Cemilan Sehat yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Loading...

cemilan sehat anakCemilan sehat anak

Mungkinkah cemilan yang anak-anak Anda makan dapat menghentikan peluang mereka terkena penyakit? Cemilan sehat – dari yogurt hingga kenari – dapat membantu meningkatkan pertahanan alami anak.

“Kita tahu bahwa apa yang Anda makan memiliki dampak yang jelas pada sistem kekebalan Anda,” kata Leo A. Heitlinger MD, ketua American Academy of Pediatrics bagian gastroenterologi, hepatologi, dan nutrisi. Jadi apakah Anda sudah mempersenjatai anak Anda? Sepanjang tahun, makanan ringan berikut dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak Anda, dikutip dari webmd.com:

Yogurt.

Yogurt mengandung basil yang disebut probiotik. Anda mungkin sudah tahu bahwa makhluk ini hidup di usus dan dapat memperbaiki cara tubuh Anda menggunakan makanan. Tapi bukan itu saja, mereka juga penting dalam membantu tubuh melawan penyakit. Satu studi menemukan bahwa anak-anak yang minum yogurt memiliki resiko 19% lebih rendah terkena pilek, infeksi telinga, dan radang tenggorokan.

Apa jenis yogurt yang harus Anda dapatkan? Heitlinger menyarankan mencari merek yang mengandung kultur hidup. “Jika ia memisah ketika dibuka, dan ada sedikit cairan di atas, itu pertanda baik,” katanya.

READ:  5 Cemilan Sehat Saat di Kantor

Kefir.

Minuman susu tart ini juga dikemas dengan probiotik yang sehat. Belum ada banyak bukti tentang kefir. Tapi penelitian awal menunjukkan bahwa ia dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

Kenari.

Kenari memiliki asam lemak omega-3 yang sehat. Para ahli percaya bahwa omega-3 membantu tubuh melawan penyakit. Suatu studi kecil menemukan bahwa omega-3 dapat mengurangi jumlah infeksi pernafasan pada anak-anak. Taburkan kenari ke dalam campuran makanan ringan atau sereal anak Anda.

Buah dan sayuran.

Untuk membantu sistem kekebalan tubuh, Jennifer McDaniel, MS, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, menyarankan untuk membidik buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, strawberry, paprika, brokoli, dan ubi jalar.

Daging tanpa lemak.

Anda mungkin tidak berpikir daging sisa sebagai cemilan – atau bahwa ia akan meningkatkan sistem kekebalan melawan penyakit. Tapi daging tanpa lemak dapat membantu. Pertama, daging tanpa lemak memiliki protein, yang penting untuk menjaga kekuatan. Kedua, ia mengandung seng, yang tampaknya membantu sel darah putih melawan infeksi, kata McDaniel.

(photo: bigstockphoto)