8 Desain Rumah Kontainer yang Menarik

Loading...

Beberapa waktu yang lalu, gagasan untuk tinggal di sebuah kotak berukuran 8 hingga 20 kaki sudah cukup untuk menghentikan pembeli rumah potensial.

Munculnya arsitektur hijau inovatif telah dibuat semakin bergaya: menyulapnya, menumpuknya dan menghubungkannya hingga bertransformasi menjadi rumah yang sepenuhnya dihuni.

Sebuah metode daur ulang yang sangat baik – ada lebih dari 300 juta kontainer pengiriman yang kosong di pelabuhan di seluruh dunia – kontainer pengiriman digunakan untuk membangun rumah penuh dan paruh waktu satu keluarga dan banyak lagi.

Dalam bentuk yang paling dasar, daur ulang kontainer pengiriman menawarkan solusi cepat dan murah untuk kebutuhan perumahan darurat dan ketika ditumpuk hingga setinggi langit, mereka menjadi kompleks asrama yang menarik.

Berikut adalah delapan desain rumah kontainer yang eye-catching, dikutip dari mnn.com.

Mobile Dwelling Unit, New York

Mobile Dwelling Unit
Mobile Dwelling Unit (photo: lot-ek.com)

Banyak rumah kontainer yang ditumpuk dan dikaitkan untuk menciptakan ruang hidup yang lebih luas, namun tidak pada tempat tinggal bergerak ini.

READ:  Tips Agar Aman Berkemah Di Alam Bebas

Jika Anda claustrophobia, rumah kontainer tunggal mungkin tidak cocok untuk Anda. Jika dan ketika rumah dalam perjalanan, elemen – dapur, kamar mandi, pojok baca, tempat tidur, meja, sofa dan ruang penyimpanan – dilipat kembali ke tempatnya.

Ecopod, Toronto

ecopod
ecopod (photo: Ecopods.ca)

Selain digunakan sebagai tempat tinggal penuh waktu, rumah kontainer ini juga bisa menjadi tempat rekreasi modern. Bayangkan sebuah kabin abad ke-21 di pedesaan saat musim panas.

Itulah ide di balik Ecopod. Dengan desain yang unik, lisrik tenaga surya digunakan untuk membuka dan menutup jendela termal yang ketika diturunkan berfungsi sebagai dek untuk waktu bersantai optimal di luar ruangan.

Rumah Pantai Redondo, California

Redondo Beach House
Redondo Beach House (Photo: DeMaria Design)

Tampaknya rumah kontainer paling banyak hanya menggunakan tiga atau empat kontainer. Namun, Redondo yang dibuat oleh Peter DeMaria terbuat dari delapan kontainer.

Rumah Cordell, Texas

Cordell House
Cordell House (Photo: Numen Development, LLC)

Rumah kontainer menawarkan daya tarik tiada akhir dengan desainnya yang modern dan arsitekrutnya yang berkelanjutan, jauh melebihi ‘rumah hijau’ langsung.

READ:  9 Cara Tak Umum Menggunakan Tea Tree Oil

Tapi bisakah strukturnya menjadi kid-friendly? Well, Kevin Freeman dan Jen Feldmann telah mewujudkannya untuk putra mereka.

Rumah Kontainer, California

Container House
Container House (Photo: Leger Wanaselja Architects)

Hidup dalam tiga kontainer berpendingin tidak pernah terlihat begitu nyaman, baik, dan normal seperti rumah kontainer dari arsitek Leger Wanaselja.

Karena penampilannya yang tradisional (tapi jauh dari tenang), rumah kontainer ini akan mengejutkan siapa saja yang datang mengunjunginya.

Rumah Manifesto, Madrid

Manifesto House
Manifesto House (Photo: Antonio Corcuera/Infiniski)

Dibangun dengan biaya murah ($118.000), benda-benda daur ulang dengan cepat (dalam waktu kurang dari 90 hari), dan terutama dengan (dua kontainer 40 kaki dan dua kontainer 20 kaki dan palet kayu), rumah berlantai dua yang dirancang oleh arsitek James & Mau di Curacavi, Chili, membuktikan bahwa rumah kontemporer cepat, murah dan hijau memang bisa menjadi indah.

Selain dibangun dari 85 persen bahan daur ulang, digunakan kembali dan tidak mencemari, desain bioklimatik dan modular digabungkan dengan sistem energi alternatif.

Rumah Ross Stevens, Wellington

Ross Stevens House
Ross Stevens House (Photo: Petraalsback/Flickr)

Ross Stevens seorang dosen desain industri di Wellington Victoria University membuat rumah kontainer dengan desain modern.

READ:  Apa Itu Water Birth?

Dibangun dengan menumpuk tiga kontainer di atas satu sama lain seperti blok bangunan yang menghadap ke bukit curam. Dari jendela besar dan teras kita dapat menikmati pemandangan yang indah.

M2ATK, Meksiko

m2atk Container House
m2atk Container House (Photo: M2ATK)

Rumah kontainer di Meksiko oleh desainer M2ATK ini memainkan faktor pinggul. Dirancang untuk seniman, baik inspirasi dan relaksasi, setiap kontainer ditumpuk dalam struktur tiga lantai dengan tujuan tertentu: hidup, tidur dan bekerja.

Ia terlihat mencolok dengan gaya yang sedikit modern. Rumah ini dilengkapi dengan kamar mandi, dapur, sistem kontrol iklim dan kebutuhan lainnya dari sebuah hunian konvensional.