Bagaimana Mengobati Flu Secara Alami?

Loading...

saat terserang fluSaat terserang flu

Pengobatan flu secara alami ternyata sama efektifnya dengan pengobatan medis yang mahal. Pelajari bagaimana mengobati flu Anda dengan teknik alami yang akan membuat Anda merasa lebih baik. Berikut ini cara mengobati flu secara alami.

Makan dan Minum yang Hangat

Ketika Anda flu, hidung Anda akan meler karena tubuh Anda bekerja untuk mengusir virus flu dari sistem Anda. Minum cairan hangat akan menipiskan lendir, memungkinkan untuk mengalir lebih bebas.

Minumlah air hangat dicampur lemon dan madu. Ini merupakan obat alami yang mampu mendorong lendir mengalir melalui sistem Anda, membawa virus pergi.

Anda juga bisa minum teh herbal. Teh chamomile, mint, dan jahe, masing-masing memiliki sifat yang melegakan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan ringan.

Anda juga dapat makan sup ayam hangat. Ini dapat membantu membersihkan sinus Anda dan memberikan asupan makanan ketika Anda kurang seleran memakan makanan berat. Sup bawang putih juga bermanfaat, karena bawang putih bisa bertindak sebagai dekongestan. Caranya, tumis bawang putih dalam minyak zaitun, tambahkan kaldu ayam atau sayuran, didihkan selama sepuluh menit, dan minum hangat-hangat.

READ:  Pengobatan Flu Dengan Obat Tradisional

Mandilah dengan Air Hangat

Mandilah dengan air hangat. Uap dari air membantu melonggarkan lendir dan melegakan tenggorokan, dada, dan sinus. Anda juga dapat melakukan perawatan uap dengan memanaskan sepanci air. Tunggu hingga air mendidih, lalu kecilkan. Tempatkan wajah Anda di atas panci dan biarkan uap air memasuki mulut dan hidung. Tambahkan beberapa tetes peppermint atau minyak esensial lain untuk membantu mengurangi sumbatan dalam hidung Anda.

Buatlah Lozenges Alami

Lozenges adalah tablet hisap/permen yang berfungsi melegakan tenggorokan dan hidung Anda. Cara membuatnya sangat mudah, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Tuang 1/2 cangkir madu dan beberapa tetes ekstrak peppermint ke dalam panci kecil. Tempatkan panci di atas api sedang dan tuangkan madu, aduk terus hingga mendidih. Gunakan termometer permen untuk memeriksa suhu, dan matikan kompor saat mencapai (149 derajat C). Gunakan sendok teh untuk menuangkan madu ke kertas minyak. Biarkan mengeras, kemudian Anda dapat menggunakannya.

Demikianlah tips mengobati flu secara alami. Semoga bermanfaat.

READ:  5 Manfaat Kopi untuk Kecantikan

(Photo: timesofindia.indiatimes.com)