuh semangat, dan raih manfaat dalam pekerjaan Anda.


6 Tips Mendekorasi Ulang Kamar Mandi

TERUSKAN.COM – Anda pasti akan merasa lebih nyaman saat kamar mandi dalam keadaan bersih tentunya. Dengan melakukan beberapa renovasi, Anda dapat membuat kamar mandi terlihat lebih baik lagi.

Ada berbagai jenis perlengkapan kamar mandi dengan teknologi terbaru yang dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mendekorasi ulang kamar mandi. Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda merasa nyaman dengan gaya yang Anda pilih dan tidak membuat isi dompet terkuras.

Berikut ada beberapa tips untuk mengubah dekorasi kamar mandi Anda. Dengan tips ini, Anda dapat yakin untuk merombak kamar mandi dengan tampilan baru tanpa menghabiskan terlalu banyak uang.

Bathroom3

1. Buatlah daftar

Salah satu kiat untuk mendekorasi ulang kamar mandi adalah dengan membuat daftar yang jelas tentang apa yang Anda inginkan dan tidak.

Anda dapat melakukan konsultasi dengan kontraktor atau meminta saran dari jasa dekorasi untuk menemukan barang apa yang seharusnya digunakan pada kamar mandi Anda.

2. Mempertimbangkan Semua Pilihan

Buka wawasan Anda untuk mendapatkan ide dekorasi yang lebih baik. Anda dapat mengunjungi website khusus untuk memberikan ide mengenai dekorasi terbaru atau updatetan terkini mengenai dekorasi kamar mandi yang akan paling cocok untuk Anda.

Ini adalah salah satu tips yang paling signifikan untuk mengubah kamar mandi Anda.

Bathroom-Shower-Ideas

3. Peletakan Shower

Setiap kamar mandi membutuhkan shower tentunya. Salah satu kiat mendekorasi kamar mandi adalah dengan memilih rak ubin keramik yang bisa Anda gunakan untuk meletakkan shower.

Pilihan ini akan membuat ruang kamar mandi Anda lebih memiliki banyak space kosong yang tentunya akan membuat kamar mandi terlihat lebih luas.

Selain itu, rak juga dapat Anda gunakan untuk menempatkan perlengkapan mandi yang akan lebih mudah untuk diakses dan tentunya akan menghemat biaya karena Anda tidak perlu lagi membeli rak baru.

3. Underlayment

TilingFloorPrep_01

Untuk menghemat biaya karena mendekorasi ulang kamar mandi Anda, gunakan underlayment dapat menjadi solusinya.

Banyak orang yang memilih menggunakan ini karena Anda tidak perlu menempelkannya seperti keramik. Cukup menggunakan mesin pengebor, maka kamar mandi cantik Anda akan terwujud.

4. Shower Curved Rod

Dianggap menjadi bagian yang tidak terlalu penting dari kamar mandi, shower curved rod ternyata memberikan tampilan ruang yang cukup mengejutkan saat melakukan dekorasi ulang. Ini adalah salah satu tips dekorasi kamar mandi yang perlu Anda pertimbangkan.

Di samping mendapatkan ruang ekstra, Anda juga akan mendapatkan tambahan nilai estetika pada kamar mandi Anda karena bentuknya yang melengkung.

chrome_curved_rod

5. Penerangan

Pencahayaan yang tepat akan membuat ruangan manapun akan terlihat lebih baik. Pastikan Anda menggunakan pencahayaan yang tepat yang dimulai dengan pemilihan lampu dan ventilasi untuk masuknya sinar matahari sehingga Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak lampu.

**

Nah dengan menerapkan 5 tips untuk mendekorasi ulang kamar mandi di atas, diharapkan kamar mandi Anda akan indah dan lebih fungsional lagi.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


5 Tips Membersihkan Kamar Mandi Dengan Benar

membersihkan kamar mandi

TERUSKAN.COM – Kamar mandi adalah salah satu ruangan vital dalam rumah yang wajib dibersihkan lebih sering daripada ruangan lainnya. Mengapa demikian?

