6 Tips Untuk Snorkeling Yang Aman

Loading...

snorkelingSnorkeling

Keindahan bawah laut Indonesia membuat kita tidak tahan ingin menyaksikannya secara langsung dengan mata kepala sendiri. Salah satu cara untuk menikmati keindahan panorama bawah laut tersebut adalah dengan snorkeling. Meskipun kegiatan tersebut terlihat gampang dilakukan, namun jika Anda melakukannya secara sembarangan bisa jadi kegiatan tersebut akan membahayakan keselamatan diri sendiri.

Nah, bagaimana agar tetap aman selama snorkeling? Baca tips berikut.

Periksa peralatan snorkel

Sebelum turun ke laut, periksalah terlebih dahulu semua peralatan mulai dari masker (google), snorkel dan fin (kaki katak). Agar kegiatan menyelam Anda tidak terganggu, pilihlah masker yang pas di wajah dan tidak bocor. Cara menguji maskernya bocor atau tidak yakni dengan bernafas melalui hidung menggunakan masker tersebut, jika Anda tidak bisa bernafas maka tidak ada udara yang masuk. Bila udara tidak masuk maka air pun tidak bisa masuk dan masker tersebut aman digunakan.

Pakailah fin (kaki katak) yang pas dengan ukuran kaki Anda. Jangan terlalu kecil dan jangan pula terlalu besar. Fin yang terlalu kecil akan menyulitkan Anda untuk menggerakkan kaki di dalam air. Demikian halnya dengan ukuran fin yang terlalu besar. Fin yang berukuran besar akan mudah lepas.

READ:  Mengunjungi Angry Birds Land di Finlandia

Latih bernafas dengan snorkel

Sebagian orang khususnya bagi pemula masih agak kesulitan menggunakan snorkel karena harus bernafas melalui mulut. Latihlah pernafasan dengan bernafas melalui mulut sebelum memulai snorkeling.

Cegah fogging

Cegahlah masker Anda dari fogging (masker berembun). Seringkali ketika menyelam hal ini selalu terjadi. Untuk mencegahnya Anda bisa menggunakan defog, cairan untuk membersihkan bagian dalam googles. Jika tidak ada, Anda bisa memasukkan sedikit air laut untuk membersihkannya.

Jaket pelampung

Untuk pemula, pakailah jaket pelampung untuk memudahkan Anda. Pelampung sangat berguna untuk keselamatan Anda di laut.

Snorkeling bersama teman

Untuk lebih amannya, sebaiknya Anda melakukannya dengan teman agar keselamatan Anda terjaga. Pastikan Anda berenang tidak jauh – jauh dari teman Anda.

Perhatikan gelombang

Selalu waspada dengan besarnya gelombang. Jika arus gelombangnya tinggi segera hentikan kegiatan snorkeling Anda. Snorkeling pada arus laut yang kuat bisa berbahaya untuk keselamatan Anda.

 (photo: snorkelinginkeywest.com)