Cara Alami Melegakan Hidung Yang Sedang Tersumbat

Loading...

FluHidung Tersumbat 

Bila sedang flu dan hidung tersumbat pasti membuat Anda kesal. Tekanan sinus bisa membuat kepala merasa sakit dan kesulitan mendengar, bernafaspun rasanya sulit. Jangan dulu beralih ke obat-obat kimia yang mungkin saja bisa memberikan efek samping bagi Anda.

Coba dulu beberapa cara alami melegakan hidung tersumbat yang akan diuraikan artikel di bawah ini yang dikutip dari organicauthority.

1. Buatlah Uap

Uap dapat membantu melonggarkan lendir dan membersihkan saluran udara hidung Anda. Untuk yang tidak terlalu mampet, menghirup uap panas dari secangkir teh dapat membantu. Bila perlu tambahkan peppermint karena peppermint dikenal sebagai dekongestan.

Mandi uap juga dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat. Selain itu mandi uap akan membantu Anda merasa lebih Relax sehingga dapat memaksimalkan istirahat sehingga Anda akan cepat sembuh.

Cara lainnya, rebus air di atas kompor. Setelah mendidih, matikan api. Ambil handuk yang agak besar yang kira-kira dapat menutupi kelapa Anda. Hirup uap panas (tarik napas dalam-dalam) dari air yang direbus tadi sambil menutup kepala dengan handuk tadi agar uap tertutup.

READ:  5 Jenis Vitamin Terbaik Untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Ingat, bila wajah terasa terlalu panas, sudahi segera! Hati-hati agar wajah tidak terkena air panas. Tambahkan esensial minyak kayu putih ke dalam air. Eucalyptus memiliki anti-inflamasi, antioksidan dan mengurangi kemampetan hidung.

2. Neti Pot

Larutkan seperempat sendok garam laut dalam air hangat. Hirup air tersebut melalui hidung lalu buang kembali. Mungkin Anda akan merasa cara ini sedikit aneh, tapi sebenarnya cara ini telah digunakan oleh masyarakat India dan Asia selama berabad-abad.

Selain melegakan pernafasan, garam juga berfungsi mencegah infeksi.

3. Banyak Minum Air

Banyak minum air, baik itu air putih, teh, maupun air kaldu sekalipun dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat. Seperti yang sudah diketahui bahwa hidung berhubungan dengan telinga dan tenggorokan.

Maka, dengan banyak minum akan membantu menipiskan lendir yang menjadi penyebab utama hidung tersumbat. Satu sendok makan cuka sari apel dalam segelas air juga dapat membantu lendir keluar.

Hindari kopi dan minuman berkafein lainnya, yang dapat membuat Anda dehidrasi. Juga, jangan lupa minum susu.

READ:  Tips Menjaga Anak Agar Terhindar Dari Flu

(foto: sheknows.com)