Topik Seputar Salak Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kesehatan Buah Salak untuk Ibu Hamil

manfaat buah salakBuah salak merupakan buah tropis yang sangat mudah ditemukan di Indonesia, terlebih lagi pada daerah tertentu yang menjadikan salak sebagai komoditi daerah tersebut.

Harga salak juga termasuk murah untuk ukuran buah-buahan. Mungkin karena harga murah dan penampilan yang kurang menarikitulah, maka buah ini tidak pernah dimasukkan dalam jajaran buah-buahan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Banyak orang yang menganggap buah salak sebagai buah yang tidak ada manfaatnya. Anggapan umum bahwa buah salak hanya akan membuat anda kesulitan buang air besar karena cenderung menjadikan konstipasi dan gangguan pencernaan akibat buah salak.

Padahal buah yang sangat mudah didapat ini memiliki begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari daging buahnya. Dan bagi ibu hamil, buah salak tidak menjadi pantangan karena sangat baik bagi ibu hamil.

Sebenarnya apa yang terkandung di dalam buah salak sehingga bisa bermanfaat bagi tubuh dan apa saja kebaikan buah salak yang bisa dimanfaatkan ibu hamil?

1. Mengurangi rasa mual

Manfaat buah salak bagi ibu hamil sangat berguna dalam mengurangi rasa mual yang sering melanda apalagi pada saat kehamilan trimester pertama.

Kelebihan buah salak dalam mengurangi rasa mual ini bisa langsung dirasakan disaat anda pertama kali memakan buah ini. Perut akan terasa lebih enak, rasa mual dan kembung akan segera hilang.

2. Menghilangkan rasa pahit di lidah dan tenggorokan

Rasa mual pada ibu hamil juga kadang disertai rasa lidah yang pahit. Dengan mengkonsumsi buah salak, rasa pahit di lidah dan tenggorokan akan segera hilang.

3. Menjaga kesehatan mata

Selain itu, buah salak juga dadpat membantu menjaga kesehatan mata, sehingga sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Selain menjaga kesehatan mata calon ibu, juga dapat menunjang kesehatan mata pada janin.

4. Mengatasi diare

Salak mengandung zat tanin yang sangat baik dalam mengatasi diare, karena itulah buah salak dianggap bisa membuat sembelit. Padahal jika anda mengkonsumsinya dengan jumlah yang tidak berlebihan, maka buah ini dapat mengatasi diare dan juga mampu mencegah diare.

Poin pentingnya adalah pada jumlah konsumsi buah salak yang tidak berlebihan. Karena jika berlebihan akan memicu konstipasi, apalagi jika dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil.

5. Mengandung serat

Kulit ari pada salak sering disalahartikan dan dianggap harus dibuang karena tidak dapat dicerna lambung. Padahal sebenarnya kulit ari pada buah salak sangat baik, karena mengandung serat yang membantu melancarkan pencernaan dan BAB anda.

Karena itu sangat disarankan untuk memakan buah salak sekaligus dengan kulit arinya, jangan membuangnya.

**

Demikianlah 5 manfaat kesehatan buah salak bagi ibu hamil. Selain manfat kesehatan, buah salak memberikan keuntungan ganda karena mudah diperoleh di pasaran dengan harga murah.

Disarankan untuk menghindari buah salak yang tidak manis dan cenderung berasa sepat, karena akan memicu asam lambung pada penderita maag dan radang usus. Begitu juga pada ibu hamil, jika dikonsumsi berlebihan akan sangat mengganggu kelancaran metabolisme dan pencernaan.

(foto: mikohiro.blogspot.com)