Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

Loading...

manfaat kayu manisKayu manis

Seperti yang Anda tahu bahwa kayu manis telah digunakan sejak dulu sebagai campuran untuk membuat obat atau sebagai penambah aroma dalam pembuatan kue. Cinnamon atau kayu manis memiliki beragam manfaat untuk perawatan kulit dan kesehatan tubuh tanpa menimbulkan efek samping karena merupakan bahan alami. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa mengkonsumsi kayu manis sangat bermanfaat untuk tetap menjaga kesehatan Anda serta melindungi Anda dari berbagai penyakit.

Berikut manfaat-manfaat kayu manis yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Menurunkan Kolesterol

Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya dengan menggunakan 1/2 sendok teh kayu manis per hari, kayu manis dapat menurunkan kadar kolesterol Anda.

Gula Darah

Dari beberapa hasil penelitian yang dilakukan, dikatakan bahwa kayu manis dapat  memberikan efek regulasi pada gula darah sehingga baik untuk orang yang menderita diabetes tipe 2. Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) pada tahun 2003 menunjukkan bahwa dari 60 orang di Pakistan yang menderita diabetes tipe 2 saat mengkonsumsi 1 gram kayu manis setiap hari selama 40 hari, kadar gula darah akan turun secara signifikan.

READ:  Tidur Nyaman Saat Hamil? Tentu Saja Bisa!

Infeksi Jamur

Setelah dilakukan  beberapa penelitian ternyata kayu manis dapat menghentikan infeksi jamur yang terjadi pada kulit atau bagian lainnya. Kayu manis juga dapat membunuh  infeksi jamur pada vagina, infeksi jamur pada mulut dan sakit maag. Kayu manis juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan pembusukan makanan, sehingga dapat dijadikan pengawet makanan alami

Pencegahan Kanker

Dalam sebuah penelitian yang di Maryland AS dikatakan kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel leukemia dan limfoma kanker. Karena kayu manis juga mengandung  mangan, zat besi, serat dan kalsium, karena itu juga dapat mencegah kerusakan sel-sel usus dan kanker usus besar, serta dapat menghilangkan sembelit.

Anti Radang

Banyak dari kita yang mengkonsumsi makanan gorengan, berlemak dan olahan. Makanan tersebut dapat menyebabkan  peradangan pada jaringan internal dan organ bahkan Anda dapat terkena serangan jantung.

Kesehatan Otak

Hasil studi menemukan bahwa kayu manis yang memiliki bau yang tajam ternyata dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori otak Anda.

(photo: kedokteranherbal.wordpress.com)