Waspada Dengan 7 Hewan Ini Ketika Menyelam

Loading...

bulu babiBulu babi

Menyelam atau scuba diving adalah hal yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan biota laut secara lebih dekat. Alam bawah laut memang indah apalagi jika Anda bertemu dengan karang laut, atau ikan dan jenis biota laut lainnya . Biota laut tersebut sangat cantik dan unik sehingga kita bisa menyentuh ataupun memegangnya. Eits, tapi hati – hati ada beberapa hewan laut yang berbahaya dan tidak boleh sembarang menyentuhnya. Apa sajakah itu?

Karang api

Karang api berwarna kuning pucat atau merah kecoklatan dan biasa ditemukan hingga kedalaman 1000 m. Hati – hati dengan tumbuhan laut yang satu ini. Jangan terlalu dekat untuk mengambil foto atau memegangnya jika Anda tidak menggunakan sarung tangan. Apabila disentuh karang api bisa menyengat dan setelahnya akan membuat kulit terasa sangat panas seperti terbakar.

Ubur – ubur

Ubur – ubur atau jellyfish adalah hewan laut yang bentuknya seperti jamur dan sangat licin seperti jelly. Jika Anda memegang hewan yang satu ini, Anda bisa terkena iritasi karena ubur – ubur memiliki tentakel yang di dalamnya tersimpan racun yang berbahaya untuk kulit. Tingkat iritasi berbeda – beda tergantung dari jenis ubur – uburnya. Tidak semua ubur – ubur beracun. Di beberapa perairan di Indonesia seperti Dana Kakaban dan Mariona Lake, Togean terdapat ubur – ubur yang tidak menyengat.

READ:  5 Objek Wisata Menarik Di Kota Tasikmalaya

Konus

Konus atau sejenis kerang adalah hewan berbahaya karena hewan ini bisa mengeluarkan racun dari bukaan cangkangnya. Racun yang dikeluarkan bisa mengganggu syaraf dan bisa menyebabkan kematian.

Bulu babi

Hewan ini ditutupi oleh duri tajam diseluruh tubuhnya dan berwarna hitam. Duri bulu babi cukup berbahaya bila tersentuh kulit. Duri tersebut bisa meninggalkan rasa sakit bahkan bisa membengkak. Cara penanggulangannya dengan menggunakan carian amoniak seperti air kencing atau urine.

Lionfish

Meskipun bentuknya unik, ikan jenis ini cukup berbahaya karena ikan ini memiliki duri di sirip punggungnya. Jika tertusuk oleh durinya Anda bisa mengobatinya dengan air panas yang dicampur cuka atau irisan lemon.

Ikan pari

Ikan yang bentuknya pipih menyerupai layang – layang ini memiliki duri beracun pada ekornya. Ikan pari biasanya berada di dasar laut yang berpasir. Ikan pari memiliki racun yang berbahaya yang bisa menyebabkan luka pada otot dan bisa menyebabkan kematian.

Bintang laut mahkota duri

Dari bentuk luarnya, hewan ini sangat cantik berwarna ungu namun sangat beracun. Hewan ini memiliki duri yang sangat kuat dan beracun yang bisa menembus wetsuit atau boots para penyelam. Jika terkena racunnya, korban akan merasa sakit dan bengkak pada tubuh dan perlahan kekebalan tubuhnya menurun.

READ:  6 Tips Untuk Snorkeling Yang Aman

(photo: hikmahilhamsasongko.wordpress.com)