7 Tips Aman Traveling Sendirian

Loading...

solo travelerSolo traveler

Mana yang lebih Anda suka, bepergian secara berkelompok atau bepergian sendiri? Banyak yang lebih memilih bepergian secara bersama-sama dibandingkan bepergian sendiri karena faktor kenyamanan dan keamanan.

Bepergian bersama teman memang lebih menyenangkan karena bisa menjelajah tempat-tempat wisata secara bersama-sama. Namun, bukan berarti bepergian solo akan merasa sendirian di jalan. Beberapa traveler  ada yang memilih untuk traveling solo dengan alasan ingin memperoleh kebebasan selama melakukan perjalanan.

Traveling secara solo memungkinkan untuk bebas mengeksplor tempat apa saja, menginap di mana saja, makan apa saja tanpa harus minta pendapat orang atau teman seperjalanan.

Banyak yang belum berani mencoba traveling solo karena diganjal oleh ketakutan-ketakutan seperti takut nyasar, takut pergi sendiri, takut dicopet dan masalah keamanan lainnya. Nah, jika Anda ingin mencoba bepergian solo simak tips berikut ini.

1. Riset

Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai tujuan yang akan Anda datangi. Hal ini bisa dilakukan dengan browsing di internet atau bertanya kepada teman yang pernah ke sana.

READ:  10 Destinasi Traveling Murah di Tahun 2014

Anda juga bisa bertanya di forum atau grup pejalan sehingga referensi tentang tujuan yang Anda kunjungi semakin banyak. Pelajari budaya dan kebiasaan penduduk setempat serta do’s and don’t’s (hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan).

2. Catat informasi penting

Catatlah informasi penting seperti nomor telepon darurat, jadwal bus atau kereta, nomor telepon rumah sakit atau kantor polisi setempat. Ini akan membantu saat Anda mengalami kesulitan ketika berada jauh dari rumah.

3. Simpan baik–baik dokumen penting

Simpanlah barang atau dokumen penting seperti paspor di tempat terpisah yang bisa anda bawa ke mana-mana. Untuk lebih amannya, buatlah salinan dokumen seperti paspor, KTP atau dokumen berharga lainnya agar masih bisa diklaim jika terjadi kehilangan.

4. Buat itinerary

Buatlah rencana perjalanan untuk memudahkan Anda mengunjungi tempat-tempat tersebut. Buatlah garis besar tempat apa yang akan Anda kunjungi, transportasi apa yang digunakan, menginap dimana dan lain sebagainya. Semakin detail itinerary yang Anda buat maka semakin tidak kebingungan Anda berada di tempat asing.

READ:  5 Manfaat Berwisata Seorang Diri

5. Tetap keep in contact

Teruslah berhubungan dengan keluarga atau teman Anda. Usahakan selalu memberitahu posisi Anda ketika sedang berada di suatu tempat. Dengan selalu menjaga komunikasi dengan orang di rumah bisa membantu ketika Anda dalam kondisi darurat.

6. Cari teman

Traveling solo memungkinkan Anda untuk menjalin pertemanan dengan sesama backpacker dari seluruh dunia. Pintar-pintarlah mencari teman perjalanan karena siapa tahu kenalan tersebut memiliki itinerary yang sama dengan Anda. Mendapatkan teman ketika traveling adalah hal yang mengasyikkan karena Anda akan merasa tidak sendirian.

7. Berpakaian yang sopan

Sangat penting untuk wanita yang bepergian solo agar tidak berpakaian terlalu mencolok atau seksi karena hal tersebut bisa mengundang kejahatan.

Pakaian yang terlalu terbuka bisa mengundang penjahat untuk melakukan tindakan pemerkosaan atau kejahatan lainnya. Berpakaianlah yang rapi dan simpel.

(photo: gapyear.s3.amazonaws.com)