Pastikan Anda Membeli Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Loading...

mesin cuci front loaderMesin cuci front loader

Mesin cuci sudah menjadi kebutuhan primer bagi rumah tangga di mana saja.  Kesibukan  dan mobilitas kaum masa kini menyebabkan semakin ditinggalkannya cara mencuci pakai tangan, selain hemat waktu juga lebih praktis dan gampang dilakukan siapa saja. Namun dalam memilih mesin cuci, terkadang kita tidak bisa membedakan mana mesin cuci yang tepat di gunakan di rumah dan mana yang tidak tepat, karena sebenarnya kebutuhan masing-masing keluarga akan mesin cuci tingkatannya berbeda-beda.

Secara garis besar fitur mesin cuci yang patut dipertimbangkan ada beberapa, yaitu :

1. Kapasitas mesin cuci

Ini menentukan seberapa banyak yang bisa Anda cuci, karena kapasitas yang kecil tidak efektif untuk jumlah cucian yang banyak. Kapasitas rata-rata mesin cuci adalah 6 kg sampai 7 kg untuk sekali cuci dan putar.

2. Penggunaan Air yang efisien

Karena  mesin cuci yang menggunakan air lebih banyak tentu akan berimbas pada tagihan bulanan Anda. Jika menggunakan air sumur dengan pompa listrik, maka tagihan listrik Anda akan meningkat, jika menggunakan air PAM, maka tagihan PAM Anda akan meningkat.

READ:  5 Tips Mudik Asyik Bersama si Kecil

3. Mesin yang bergaransi

Anda tentu membeli mesin cuci dengan niat agar dapat menggunakannya dalam waktu cukup lama bukan? Jadi pilihlah mesin cuci yang memiliki garansi motor  dan mesin setidaknya 3 tahun.

4. Waktu mencuci

Waktu yang di butuhkan dalam mencuci, karena lamanya mencuci tergantung orang yang menggunakan mesin cuci, jika mencuci disambi dengan mengerjakan pekerjaan rumah lainnya biasanya waktu mencuci akan lebih lama.

5. Fungsi dan program pada mesin cuci

Beragam program mesin cuci ada yang otomatis, ada yang manual. Anda yang bisa melakukan pencucian otomatis sesuai tipe kain dan ada mesin cuci yang harus di setel manual untuk menukar modus pencucian.

Nah, selain fitur, dalam memilih mesin cuci Anda juga harus mengenal tipe mesin cuci:

Pengisian dari Atas (Top loader)

Tipe ini adalah tipe yang paling banyak dimiliki, karena penggunaannya yang sederhana dan harga yang lebih murah, membutuhkan waktu pencucian yang lebih cepat. Jika ada pakaian yang tertinggal Anda bisa langsung menaruh ke dalam mesin cuci, karena tidak ada resiko tumpahnya air, kemudian lebih ringan dan kapasitasnya lebih besar.

READ:  5 Rahasia Tidur Berkualitas

Pengisian depan (front loader)

Mesin cuci tipe ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan mesin pengering pakaian. Untuk memasukkan pakaian Anda cukup membuka tutup depan mesin cuci. Kelebihannya adalah lebih  hemat air, lebih hemat listrik, lebih hemat detergen dan putaran mesin jauh lebih cepat saat pengeringan.

Untuk itu, sebelum membeli mesin cuci yang diinginkan, perhatikan dulu tingkat kebutuhan Anda. Apakah Anda keluarga besar yang butuh mesin dengan kapasitas besar? Maka pilih mesin cuci dengan kapasitas besar seperti 9 kg. Apakah Anda tipe orang yang lebih suka mencuci dengan cepat dan tidak suka menunggu, maka gunakan mesin cuci model bukaan atas dan bertabung dua, karena selesai mencuci dapat langsung dibilas dan dikeringkan. Jika Anda lebih suka tidak repot, maka pilihlah mesin cuci otomatis satu tabung, maka kain Anda akan dicuci, dibilas dan dikeringkan langsung hanya dengan memberikan perintah pada tombol yang tersedia.

(photo: plumbingnetworks.com)