Tips Merawat Rambut Kering Secara Alami

Loading...

perawatan rambut keringPerawatan rambut kering

Saat ini banyak wanita yang memiliki masalah rambut kering. Apalagi dengan cuaca yang tidak menentu, dapat membuat rambut rusak dan kering sehingga membuat rambut  terlihat tidak sehat dan tidak berkilau.

Rambut tidak hanya terasa kering, tetapi juga sangat sulit diatur dan kusut. Anda bisa saja menggunakan selendang atau topi untuk mengurangi rambut Anda terkena sengatan matahari secara langsung, tetapi Anda tidak ingin melakukan hal tersebut secara terus menerus bukan.

Berikut beberapa tips merawat rambut yang dapat Anda lakukan sehari-hari untuk mengurangi rambut kering.

1. Kurangi menggunakan alat-alat yang menghantarkan panas yang biasanya Anda gunakan pada rambut Anda seperti  hair dryer, alat catok, atau alat steam rambut. Hal ini dapat mengurangi kelembaban dan minyak yang terkandung dalam rambut Anda.

2. Hindari sengatan sinar matahari secara langsung, Anda dapat menggunaan topi atau payung. Anda dapat menggunakan alat tersebut saat berada di luar selama 30 menit atau lebih.

3. Gunakan air hangat atau dingin saat mencuci rambut. Air dingin tetap memberikan kelembaban pada rambut Anda. Jika Anda menggunakan air panas, minyak pada rambut Anda akan hilang sehingga terasa kering.

READ:  5 Manfaat Kesehatan dari Yogurt Yunani

4. Gunakan 4 sampai 6 tetes minyak lavender, sandalwood dan teluk  sebanyak (170 g), minyak kedelai yang telah dihangatkan atau minyak biji rami. Blender campuran ini menjadi satu. Lalu maskerkan pada rambut Anda. Kurang lebih 15 menit.

5. Bilas rambut dengan shampo sebanyak dua kali. Anda tidak perlu menggunakan kondisioner jika Anda sudah menggunakan campuran minyak seperti pada poin no 4. Lakukan ini perawatan rambut seperti ini sekali dalam dalam sebulan.

6. Bungkus kepala dengan menggunakan handuk hangat. Biarkan selama 15 sampai 20 menit. Panas pada handuk  akan bekerja sehingga menembus folikel rambut dan memberikan kelembaban.

7. Konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak Omega-3 ke dalam rutinitas diet Anda setidaknya 3 atau 5 kali seminggu. Makanan yang mengandung akan asam lemak  omega-3 antara lain sarden, salmon, kedelai, udang dan kenari.

8. Masak makanan dengan menggunakan minyak yang mengandung asam lemak omega seperti minyak canola atau minyak biji rami. Hal ini akan membantu pertumbuhan folikel sehingga membuat rambut lebih kuat. Atau Anda dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung lemak omega-3 sehingga cukup untuk pemenuhan nutrisi rambut dan tubuh Anda.

READ:  Beraneka Masker Rambut Alami yang Patut Dicoba

(photo: ashleybeautyblog.wordpress.com)