Efek Samping Implan Payudara

Loading...

efek samping operasi payudaraImplan Payudara

Sekarang ini semakin banyak perempuan yang ingin memiliki payudara yang terlihat penuh atau besar sehingga bentuk tubuh mereka bisa menampilkan siluet yang lebih baik dan merasa lebih percaya diri. Operasi plastik atau implan payudara dengan menggunakan silikon merupakan salah satu cara yang paling populer saat ini.

Meskipun implan payudara terbilang cukup aman, namun bukan berarti bebas resiko sama sekali. Implan payudara menggunakan metode pembedahan dengan menempatkan implan dibawah jaringan payudara atau otot dada agar ukuran payudara jadi lebih besar. Namun, karena setiap operasi invasive, selain hasil positif, ada beberapa efek sampingnya juga.

Untuk mengetahui apa saja efek samping dari implan payudara, simak terus artikel berikut ini.

1. Menyusui

Meskipun tak semua wanita mengalami masalah dengan implan payudara ketika mereka menyusui bayi, namun sebagian tidak bisa menyusui bayinya karena ketika prosedur implan dilakukan, kelenjar susu jadi rusak atau tak sengaja dipotong.

Untuk itu, jangan lupa menanyakan mengenai hal ini kepada dokter ketika Anda memutuskan untuk melakukan prosedur ini.

READ:  Bagaimana Cara Melakukan Cek Payudara?

2. Mati Rasa

Setelah melakukan operasi atau implan payudara, ada beberapa wanita yang seperti mati rasa di sekitar payudara terutama puting. Hilangnya sensasi tersebut biasanya disebabkan karena kerusakan yang terjadi pada ujung saraf ketika melakukan prosedur implan. Sebagian besar hanya merasakan hal ini terjadi sementara saja, namun ada juga beberapa yang tidak bisa merasakan sensasi lagi sama sekali.

3. Mamografi

Memiliki implan payudara dapat menghambat deteksi yang tepat dari kanker payudara. Implan silikon mempersulit skrining mamografi yang tepat.

Implan ini dapat menyembunyikan tumor dan mempersulit proses USG dan X-ray yang merupakan pemeriksaan dasar untuk mendeteksi kanker payudara sehingga penyakit sulit untuk diobati.

4. Pencucian Bahan Payudara Implan

Payudara implan yang bocor ke dalam jaringan payudara dapat membahayakan kesehatan. Implan payudara tidak bisa bertahan selama – lamanya. Setiap bahan implan, baik itu silikon, saline atau bahan lainnya bisa saja bocor, pecah atau mengempis karena beberapa faktor.

Kompresi yang kuat, trauma pada payudara Anda atau penuaan alami dari implan dapat menyebabkan kerusakan dari implan itu sendiri. Hal ini dapat dengan mudah diketahui dengan melihat dari perubahan bentuk dan ukuran dari payudara Anda.

READ:  Sediakan 7 Peralatan Dapur Ini Untuk Diet Sukses

Nah, setelah mengetahui semua efek samping yang bisa ditimbulkan dari implan payudara, sebaiknya pikirkan lagi sebelum Anda melakukannya. Bertanyalah pada professional dan dokter bedah ahli.

(photo: telegraph.co.uk )