Arti Lingkaran Warna Pada Kemasan Obat

Loading...

obat-obatanObat-obatan

Obat berfungsi untuk mengobati atau menyembuhkan suatu penyakit. Untuk penanganan suatu penyakit diperlukan obat yang tepat agar gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut berkurang atau hilang.

Mengkonsumsi obat yang salah justru bisa berdampak buruk, bukan untuk menyembuhkan malah menjadi racun ditubuh. Seringkali kita membeli begitu saja obat yang dijual di pasaran tanpa memperhatikan kemasan atau kandungan yang terkandung di dalam obat tersebut.

Obat yang dijual di pasaran memiliki kode lingkaran yang menunjukkan ketentuan – ketentuan tertentu. Berikut penjelasannya.

Warna hijau

Obat–obatan dengan simbol lingkaran hijau mengindikasikan obat bebas. Obat bebas adalah obat yang dijual di pasaran secara bebas seperti di toko, supermarket atau warung.

Obat-obatan dengan simbol lingkaran hijau ini bebas dikonsumsi tanpa harus ada resep dokter. Yang termasuk golongan obat ini adalah obat analgetik/pain killer, vitamin atau mineral.

Warna biru

Obat–obatan dengan lingkaran biru mengindikasikan obat bebas terbatas. Obat bebas  terbatas adalah obat keras yang dijual secara bebas tanpa resep dokter.

READ:  Waspadai 5 Kombinasi Makanan dan Obat Ini!

Meski tanpa menggunakan resep dokter, obat ini harus digunakan sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasannya. Obat yang tergolong kategori obat bebas terbatas yakni obat batuk dan demam.

Warna merah

Lingkaran merah pada obat memberi petunjuk bahwa obat tersebut tergolong obat keras. Biasanya pada lingkaran merah terdapat simbol huruf K, obat keras harus menggunakan resep dokter. Yang termasuk golongan obat keras yakni obat antibiotik dan obat hormonal.

(photo: intisari-online.com)