Mengenal Penyakit Lupus

Loading...

Penyakit LupusPenyakit Lupus

Lupus adalah penyakit peradangan kronis yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda menyerang jaringan dan organ Anda sendiri.

Peradangan yang disebabkan oleh lupus dapat mempengaruhi sistem tubuh yang berbeda – termasuk sendi, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung dan paru-paru. Baca terus untuk tahu gejala dan penyebabnya, dikutip dari mayoclinic.com.

Lupus bisa sulit untuk didiagnosis karena tanda-tanda dan gejalanya sering meniru penyakit lainnya. Tanda yang paling khas dari lupus – ruam wajah yang menyerupai sayap kupu-kupu di kedua pipi – terjadi di banyak tapi tidak semua kasus lupus.

Beberapa orang dilahirkan dengan kecenderungan mengembangkan lupus, yang mungkin dipicu oleh infeksi, obat-obatan tertentu atau bahkan sinar matahari.

Meskipun tidak ada obat untuk lupus, pengobatan dapat membantu mengendalikan gejala.

Tanda-Tanda dan Gejala Penyakit Lupus

Tidak ada dua kasus lupus yang persis sama. Tanda dan gejala dapat datang tiba-tiba atau berkembang perlahan, mungkin ringan atau berat, dan mungkin sementara atau permanen.

READ:  7 Tanda Jantung Anda Tidak Sehat

Kebanyakan orang dengan lupus memiliki penyakit ringan yang ditandai dengan episode ketika tanda-tanda dan gejala menjadi lebih buruk untuk sementara waktu, kemudian membaik atau bahkan hilang sama sekali untuk sementara waktu.

Tanda-tanda dan gejala lupus yang Anda alami akan tergantung pada sistem tubuh yang terkena penyakit. Tanda-tanda yang paling umum dan gejala termasuk:

  • Kelelahan dan demam
  • Sendi terasa nyeri, kaku dan bengkak
  • Ruam berbentuk kupu-kupu pada wajah yang menutupi pipi dan hidung
  • Lesi kulit yang muncul atau memburuk dengan paparan sinar matahari
  • Jari tangan dan kaki berubah menjadi putih atau biru saat terkena pilek atau selama periode stres (fenomena Raynaud)
  • Nyeri dada
  • Mata kering
  • Sakit kepala, kebingungan, kehilangan daya ingat

Penyebab Penyakit Lupus

Lupus terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat dalam tubuh Anda. Kemungkinan lupus merupakan hasil dari kombinasi genetika dan lingkungan Anda.

Tampaknya orang-orang dengan kecenderungan mewarisi lupus dapat mengembangkan penyakit ini ketika terjadi kontak dengan sesuatu di lingkungan yang dapat memicu lupus. Akan tetapi penyebab lupus dalam kebanyakan kasus tidak diketahui.

READ:  5 Makanan Pencegah Kanker Payudara

Beberapa pemicu potensial meliputi:

  • Sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat membawa pada lesi kulit lupus atau memicu respon internal pada orang yang rentan.
  • Obat-obatan. Lupus dapat dipicu oleh beberapa jenis obat anti-kejang, obat tekanan darah dan antibiotik.

(photo: workingnurse.com)