Kamar mandi adalah tempat bersarangnya kuman dan bakteri terbanyak karena di sanalah tempat kita membersihkan tubuh serta buang air besar maupun kecil. Membersihkan kamar mandi sayangnya tidak dapat dikatakan semudah itu.

Tanpa mengetahui cara membersihkan yang benar, dikhawatirkan kuman dan bakteri akan lebih mudah menyebar ke dalam ruangan lainnya dalam rumah, serta pada peralatan membersihkan diri yang disimpan dalam kamar mandi tersebut.

Sebut saja sikat gigi, spons mandi, gayung dan barang lainnya yang disimpan di kamar mandi dapat terinfeksi kuman yang berasal dari toilet maupun kondisi kamar mandi yang tidak bersih.

Berikut adalah tips membersihkan kamar mandi dengan benar, agar kamar mandi Anda tidak hanya bersih namun juga sehat bagi keluarga.

1. Bersihkan Dengan Rutin

Kamar mandi sebaiknya dibersihkan secara rutin, setidaknya satu hingga dua kali seminggu. Jika toilet menjadi satu dalam kamar mandi Anda, maka Anda patut membersihkan toilet tersebut setiap hari. Mengapa demikian?

Toilet adalah salah satu sumber kuman dan bakteri terbanyak dalam kamar mandi, yang kumannya juga dapat menyebar dengan mudah ke seluruh ruangan kamar mandi.

Siapkan alat pembersih toilet seperti sikat dan disinfektan yang digunakan untuk membersihkan setiap hari.

2. Gunakan Sarung Tangan

Saat membersihkan kamar mandi, usahakan untuk menggunakan sarung tangan agar tangan Anda tetap bersih.

Selain itu, menggunakan sarung tangan juga dapat membantu Anda membersihkan kamar mandi dengan lebih baik karena tanpa sarung tangan, Anda lebih merasa enggan untuk membersihkan secara maksimal karena alasan jijik dan lain sebagainya.

Gunakan sarung tangan yang cukup panjang hingga menutupi area siku Anda.

membersihkan kamar mandi

3. Gunakan Disinfektan

Meskipun banyak terdapat produk pembersih kamar mandi, gunakan selalu disinfektan sebagai ‘senjata’ utama menghilangkan kuman dan bakteri.

Produk dengan fungsi menghilangkan noda dan berbau wangi belum tentu mengandung disinfektan yang sangat diperlukan untuk membuat kamar mandi benar-benar bersih.

Tips untuk menggunakan disinfektan adalah mengaplikasikannya setelah Anda menyikat lantai atau perangkat lainnya sehingga disinfektan dapat membersihkan lebih baik.

Selain itu, setelah diberi disinfektan, biarkan selama beberapa menit sehingga disinfektan tersebut bekerja sempurna sebelum Anda melanjutkan membersihkan serta membilas kamar mandi.

4. Memiliki Alat Pembersih Terpisah

Beberapa alat yang digunakan untuk membersihkan kamar mandi seperti sikat, alat pel, lap pembersih dinding dan lain sebagainya sebaiknya dipisahkan dari alat pembersih ruangan lain dalam rumah.

Hal ini karena kamar mandi biasanya lebih kotor sehingga apabila menggunakan alat pembersih yang dicampur dikhawatirkan dapat membuat kuman dan bakteri menyebar dengan mudah ke ruangan lain.

Simpan semua alat pembersih kamar mandi dalam satu ember terpisah agar gampang ditemukan dan mudah untuk digunakan.

membersihkan kamar mandi

5. Bersihkan Dengan Detil

Selain toilet, bak kamar mandi, dinding dan lantai kamar mandi, fokuskan juga untuk membersihkan area tersembunyi lainnya.

Beberapa area seperti belakang toilet, kran wastafel, shower, tombol toilet hingga jendela kecil dan lain sebagainya sebaiknya tak luput saat Anda membersihkan toilet.

