Penuhi Kebutuhan Air Tubuh Sebelum Dehidrasi

Loading...

minum airPenuhi kebutuhan air tubuh 

Dari masa kecil, masa kehamilan hingga masa tua, minum air selalu ditekankan dan menjadi hal yang penting karena terkadang mereka tidak sadar dan tidak mengenali sinyal tubuh yang haus.

Terlebih lagi, Ibu hamil dan Ibu menyusui perlu minum air tambahan karena mereka mencukupi kebutuhan air untuk dua orang.

Menurut penelitian, 75 – 90 % dari populasi kita mengalami dehidrasi. Dehidrasi sebenarnya adalah nomor satu pemicu kelelahan siang hari.

Dehidrasi dapat membuat down, susah berkonsentrasi, migrain, lemas, pandangan berkunang-kunang, dan kesulitan fokus pada komputer. Pada saat Anda merasa haus, tubuh sudah mengalami sedikit dehidrasi.

Direkomendasikan untuk minum air sebanyak 8 gelas atau 2 L air setiap harinya. Seorang dosen La Trobe University di Melbourne, Australia berpendapat, bila merasa haus minumlah apa saja, tidak harus air putih.

Untuk memenuhi kebutuhan air bagi tubuh sebanyak 2- 3 L tersebut, tidak mesti dengan air putih. Bisa diperoleh dari buah-buahan, sayuran, jus, atau bahkan dari kopi dan teh.

READ:  Inilah 3 Efek Buruk Sering Minum Air Dingin

Tubuh memerlukan air tambahan di musim panas dan musim dingin. Dalam bulan-bulan musim panas, tubuh kita akan kehilangan lebih banyak air dari keringat ekstra sedangkan di musim dingin, tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu tubuh. Jadi pastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan air tubuh, jangan sampai dehidrasi.

(foto: healthytrimcoach.com)