Mengenal Lebih Jauh Injeksi Botox

Loading...

pro kontra injeksi botoxPro kontra injeksi botox

Wanita selalu ingin tampil cantik dan menarik. Segala cara pun mereka tempuh meskipun mereka harus mengeluarkan uang banyak. Tak jarang mereka sampai melakukan operasi plastik untuk merubah beberapa bagian di wajah atau tubuh mereka. Selain operasi plastik, ada banyak juga wanita yang melakukan suntik botox. Suntik botox kini jadi semakin digilai para wanita agar keriput di kulit mereka nampak memudar atau bahkan menghilang sehingga mereka bisa terlihat lebih segar dan muda. Jika Anda ingin mengencangkan kulit secara cepat dengan melakukan suntik botox, sebaiknya ketahui dulu pro dan kontranya.

Untuk itu, simak terus artikel berikut ini.

1. Tentang Botox.

Botox atau Botulinum Toxin adalah zat yang disintesis dari Clostridium botulinum, salah satu jenis bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan yang parah dan jika tidak ditangani bahkan mungkin menyebabkan kematian. Toksin jenis ini kemudian dimurnikan lalu disuntikkan ke kulit pasien yang disebut blok reseptor acetylcholine, menyebabkan terjadinya kelumpuhan sementara pada otot dengan menghalangi transmisi impuls ke saraf, membuat permukaan kulit jadi nampak lebih halus.

READ:  Suntikan Sel Punca Dapat Membantu Menyembuhkan Penyakit Jantung

Perawatan botox tidak hanya digunakan untuk meminimalkan keriput tetapi juga dapat digunakan untuk membuat bibir lebih penuh, menghidupkan kembali kelopak mata dan kejang otot atau untuk meringankan keringat pada ketiak yang kadang berlebihan dan dampaknya pada kecantikan dan kesehatan masih sedang dipelajari.

2. Pro Botox.

Meskipun telah banyak disebutkan manfaat dari injeksi botox, ini bukan kampanye untuk melakukan suntik botox sama sekali. Perlu diingat bahwa manfaat yang berfungsi sebagai motivasi yang kuat tersebut dapat membuat analisis yang lebih baik. Pertama-tama dalam hal biaya dan kenyamanan, botox merupakan alternatif untuk operasi plastik seperti face lift yang lebih murah, tidak terasa terlalu menyakitkan, dan bisa memberikan hasil dalam sekejap.

Botox memiliki dampak yang menguntungkan pada penampakan garis-garis halus karena menjadi peredam kerut yang efektif dan bekerja pada berbagai masalah seperti garis-garis halus, kerutan dan keriput atau meminimalkan bekas luka dan penelitian masih sedang dilakukan untuk menentukan apakah pengobatan dapat diterapkan untuk pengobatan sakit kepala atau untuk perawatan nyeri lainnya. FDA Amerika Serikat menyetujui bahwa botox digunakan untuk perawatan kosmetik, sehingga hal ini bisa mengurangi rasa khawatir karena botox dikatakan cukup aman.

READ:  5 Prosedur Bedah Plastik Paling Populer

3. Kontra Botox.

Kontra atau kerugian yang bisa ditimbulkan karena injeksi botox mungkin bisa membuat Anda berpikir lebih panjang sebelum melakukannya. Dari segi biaya, prosedur ini tentu tidak termasuk terjangkau. Sekali injeksi saja bisa jumlah yang harus dibayar mencapai antara $ 250 dan $ 450. Jarang sekali ada pembiayaan injeksi botox bisa dicover atau ditutupi oleh asuransi. Selain itu botox tak cukup dilakukan hanya sekali , untuk mempertahankan hasil, botox harus dilakukan berulang kali agar kulit tetap kencang. Jadi, bisa dibayangkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Dalam hal kekhawatiran mengenai kesehatan, para spesialis mengatakan tidak ada banyak hal yang perlu dikhawatirkan bila prosedur ini dilakukan oleh dokter kulit profesional. Satu – satunya efek samping yang mungkin terjadi adalah mual, sakit kepala sementara, bengkak, memar, nyeri, gejala flu. Terjadi kelemahan pada otot yang mungkin membatasi gerakan wajah juga merupakan efek samping yang sering terjadi.

(photo: bestskincareaustralia.com )