Bagaimana Agar Tidak Tersesat Tanpa Menggunakan Kompas?

Loading...

kompas jarumKompas jarum

Pernahkah Anda tersesat di hutan atau gunung ketika melakukan perjalanan? Tersesat bisa menimpa siapa saja apalagi jika dalam perjalanan Anda tidak dibekali alat penunjuk arah atau kompas. Ketika tersesat, kita akan panik dan bingung mencari jalan keluar. Tidak perlu bingung, karena tanpa kompas pun Anda bisa menemukan arah dengan memperhatikan penanda berikut.

Jarum/silet

Jarum atau silet bisa dijadikan kompas sederhana untuk menentukan arah. Caranya cukup mudah yakni dengan menggosokkan jarum atau silet ke permukaan yang kering kemudian ditusukkan ke gabus. Letakkanlah di permukaan air gabungan dari silet dan gabus ini. Ujung silet atau gabus tersebut akan selalu menunjuk arah utara atau selatan.

Kuburan islam dan Kristen

Jika Anda tersesat di daerah yang mungkin saja di sekitar daerah tersebut terdapat kuburan, maka itu bisa menjadi petunjuk untuk menemukan arah. Bagian nisan atau kepala selalu menunjukkan arah barat. Ini bisa menjadi patokan Anda. Namun, ini tidak berlaku di luar negeri, hanya jika Anda tersesat di Indonesia saja.

READ:  8 Pantai Indah Untuk Menikmati Bulan Madu Romantis

Mesjid

Mesjid bisa dijadikan patokan untuk menentukan arah utara dan selatan. Mesjid di Indonesia umumnya selalu menghadap ke barat karena patokannya adalah Ka’Bah yang berada di sebelah barat.

Bayangan benda

Perhatikan bayangan benda. Jika Anda tersesat di pagi hari menjelang siang maka bayangan benda condong ke arah timur dan bila tersesat pada siang hari menjelang sore maka bayangan benda akan berada di sebelah barat.

Pohon

Jika Anda tersesat di hutan tanpa ada cahaya yang masuk dan dikelilingi oleh banyak pepohonan, maka manfaatkanlah pohon tersebut untuk mencari arah utara dan selatan. Carilah pohon yang berbatang besar dan perhatikan sisinya. Sisi batang yang terkena sinar matahari dan tidak berlumut menunjukkan arah barat/timur. Bila malam hari maka rabalah kedua sisi pohon tersebut. Carilah sisi yang paling hangat. Sisi tersebut menunjukkan arah barat.

Bintang orion

Anda bisa memperhatikan bintang jika tersesat di malam hari yang gelap dan tak ada penerangan satupun. Carilah rasi bintang orion. Rasi bintang orion bentuknya menyerupai ekor kalajengking jika digabungkan. Ekor tersebut selalu menunjuk ke arah barat.

READ:  Inilah Kota-Kota Dengan Minuman Kopi Terbaik Di Dunia

(photo: bloggerscdn.com)