Tips Agar Rumah Tetap Aman Selama Liburan

Loading...

berlibur bersama keluargaMeninggalkan rumah untuk liburan keluarga

Anda tentu saja akan merasa senang bila mendapat liburan panjang bersama keluarga. Apalagi jika Anda sibuk dan sulit mencari waktu yang tepat untuk berlibur bersama dengan sanak keluarga. Berlibur ke luar kota menjadi pilihan yang tepat untuk menggunakan cuti libur dengan sebaik -baiknya. Akan tetapi, bepergian jauh dalam kurun waktu yang lama membuat kita khawatir untuk meninggalkan rumah tanpa penghuni. Kekhawatiran akan adanya pencuri yang datang ke rumah tentu akan membuat suasana liburan Anda tidak nyaman untuk berlama-lama jauh di luar rumah.

Agar rumah tetap aman dan Anda bisa liburan dengan nyaman, lakukan beberapa hal berikut:

Matikan semua perangkat elektronik seperti kulkas, dispenser, televisi atau radio untuk menghindari terjadinya bahaya kecelakaan yang bisa menimbulkan rumah Anda terbakar.

Hindari hal-hal yang dapat menunjukkan bahwa rumah Anda sedang kosong. Rumah yang kosong biasanya menjadi incaran para pencuri. Bila perlu pasanglah instalasi listrik otomatis yang bisa mengatur agar lampu Anda tetap menyala di malam hari. Rumah yang gelap atau lampu yang masih menyala di siang hari mengindikasikan bahwa pemilik rumah tersebut sedang tidak berada di rumah.

READ:  7 Tips Menikmati Liburan Musim Panas

Taruhlah sandal atau sepatu di dekat pintu untuk mengelabui pencuri yang berniat masuk ke rumah Anda. Pencuri akan mengira pemilik rumah masih berada di dalam rumah.

Titipkan rumah Anda kepada tetangga yang Anda kenal dengan baik atau pada satpam di lingkungan tempat tinggal Anda. Pastikan Anda memberikan nomor yang bisa dihubungi jika ada sewaktu-waktu masalah terjadi.

Jangan letakkan barang-barang berharga seperti uang dan perhiasan di tempat yang mudah dilihat oleh pencuri. Simpanlah barang-barang berharga tersebut di dalam kotak penyimpanan yang tidak mudah ditemukan oleh pencuri.

Pastikan Anda menutup semua aliran air agar tidak menyebabkan banjir dan melonjaknya biaya air yang harus Anda bayar.

Jika Anda berlangganan koran, maka mintalah agen koran untuk tidak mengantarkannya selama Anda bepergian karena koran yang menumpuk menunjukkan bahwa Anda sedang tidak berada di rumah.

Pastikan semua jendela dan pintu rumah terkunci dengan rapat sebelum Anda meninggalkan rumah.

Selamat berlibur!

(photo: images.detik.com)