Bagaimana Cara Menjadi Traveler Yang Bertanggungjawab?

Loading...

green travel dengan naik sepedaGreen travel dengan naik sepeda

Perkembangan pariwisata saat ini kian pesat. Setiap tahun jutaan orang bepergian di berbagai belahan dunia mengunjungi tempat-tempat wisata baik wisata alam maupun wisata buatan manusia.

Semakin tingginya minat wisatawan di bidang pariwisata membawa keuntungan tersendiri bagi negara yang dikunjungi. Selain bisa meningkatkan devisa negara, hal tersebut bisa memajukan perekonomian daerah setempat serta membuka lapangan kerja bagi warga lokal.

Namun, hal tersebut juga berkontribusi terhadap meningkatnya degradasi lingkungan dan tergerusnya budaya lokal yang timbul dari aktivitas traveling.

Sebagai pejalan yang bertanggungjawab tentunya kita tidak ingin nilai-nilai budaya lokal tergerus begitu saja. Begitu pula dengan terjadinya ketidakseimbangan ekologi yang diakibatkan oleh kunjungan wisatawan yang terlalu banyak.

Nah, bagaimana agar bisa tetap bersenang-senang sekaligus menjadi pejalan yang bertanggungjawab?

Pungut sampahmu sendiri

Buanglah sampah pada tempatnya. Jangan buang sampah di gunung, pantai atau laut. Jika perlu bawa kantong plastik sampah sendiri untuk menaruh sampah Anda jika bepergian ke gunung atau pantai.

READ:  7 Cara Praktis Tampil Cantik Usai Perjalanan Jauh

Hargai budaya lokal

Ingatlah pepatah “while in Rome do as the Romans”. Berusahalah beradaptasi dengan budaya lokal. Untuk menjadi pejalan yang bertanggungjawab gunakanlah pemandu lokal, menyantap makanan lokal dan hargai adat dan tradisi lokal.

Penginapan

Carilah homestay atau penginapan yang memberikan dampak terhadap lingkungan relatif kecil. Semakin besar suatu hotel maka semakin besar dampaknya terhadap lingkungan dan semakin besar limbah yang dihasilkan.

Kalau perlu Anda bisa menginap di rumah warga yang disewakan karena bisa menggerakkan perekonomian lokal.

Beli produk lokal

Belilah oleh-oleh atau kerajinan tangan yang diproduksi secara lokal. Jangan beli produk dari binatang yang dilindungi atau makanan dari hasil olahan hewan seperti penyu. Membeli produk atau kerajinan lokal bisa membangkitkan perekonomian masyarakat lokal.

Ikut paket eco – tour

Jika Anda sayang terhadap lingkungan tidak ada salahnya untuk ikut green tour seperti penanaman pohon, plastic tour (aksi bersih pantai massal dengan mengumpulkan sampah), menanam pohon dan lain sebagainya.

READ:  4 Pantai Cantik dan Indah di Sulawesi Selatan

(photo: theprofessionalhobo.com)