Tips Memilih Kamera DSLR Sesuai Kebutuhan

Loading...

membeli kamera dslrMembeli kamera dslr

Pemilihan akan sebuah kamera DSLR tidaklah segampang membeli barang di toko kamera. Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan kamera DSLR mana yang akan Anda beli. Jangan sampai ada yang lebih baik dengan harga yang lebih murah dibanding kamera yang sudah Anda beli.

Menentukan seperti apa jenis kamera Anda bisa dipengaruhi banyak hal. Dan sangat efektif bila disesuaikan dengan kebutuhan kerjaan Anda. Sebab ada kasus dimana seseorang membeli kamera tertentu karena ketenaran mereknya, sedangkan fungsinya jauh dari kebutuhan. Akhirnya jadi mubazir juga barang itu.

Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan dalam membeli kamera DSLR, agar nantinya tidak ada penyesalan. Faktor-faktor tersebut di antaranya:

Harga Kamera

Umumnya, faktor keterbatasan dalam finansial memaksa Anda untuk jeli memilah jenis kamera DSLR apa yang akan Anda beli. Kecuali bila Anda memiliki banyak uang, tidak ada masalah. Pasti kamera dengan harga tinggi akan memiliki kualitas yang baik pula. Tapi ingat, tidak semua kamera DSLR yang mahal kualitasnya bagus. Kelihaian tangan dan mata Anda juga menentukan sebuah foto menjadi luar biasa.

READ:  5 Tips Membeli Kamera DSLR Untuk Pemula

Fungsi Kamera

Membeli sebuah kamera DSLR tentunya ada tujuannya. Bisa sebagai perlengkapan untuk pekerjaan Anda, atau bisa hanya untuk dokumentasi keluarga saja. Bila untuk urusan pekerjaan, utamakanlah kamera dengan kualitas yang baik. Jangan tanggung-tanggung untuk urusan seperti itu. Bila hanya untuk dokumentasi sehari-hari saja, tidak masalah dengan kamera kualitas sedang. Itu pasti sudah lebih dari cukup. Lagipula, percuma membeli kamera mahal bila hanya digunakan untuk memotret keluarga atau teman.

Spesifikasi Kamera

Berbicara soal spesifikasi, artinya kamera tersebut 50 persen lebih digunakan untuk urusan kerjaan. Spesifikasi kamera nantinya sangat menentukan seperti apa kualitas gambar Anda. Sesuaikan urusan ini dengan apa yang Anda butuhkan. Bukan cuma kameranya saja, lensanya juga harus benar-benar Anda pikirkan. Bila Anda selalu memotret dengan kondisi gelap, carilah spesifikasi kamera yang bisa menjangkau ISO yang tinggi.

Resolusi Kamera

Sebenarnya resolusi ini sudah masuk dalam hal spesifikasi. Tapi untuk lebih khususnya, Anda bisa mencari kamera dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Banyak kamera DSLR sekarang yang sudah bisa dipakai sebagai kamera video. Nah, resolusi ini sangat penting. Semakin besar resolusi sebuah kamera, artinya gambarnya pun semakin baik. Bila Anda sering jalan-jalan, pilihan untuk memilih kamera pocket juga sudah cukup. Pasalnya, membawa kamera DSLR pada perjalanan jauh sangat merepotkan. Belum lagi soal keamanannya dari guncangan tiba-tiba.

READ:  Waspadai Sindrom Karpal Bila Sering Menggunakan Mouse

Aksesoris Tambahan

Biasanya, saat membeli sebuah kamera DSLR, toko yang bersangkutan telah meng-include-kan semua aksesoris tambahan untuk kamera Anda. Seperti tas kamera dan talinya, pembersih kameranya, dan lain-lain. Jangan lupa untuk selalu menanyakan hal ini saat membeli kamera.

Ukuran dan Berat Kamera

Untuk Anda yang sering bepergian, sangat membantu bila kamera Anda lebih ringan untuk dibawa. Ya, pertimbangan akan ukuran dan berat kamera juga bisa Anda perhatikan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

(photo: 123rf.com)