7 Kebiasaan Sehat Yang Harus Diajarkan Pada Anak

Loading...

Mengajari anak mencuci tanganMengajari anak mencuci tangan

Anak–anak yang masih berusia di bawah 10 tahun biasanya masih sangat mudah untuk dipengaruhi dan dibentuk seperti apa yang orang tua mereka inginkan. Nah, seharusnya inilah yang bisa dimanfaatkan para orang tua untuk menanamkan kebiasaan baik kepada anak–anak mereka. Misalnya, kebiasaan untuk bergaya hidup sehat. Jika anak sudah dibiasakan sejak kecil, maka mereka pasti akan membawa kebiasaan tersebut hingga mereka dewasa.

Nah, berikut adalah kebiasaan–kebiasaan sehat yang harus diajarkan kepada anak.

1. Mengkonsumsi Makanan Sehat.

Kebiasaan makan makanan yang sehat harusnya sudah diajarkan sejak anak masih kecil. Mereke tentu masih boleh menikmati cokelat atau permen namun dalam jumlah yang dibatasi. Katakan pada mereka jika mereka memakannya terlalu banyak, itu bisa membuat mereka sakit.

2. Berpartisipasi Dalam Aktivitas Fisik.

Anak-anak juga harus mulai dilibatkan dalam aktivitas yang melibatkan fisik, olahraga misalnya. Cara ini bisa memberikan dampak yang baik kesehatan mereka. Buat agar anak paham pentingnya bergerak dan berolahraga.

READ:  Merawat Rambut Dengan Minyak Zaitun

3. Membatasi Waktu Menonton TV.

Menonton TV memang merupakan suatu bentuk hiburan bagi anak, namun sepertinya acara yang ditayangkan akhir-akhir ini sangatlah tidak mendidik, malah cenderung memberikan efek negatif bagi anak. Untuk itu, temani dan batasilah waktu mereka menonton TV. Matikan TV ketika sudah waktunya mereka untuk mengerjakan tugas sekolah atau belajar. Terlalu banyak menonton TV juga bisa mengakibatkan obesitas pada anak. Katakan pada mereka bahwa acara TV yang buruk bisa membuat mereka menjadi orang yang jahat.

4. Kebiasaan Menyikat Gigi.

Ajari anak agar rajin menyikat gigi untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi mereka. Apalagi jika anak Anda senang mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Ini untuk menghindari anak Anda terkena penyakit yang berhubungan dengan gigi. Jika anak telah diajari sejak mereka kecil, maka anak akan dengan mudah membawa kebiasaan tersebut hingga mereka dewasa.

5. Adab Di Meja Makan.

Anda harus mengajari anak bagaimana seharusnya mereka bersikap ketika berada di meja makan. Apalagi ketika sedang berada di acara atau pertemuan. Ajarkan pada anak agar mereka tidak berbicara ketika ada makanan di mulutnya, berebut makanan di meja makan, bertengkar di meja makan atau menyendok makanan terlalu banyak ke piring tapi tidak menghabiskannya.

READ:  Kenali 5 Gejala Kesehatan Serius Pada Anak

6. Mencuci Tangan.

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling kotor karena selalu digunakan ketika beraktifitas. Oleh karena itu pasti banyak kuman dan bakteri yang menempel di tangan. Ajari anak Anda untuk selalu mencuci tangan ketika mereka selesai memegang benda yang kotor atau sebelum makan. Ini juga untuk membantu menghindarkan anak dari penyakit.

7. Minum Air Putih.

Ajari atau kenalkan anak pada air putih sejak mereka berumur 6 bulan. Ini akan membuat mereka lebih memiih untuk meminum air putih ketika mereka haus ketimbang minuman dengan rasa (minuman yang manis). Anak harus banyak minum air putih untuk membantu mengeluarkan toksin dari tubuh mereka.

(photo: smallmiraclesacademytx.com)