7 Khasiat Dan Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Loading...

buah mengkuduBuah mengkudu

Buah noni atau yang kita kenal dengan nama ilmiah buah  mengkudu banyak dikembangkan di Kepulauan Polinesia, Australia utara, Puerto Rico dan US Virgin Islands karena buah ini tumbuh pada kawasan yang beriklim tropis. Buah mengkudu telah digunakan selama berabad-abad di pulau pasifik untuk kesehatan. Buah ini jarang dikonsumsi secara langsung seperti buah umumnya karena memiliki rasa yang hambar dan bau yang tidak menyenangkan. Biasanya buah ini dibuat menjadi jus. Tidak hanya buahnya, daunnya pun ternyata memiliki manfaat.

Berikut manfaat dari buah mengkudu untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Mencegah Kanker

Buah mengkudu dapat melindungi terjadinya perkembangan kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan di New York oleh Annals of New York Academy of Sciences mengatakan bahwa jus buah mengkudu dapat mencegah pembentukan sel kanker dan memiliki antioksidan yang tinggi. Bukan hanya kanker, buah ini juga dapat mencegah penyakit tumor.

2. Maag

Buah mengkudu juga dapat mencegah penyakit maag.  Hal ini disebabkan karena sari-sari buah mengkudu dapat menurunkan jumlah asam lambung dan meningkatkan lender untuk melindungi lapisan lambung. Meskipun bau dar rasa buah ini tidak menyenangkan, tetapi buah ini memiliki manfaat. Anda dapat menambahkan untuk program diet Anda.

READ:  Ragam Makanan Super Peningkat Mood

3. Diabetes

Kandungan dalam buah mengkudu yang dikenal dengan nama  triterpen dan saponin dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda. Uji coba yang dilakukan dengan mengfermetasikan buah mengkudu dan diberikan 2 ml pada tikus selama 20 hari dapat meurunkan kadar gula secara signifikan.

4. Katarak

Kadar gula darah tinggi yang disebabkan oleh diabetes menyebabkan lensa mata Anda membengkak dan menyebabkan masalah penglihatan bahkan katarak,. Sebuah studi dari India mengtakan ekstrak dari buah mengkudu menunjukkan paling berpotensial dari semua tanaman untuk menjaga lensa mata.

5. Kekebalan Tubuh

Buah mengkudu dapat meningkatkan makrofag dan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga akan menghasilkan  lebih banyak limfosit lebih. Buah ini juga dapat melawn infeksi bakteri termasuk Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

6. Kulit dan Rambut

Buah mengkudu berguna untuk menjaga  kondisi kulit dan kulit kepala, seperti eksim dan kurap. Oleskan pada kulit kepala untuk mendapatkan rambut yang berkilau. Untuk menjaga kulit Anda tetap kencang dan awet, gosokkan buah mengkudu yang telah dijus tanpa mengupas kulitnya lalu biarkan selama 15 menit lalu bilas. Anda juga dapat mengkonsumsi jus mengkudu untuk membuat kuku Anda tetap kuat.

READ:  Rahasia Diet Ala Wanita Perancis

7. Hipertensi (Darah Tinggi )

Selain bawang putih, buah mengkudu juga dapat menurunkan hipertensi.  Kandungan fitonutrien, selenium, dan vitamin C yang tinggi dalam buah mengkudu dapat  melawan kerusakan akibat radikal bebas pada dinding pembuluh darah. Sedangkan  scopoletin dapat menurunkan tekanan darah karena bersifat basa yang dapat membuat cairan dalam tubuh tidak terlalu asam sehingga dapat menangkal radikal bebas.  Buah ini juga memiliki proxeronine yang diperlukan bagi tubuh untuk memproduksi xeronine. Fungsi Xeronine sendiri membantu mengkoordinasikan sel, menurunkan stres yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Terdapat juga asam amino yaitu triptofan yang dapat menurunkan tekanan darah dan member efek santai pada saraf-saraf Anda.

Jika Anda tidak tahan dengan bau jus mengkudu, saat ini telah tersedia ekstrak dari buah mengkudu telah tersedia dalam bentuk kaplsul suplemen makanan. Tapi jangan lupa konsultasikan dengan dokter  jika Anda ingin mengkonsumsinya dalam dosis yang besar atau menambahkannya dalam program diet.

 (photo: anakkedua.com)