***

Dengan toilet dan kamar mandi yang bersih, Anda dan keluarga dapat terhindari dari berbagai kuman dan bakteri berbahaya yang mungkin saja berasal dari dalam kamar mandi.

Semoga bermanfaat.


Memilih Jenis Rumput Untuk Taman Rumah

Memilih rumput taman

TERUSKAN.COM – Membuat taman di pekarangan rumah tidaklah selalu harus dari tanaman yang berbunga saja, ada ruang kecil di antara tanaman utama berupa lahan kosong yang bisa anda manfaatkan sebagai taman rumah.

Salah satu cara mudah untuk menjadikan tanah yang terbuka menjadi sebuah taman mini adalah dengan menutupinya memakai rumput hias. Dengan rumput, tanah menjadi terlindungi sekaligus membuat tampilan taman di pekarangan rumah anda menjadi semakin indah, menarik dan bisa dipakai sebagai area bermain anak – anak dan hewan kesayangan mereka.

Ada beberapa jenis rumput hias yang cocok untuk taman rumah, di antaranya adalah:

1). Rumput gajah mini

Rumput gajah mini merupakan jenis rumput yang sangat populer di antara para penggemar tanaman hias. Perawatan rumput ini sangat mudah, dapat tumbuh subur dengan penyinaran sinar matahari sebanyak 50 %. Untuk pemotongan, dapat dilakukan 1 atau 2 kali sehingga bisa efektif waktu.

2). Rumput gajah mini varigata

Jenis rumput ini memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan rumput gajah mini. Perbedaannya hanya terletak pada warna daun, rumput gajah mini varigata memiliki campuran warna putih pada tepi daunnya sehingga lebih cantik untuk anda pilih sebagai penutup tanah kosong di halaman rumah.

rumput untuk taman

3). Rumput gajah biasa

Rumput ini merupakan jenis rumput taman yang paling murah. Penampilannya kurang begitu bagus karena memiliki ukuran daun yang besar dan menyerupai rumput liar. Namun apabila anda rutin melakukan pemotongan selama 1 minggu sekali, penampilan rumput ini akan menjadi bagus dan terawat.

Kelebihan rumput gajah biasa adalah tahan terhadap kekurangan air. Jadi kalau tidak sempat menyiram, tidak usah khawatir rumputnya akan layu dan mati.

4). Rumput Swiss atau Rumput Jepang

Rumput Swiss, yang lebih populer dengan nama rumput Jepang, merupakan salah satu jenis rumput terbaik dari sisi penampilan. Untuk mendapatkan rumput yang tumbuh subur dengan sempurna, rumput Swiss membutuhkan penyinaran matahari sebesar 80 %.

Apabila terlalu lembab, pertumbuhannya kurang sehat atau tidak optimal. Supaya penampilannya tetap indah, lakukan pemotongan rumput secara rutin selama 1 bulan sekali.

5). Rumput Peking

Rumput peking memiliki penampilan cantik menyerupai rumput Swiss, hanya jika diperhatikan secara teliti, tekstur rumput peking lebih kasar. Untuk perawatannya sangat praktis, hanya memerlukan pemotongan 1 bulan sekali dan penyiraman secara rutin.

Memotong rumput peking secara rutin akan membuat daun rimbun secara merata dan daun tumbuh semakin lembut.  Saat terbaik untuk menyiram rumput jenis ini adalah saat sore hari.

jenis rumput taman

**

Kelima jenis rumput taman tersebut di atas perlu mendapatkan perawatan yang rutin sehingga kesuburan daun dan warnanya tetap terjaga.

Pemotongan rumput wajib anda lakukan secara rutin minimal sekali sebulan. Hal ini akan menyebabkan pertumbuhan daun semakin lembut dan rimbun, merata menutupi tanah sehingga penampilan taman semakin hijau. Jangan lupa lakukan penyiraman yang teratur dan waktu terbaik untuk menyiram adalah sore hari.

Semoga bermanfaat.


Cara Hemat Merenovasi Rumah Minimalis

Merenovasi Rumah Minimalis

TERUSKAN.COM – Renovasi rumah minimalis bisa menjadi kebutuhan yang tidak bisa terelakkan. Ketika akan melakukan renovasi, ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan. Hal pertama dan utama tentu saja masalah biaya.

