Tips Membeli Laptop Sesuai Kebutuhan

Loading...

Laptop ToshibaToshiba  merupakan salah satu merk laptop ternama

Laptop atau biasa disebut komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil, beratnya antara 1 sampai 6 kg, tergantung dari besar kecilnya sebuah laptop. Keunggulan utama dari sebuah laptop dibandingkan komputer karena laptop dapat di bawa –bawa dan digunakan tanpa harus dicolok ke listrik sebab laptop telah dilengkapi dengan baterai.

Saat ini walaupun gempuran penjualan tablet sangat meningkat, tetapi tingkat penjualan dan kebutuhan laptop tetap saja banyak. Nah buat Anda yang ingin membeli laptop baru berikut ini beberapa tips yang sebaiknya dipikirkan agar kita mendapatkan laptop yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kita.

1. Tentukan budget

Setiap laptop memiliki harga yang berbeda-beda tergantung fasilitas dan spesifikasi yang dimilikinya. Semakin banyak fasilitas unggulan yang terdapat di dalam laptop maka harganya juga semakin tinggi, begitupun sebaliknya.

2. Ukuran laptop

Jika Anda adalah orang yang memiliki mobilitas yang sangat tinggi, maka pertimbangkan dalam memilih ukuran laptop. Semakin besar ukuran laptop maka semakin berat pula Anda membawanya. Hal ini akan menjadi sebuah kesulitan bagi Anda, sebaiknya memilih laptop yang berukuran mini dan mudah dibawa kemana-mana.

READ:  Perlukah Hilangkan Lemak Perut Dengan Gadget

3. Spesifikasi laptop

Spesifikasi menentukan kualitas laptop, sebaiknya Anda benar-benar memilih spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda hanya akan menggunakan laptop untuk mengetik pekerjaan kantor maka tidak perlu menggunakan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Namun bila Anda akan menggunakan laptop untuk bermain game atau menggambar di corel dan photoshop maka sebaiknya Anda memilih laptop dengan spesifikasi tinggi seperti memori yang tinggi , kartu garvis dan processor yang terbaru.

4. Merk dan kualitas

Merk menentukan kualitas, biasanya merk laptop yang sudah terkenal memiliki harga yang relatif mahal, namun merk laptop selalu berbanding lurus dengan kualitas. Jangan mudah tergiur dengan harga laptop yang sangat murah, sebab belum tentu dapat memberikan jaminan kualitas yang terbaik dan tahan lama.

5. Garansi dan tempat service

Selama penggunaan laptop nantinya tidak menutup kemungkinan akan terdapat kerusakan selama pemakaian, carilah laptop yang memiliki garansi dan tempat service yang jelas sehingga tidak menyulitkan dalam memperbaiki laptop Anda nantinya.

READ:  7 Tips Merawat Laptop agar Awet dan Tahan Lama

Sebelum Anda memutuskan membeli laptop, cobalah untuk melakukan riset pada beberapa toko lain, barangkali saja  Anda dapat menemukan laptop yang lebih murah dan menguntungkan Anda. Selamat mencoba!

(Photo : masfahme.com)