Tips Memilih Pembersih Wajah Sesuai dengan Tipe Kulit

Loading...

tips memilih pembersih wajahMemilih pembersih wajah

Membersihkan wajah merupakan salah satu tahapan paling penting dan mendasar yang harus dilakukan bila ingin mendapatkan kulit wajah yang bersih dan terhindar dari jerawat.

Jika Anda masih merasa bahwa kulit wajah Anda tetap bermasalah meskipun telah rajin membersihkannya, sudah pasti bahwa ada sesuatu yang salah.

Banyak masalah yang terjadi pada kulit wajah biasanya disebabkan karena kesalahan pada waktu memilih produk kecantikan. Misalnya, mengandung beberapa bahan kimia yang tidak bisa ditolerir oleh kulit.

Untuk itu kita harus pintar memilih pembersih wajah, karena pembersih wajah yang bagus tak hanya membersihkan kulit wajah tapi juga merawat dan memperbaiki kondisi kulit.

Simak terus artikel berikut untuk mencari tahu bagaimana cara menjaga agar kulit tetap sehat dan lembab serta cara menemukan pembersih wajah yang tepat berdasarkan tipe kulit Anda.

1. Kulit Berminyak

Fakta bahwa kulit berminyak lebih gampang ditumbuhi jerawat memang benar.  Hal itu disebabkan karena kotoran yang menempel di wajah dengan kulit berminyak mengandung bakteri sehingga mempercepat pertumbuhan jerawat.

READ:  Nintendinitis dan Penyakit Aneh Terkait Teknologi Lainnya

Pembersih yang disarankan untuk Anda pemilik kulit berminyak adalah pembersih yang mampu mengurangi dan mengontrol kelebihan minyak di wajah, bebas minyak (mineral oil), berbahan dasar air, serta mampu membersihkan hingga ke pori – pori kulit. Sebaiknya pilih pembersih yang berbentuk cair.

2. Kulit Kering

Perawatan kulit kering tentu berbeda dengan kulit berminyak. Jika kulit berminyak membutuhkan pembersih yang mampu membersihkan hingga ke dalam pori – pori kulit, pembersih untuk kulit kering harus memiliki kandungan pelembab yang lebih banyak agar kulit tetap terhidrasi, tidak semakin kering dan pecah – pecah.

Jika saat Anda membersihkan wajah, kulit terasa kesat dan kering, sudah saatnya untuk Anda mengganti produk pembersih. Pilihlah produk yang mengandung Vitamin A, C dan E karena membantu melembabkan kulit serta yang rendah alkohol.

3. Kulit Kombinasi

Maksudnya adalah, wajah Anda berminyak di beberapa bagian ( biasanya daerah T atau dikenal dengan T-zone, yaitu dagu, hidung dan dahi) dan juga kering di beberapa bagian, misalnya pipi.

READ:  Bagaimana Cara Mencegah Komedo?

Memilih pembersih yang tepat untuk kulit kombinasi sedikit lebih sulit karena harus membersihkan dua tipe kulit di saat yang bersamaan. Untuk itu disarankan agar menggunakan 2 jenis pembersih.

Pembersih yang mengandung gliserin untuk bagian yang berminyak karena bisa membantu membersihkan dan mengontrol kelebihan minyak.

Dan di bagian wajah yang memiliki kulit kering menggunakan pembersih lembut yang bebas alkohol agar kulit tak semakin kering serta yang memiliki kandungan aloe vera dan chamomile yang bisa menutrisi kulit.

4. Kulit Sensitif

Selain kulit kombinasi, orang yang memiliki kulit sensitid juga harus memberi perhatian lebih jika akan memilih pembersih wajah. Tak hanya harus mampu mengangkat kotoran di kulit wajah, tapi juga harus bisa mencegah terjadinya iritasi yang bisa memperparah kondisi kulit.

Pilihlah pembersih yang lembut (mild) dan berbentuk krim (cream based), bebas pewangi (parfum) karena kulit sensitif akan mudah mengalami alergi dan iritasi.

Pembersih yang mengandung gliserin cocok bagi pemilik kulit sensitif karena gliserin mampu meminimalkan efek samping dari pembersih yang mengandung bahan organik, misalnya, lavender atau olive oil.

(photo: health.howstuffworks.com)