5 Tips dan Cara Menyembuhkan Depresi

Loading...

depresi

Mengatasi Depresi

Saat ini hidup terasa semakin sulit. Persaingan semakin sengit. Akibatnya, yang kalah bersaing bisa tergilas zaman. Maka tidak heran banyak orang saat ini yang mengalami depresi. Bahkan jika depresi makin parah bisa mengarah pada bunuh diri.

Maka, penting sekali bagi kita untuk mengenali cara-cara menyembuhkan depresi. Inilah 5 tips menyembuhkan depresi.

1. Kendalikan Pikiran Anda

Hapuslah kata “depresi” dari kosakata Anda. Sebaliknya, pikirkan depresi itu hanya sebagai “mood rendah” . Istilah “Depresi” memiliki begitu banyak beban yang melekat padanya.  Dengan memikirkan perasaan depresi Anda sebagai “mood rendah”, Anda lebih mudah dapat menghargai kenyataan bahwa ada juga “mood tinggi” yaitu perasaan senang. “Mood rendah” tampak lebih terkendali dibanding depresi.

2. Hentikan Perilaku Buruk

Ketika Anda mengeluh, menangis, berbicara tentang perasaan sedih, atau mendiskusikan masalah, teman-teman dan orang yang dicintai mungkin merespon dengan simpati dan perawatan lembut penuh kasih. Sayangnya, tanggapan ini akan membuat orang yang depresi menjadi tergantung pada orang lain. Beberapa teman atau keluarga bahkan mengambil alih tugas-tugas bagi orang yang depresi, yang hanya tinggal di tempat tidur atau meminta bantuan. Sekali lagi, ini penghargaan perilaku pasif atau tergantung.

READ:  4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Diet

Banyak orang yang depresi melampiaskannya dengan cara makan, atau menghabiskan uang berlebihan. Ini adalah contoh perilaku buruk yang harus Anda hindari jika ingin terbebas dari depresi.

3. Bersikaplah Realistis

Orang yang depresi sering berpikir mereka tidak bisa bahagia tanpa hal-hal tertentu, seperti kekasih, harta benda, pendapatan yang jauh lebih tinggi, dll. Anda dapat menghilangkan masalah tersebut dengan mengubah pikiran negatif Anda dan belajar untuk menerima kenyataan. Bersikap tidak realistis hanya akan membuat depresi Anda semakin parah.

4. Berpikir Positif

Kebiasaan berpikir negatif memainkan peran yang sangat penting sebagai penyebab depresi. Penelitian menunjukkan orang yang depresi cenderung meminimalkan prestasi, bakat, dan kualitas mereka. Orang yang terlihat bahagia juga sama pernah mengalami kegagalan, kekecewaan, penolakan, emosi negatif, rasa sakit, dan penderitaan yang besar juga, sama seperti orang depresi. Tetapi orang-orang bahagia menjaga sikap positif dengan anggun menerima kesedihan dan penderitaan sebagai bagian yang normal dari kehidupan.

5. Libatkan Diri dalam Berbagai Kegiatan

Jika Anda mengalami depresi kemudian diam saja di rumah, maka dipastikan depresi Anda bukannya sembuh, malah akan semakin parah. Ikuti berbagai kegiatn positif seperti olahraga, berkumpul bersama teman-teman. Libatkan juga diri Anda dalam kegiatan religius. Kedekatan Anda dengan Tuhan bisa menjadi faktor utama kesembuhan Anda dari depresi.

READ:  Memutus Lingkaran Setan Depresi

Demikian tips menyembuhkan depresi. Semoga bermanfaat.

(photo: foxnews.com )