Manfaat Mengkonsumsi Ikan Secara Rutin

Loading...

Manfaat mengkonsumsi ikan Manfaat mengkonsumsi ikan 

Para peneliti di seluruh dunia telah menemukan bahwa makan ikan secara teratur – satu atau dua porsi seminggu – dapat mengurangi risiko penyakit mulai dari asma anak sampai dengan kanker prostat.

Ikan rendah lemak, tinggi protein dan merupakan sumber asam lemak omega 3. Konsumsi rutin ikan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

Simak terus artikel berikut yang dikutip dari medindia untuk mengetahui resiko penyakit apa saja yang dapat berkurang dengan mengkonsumsi ikan.

Asma – anak yang sering mengkonsumsi ikan beresiko terkena penyakit asma lebih rendah bila dibandingkan dengan anak yang jarang mengkonsumsi ikan.

Otak dan Mata – ikan yang kaya omega 3 asam lemak dapat berkontribusi pada kesehatan jaringan otak dan retina (jaringan peka cahaya yang melapisi permukaan dalam mata).

Kanker – omega 3 asam lemak dalam ikan dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker sebesar 30 hingga 50 persen, terutama dari, esofagus rongga mulut, usus, ovarium payudara, dan prostat.

READ:  13 Manfaat Mengejutkan Bawang Putih

Penyakit Jantung – Makan ikan secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke dengan mengurangi pembekuan darah dan peradangan, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, menurunkan lemak darah dan meningkatkan kolesterol ‘baik’.

Demensia – Orang tua yang makan ikan atau makanan laut setidaknya sekali seminggu memiliki risiko lebih rendah terkena Demensia dan Alzheimer.

Depresi – Orang yang rutin makan ikan memiliki resiko lebih rendah terkena depresi (depresi dikaitkan dengan rendahnya tingkat omega 3 asam lemak di otak).

Diabetes – Ikan dapat membantu penderita diabetes mengatur kadar gula dalam darah mereka.

Penglihatan – Bayi yang diberi ASI dari ibu yang makan ikan memiliki penglihatan yang lebih baik, mungkin karena asam lemak omega 3 yang terkandung ikan diberikan memalui ASI.

Inflamasi – Konsumsi ikan secara teratur dapat meringankan gejala arthritis, psoriasis arthritis dan penyakit autoimun.

Prematuritas – Makan ikan selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko melahirkan bayi prematur.

**

Jadi, mulai sekarang rutinlah mengkonsumsi ikan agar mendapatkan manfaat ikan untuk kesehatan tubuh Anda!

READ:  9 Kebiasaan yang Dianggap Sehat

(foto: worldbulletin.net)