Mengenal Bagian–Bagian Hanbok, Baju Khas Negeri Korea

Loading...

Pernahkah Anda mendengar Hanbok? Hanbok adalah pakaian tradisional Korea. Istilah hanbok berasal dari han dan bok. Han adalah sebutan untuk orang Korea, orang han dan Bok adalah pakaian. Hanbok adalah pakaian tradisional masyarakat korea pada era dinasti jeoseon (1392 – 1910 M).

Hanbok pada umumnya memiliki warna – warna cerah. Ada dua jenis hanbok yakni Hanbok untuk kalangan bangsawan dan hanbok untuk rakyat biasa. Golongan bangsawan mengenakan hanbok berwarna – warni dengan hiasan border dan sulaman yang indah dan bahan yang terbuat dari sutra. Sedangkan golongan rakyat biasa menggunakan hanbok sederhana terbuat dari bahan katun dengan pembatasan warna, yakni warna putih, pink muda, hijau muda dan abu – abu.

Secara umum, hanbok yang dipakai oleh bangsawan dan rakyat  biasa memiliki kesamaan, yang membedakan adalah warna dan aksesoris pelengkap hanbok.

Bagian hanbok untuk wanita

hanbok wanita
hanbok wanita (photo: regulusabraham.wordpress.com)

Hanbok wanita terdiri dari Jeogori, Dongjeong, Otgoreum, Baerae, Chima, Sokbaji dan Sokchima. Berikut penjelasan bagian – bagian tersebut.

READ:  Asyiknya Belajar Bahasa Korea Bersama Pororo!

Jeogori: bagian atas hanbok seperti rompi. Jeogori untuk wanita biasanya hanya sampai di bawah dada. Sedangkan untuk pria ukurannya besar dan panjang menutupi bagian tubuh dari atas sampai pinggang.

Dongjeong: bagian kerah berwarna putih

Otgoreum: tali yang mengikat jeogori, fungsinya seperti kancing di Era Modern saat ini. Tali ini menjuntai di atas jeogori hingga ke atas rok. Dapat pula menjadi hiasan hanbok.

Baerae: jeogori dengan bentuk lengan pendek atau disebut juga magoja atau rompi luar.

Chima: rok terluar dengan warna – warna cerah.

Sokbaji: dalaman chima dengan bentuk seperti celana.

Sokchima: dalaman chima dengan bentuk seperti rok.

Bagian Hanbok untuk pria

hanbok pria
hanbok pria (photo: seputar-fashion.blogspot.com)

Hanbok untuk pria terdiri dari Gat, Eogori, Sokgui, Durumagi, baji, sokbai, beoseon, dan kkotsin. Berikut penjelasannya.

Gat: topi pria korea

Sokgui: bagian dalam jeogori.

Durumagi: pakaian terluar yang dipakai pada waktu tertentu, setelah dipakai Sokgui.

Baji: celana

Sokbai: dalaman baji

Kkotsin: sebutan untuk sepatu terbuat dari sutra.