5 Tips Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

Loading...

tips mengurangi dengkuranMendengkur saat tidur

Mendengkur biasanya disebabkan karena rongga hidung Anda yang kotor. Anda mungkin termasuk orang yang selalu mendengkur saat dalam keadaan  tertidur dan tidak mengetahui kebiasaan tersebut sampai orang di sekitar Anda memberitahukannya.

Beberapa orang menganggap hal tersebut sangat mengganggu akan tetapi beberapa orang lainnya malah menjadikannya sebagai bahan lelucon.

Untuk Anda yang memiliki pasangan, jangan sampai kebiasaan mendengkur akan membuat pasangan Anda berpikir untuk tidur terpisah dan pada akhirnya akan menimbulkan pertengkaran untuk Anda berdua, seperti yang dikemukakan oleh Daniel P. Slaughter, MD, seorang ahli otolaryngologist di Austin, Texas.

Mendengkur tidak hanya mengganggu tetapi juga dapat membuat Anda beresiko terkena penyakit jantung.

Berikut solusi dan perubahan gaya hidup yang dapat membantu Anda berhenti mendengkur.

1. Ubah Posisi Tidur

Sebaiknya Anda tidur dengan posisi menyamping, karena jika dengan posisi telentang akan membuat pangkal lidah dan langit-langit mengarah ke belakang tenggorokan Anda, sehingga akan mengeluarkan suara saat tertidur. Anda dapat menggunakan bantal untuk menopang badan Anda agar posisi badan Anda tidak berubah selama tidur.

READ:  Insomnia Kronis Mempengaruhi Jantung

2. Bekerja

Mungkin Anda tipe orang yang suka bekerja keras, tetapi sebenarnya ini menjadi salah satu penyebab mendengkur. Hal ini disebabkan  otot-otot yang terlalu lelah akibat dari kerja yang terlalu dipaksakan.

3. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat sebelum tidur, karena udara lembab akan membantu mengeringkan lendir dari sinus, sehingga mengurangi kemungkinan mendengkur.

4. Posisi Bantal

Anda dapat menumpuk 2 bantal atau lebih agar meninggikan pada bagian kepala untuk posisi tidur Anda. Ini akan sangat membantu dalam mengurangi jumlah lendir mengalir ke bawah dan menghambat pernapasan hidung Anda sehingga mengurangi resiko mendengkur.

5. Bersihkan Saluran Nafas

Lakukan pembersihan saluran nafas setidaknya 3 kali seminggu terutama pada rongga hidung. Hal ini dikarenakan jika rongga hidung Anda dalam keadaan kotor akan menjadi salah satu penyebab Anda mendengkur saat tidur.

6. Kurangi Kebiasaan Merokok

Siapa sangka bahwa kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan Anda tidur mendengkur, selain menganggu kesehatan paru-paru dan jantung tentu saja. Kebiasaan ini akan memicu terjadinya radang pada tenggorokan dan saluran pernafasan Anda dan radang inilah yang kemudian menimbulkan suara dengkuran.

READ:  5 Manfaat Bangun Pagi Bagi Manusia

7. Atur Pola Tidur

Kebiasaaan buruk begadang hingga larut malam dan menimbulkan insomnia turut berkontribusi pada timbulnya suara dengkuran, karena terjadi ketidakstabilan pada pernafasan saat tidur. Ubahlah pola tidur Anda menjadi lebih teratur sehingga badan segar untuk beraktivitas dan dengkur pun bisa menghilang.

Jika Anda telah mencoba semua saran di atas dan masih saja mendengkur, saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter. Mungkin saja kebiasaan mendengkur Anda ada kaitannya dengan penyakit tertentu.

Semoga bermanfaat 🙂

 (photo: bisnis-kti.com)