Berapa Batas Wajar Konsumsi Kafein Bagi Wanita Hamil?

Loading...

Kopi dan Ibu HamilKopi dan Ibu Hamil

Ketika seorang wanita hamil, maka akan banyak jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh wanita hamil demi kesehatan calon bayi yang ada dikandungan.

Kafein sebenarnya tidak hanya berasal dari kopi. Teh hijau juga sebenarnya memiliki kandungan kafein didalamnya. Bila seorang wanita hamil masih ingin tetap meminum kopi atau mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein, berapa batas wajar konsumsi kafein bagi seorang wanita hamil?

Sebuah Studi dari American Journal of Obstetrics and Gynecology pada bulan maret 2008 mengungkapkan bahwa seorang wanita yang sedang hamil mengkonsumsi 200mg kafein perhari memiliki resiko 2 kali lipat mengalami keguguran dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi kafein. 200 mg kafein berarti sekitar 355 ml kopi atau setengah cangkir kopi.

Kafein adalah stimulan dan diuretik yang meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Keduanya sangat tidak dianjurkan selama periode kehamilan.

Kafein juga dapat membuat seorang wanita hamil mengalami dehidrasi. Melewati plasenta bayi yang mana plasenta merupakan jalur makanan bayi sehingga bisa membuat perkembangan bayi kurang sempurna. Cobalah beralih dengan mengkonsumsi teh herbal.

READ:  Mengenal Pregorexia pada Ibu Hamil

Kafein sebenarnya sama tidak baiknya bagi kesehatan seperti morfin, nikotin dan kokain. Bagi ibu hamil yang tetap ingin minum kopi maupun memakan makanan atau kue yang mengandung kafein, disarankan sebaiknya tidak melebihi 150mg perharinya.

(foto: chugginmccoffee.com)