Namun, Anda bisa saja merenovasi rumah dengan biaya seminimal mungkin. Kuncinya ialah bagaimana Anda bisa menghemat pengeluaran renovasi tersebut.

Berikut merupakan beberapa tips hemat untuk renovasi rumah minimalis Anda.

1. Pastikan Alasan Renovasi Tepat

Sebelum melangkah lebih jauh dengan urusan renovasi, tanyakan pada diri Anda dan seluruh keluarga, mengapa perlu melakukan renovasi? Sangat haruskah renovasi dilakukan?

Dalam hal ini, Anda harus memiliki alasan yang kuat saat akan melakukan renovasi. Jangan sampai hanya karena warna cat yang pudar Anda memutuskan untuk merenovasi seluruh rumah.

2. Mencari Titik Prioritas Renovasi

Setelah Anda mantap dengan keputusan akan melakukan renovasi, carilah bagian-bagian rumah yang menjadi prioritas renovasi. Misalnya, perlu menambah ruang, menambal dinding, atau mengganti genting.

Dengan mengetahui prioritas renovasi, Anda akan mudah menentukan bahan bangunan apa saja yang dibutuhkan untuk dibeli dan disediakan.

3. Hitung Rencana Anggaran Biaya

Ketika akan merenovasi rumah, Anda tentu menginginkan mengeluarkan biaya yang sehemat mungkin. Oleh karena itu, Anda perlu menghitung anggaran dengan baik agar tidak salah penafsiran.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat rancangan anggaran biaya ialah menghitung volume bangunan dan harga satuan di tipe bangunan.

Hal-hal yang harus direncanakan anggarannya meliputi tahap persiapan hingga penyelesaian pekerjaan. Pada tahap persiapan, Anda pelu menghitung biaya pembersihan lahan, pagar pengaman, dan mobilisasi.

Anda juga harus memperhitungkan anggaran untuk pekerjaan sipil, finishing, instalasi mekanik, elektrik, dan plumbing, serta pekerjaan halaman. Anda juga tidak bisa melupakan anggaran untuk biaya pekerja, biaya peralatan, dan biaya tak terduga.

4. Lihat Jumlah Uang yang Dimiliki

Setelah merancang anggaran biaya dan tahu berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan, Anda pelu meninjau ulang jumlah tabungan Anda. Jika pengeluaran jauh lebih banyak dari jumlah saldo Anda, ada baiknya periksa lagi daftar anggaran biaya.

Pangkas beberapa hal yang tidak diperlukan. Namun, ada baiknya Anda memilki sisa tabungan yang cukup banyak selama renovasi dilakukan untuk berjaga-jaga jika ada kebutuhan tak terduga.

5. Tentukan Jumlah Tenaga Kerja

Menentukan jumlah tenaga kerja berpengaruh pada lama renovasi dan biaya untuk pekerja yang harus dikeluarkan. Ada baiknya Anda memakai tenaga kerja yang tidak terlalu banyak, tetapi cukup untuk menyelesaikan proyek renovasi dengan cepat.

Selain itu, pastikan bahwa tenaga kerja yang Anda sewa memang profesional di bidang renovasi rumah minimalis. Jangan sampai Anda kecewa dnegan hasil kerja mereka hanya karena tidak mempekirakan sebelumnya apakah tenaga kerja tersebut mumpuni atau tidak.

6. Pertahankan Lahan Hijau

Jika Anda ingin menambah ruangan baru, tetapi tidak memiliki lahan selain memakai halaman, pertimbangkan ulang keinginan Anda. Ada baiknya Anda mencari gagasan baru sebagai solusi. Jangan lantas memakai halaman untuk ruang baru tersebut.

Ada baiknya Anda menambah ruang baru dengan membuat rumah berlantai dua. Dengan begitu, halaman Anda akan aman sehingga rumah pun bisa tetap ramah lingkungan.